close

Definisi Gaya Listrik, Rumus Dan Teladan Dalam Aturan Coulomb

Pengertian Definisi Arti: Secara umum dalam pelajaran fisika, Gaya yaitu tarikan atau dorongan yang memiliki arah tertentu. Bahkan para jago fisika menyebutkan, bahwa Interaksi dua benda bermuatan apa pun disebut sebagai gaya listrik. Mirip dengan kekuatan apa pun, efek dan pengaruhnya terhadap tubuh yang diberikan diterangkan oleh hukum gerak Newton. Gaya listrik yaitu di antara daftar kekuatan lain yang mengerahkan benda.

Hukum Newton berlaku untuk menganalisis gerakan di bawah imbas gaya semacam itu atau kombinasi kekuatan. Analisis dimulai dengan pembangunan gambaran benda bebas di mana arah dan jenis gaya individu ditunjukkan oleh vektor untuk menghitung jumlah yang dihasilkan yang disebut sebagai gaya total yang mampu dipraktekkan untuk menentukan akselerasi tubuh.

Jika dilihat dari ukurannya, maka abad gaya listrik tergantung antara dua elektron sama dengan gaya listrik antara dua proton saat diposisikan pada jarak yang serupa. Ini menggambarkan bahwa gaya listrik tidak didasarkan pada massa benda, namun tergantung pada kuantitas yang dikenal sebagai muatan listrik.

Untuk lebih mendalami apa itu yang dimaksud dengan gaya Listrik, rumus, teladan dan bentuknya dalam hukum cloumb simak klarifikasi berikut.

DEFINISI HUKUM COULOMB

Hukum Coloumb adalah aturan eksperimental yang menjumlah jumlah gaya antara dua partikel bermuatan listrik stasioner. Gaya listrik antara benda bermuatan stasioner secara konvensional dikenal selaku gaya elektrostatik atau gaya Coloumb. Hukum Coulomb menerangkan jumlah gaya elektrostatik antara muatan stasioner.

  Statistik Inferensial

Hukum Coulomb menyatakan bahwa:

Nilai gaya interaksi elektrostatik antara dua muatan titik berbanding lurus dengan perkalian skalar muatan dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak di antara keduanya.

 Gaya adalah tarikan atau dorongan yang memiliki arah tertentu DEFINISI GAYA LISTRIK, RUMUS DAN CONTOH DALAM HUKUM COULOMB

DEFINISI GAYA LISTRIK DAN RUMUSNYA

Rumus atau Formula gaya listrik dapat diperoleh dari hukum Coulomb selaku berikut:

 Gaya adalah tarikan atau dorongan yang memiliki arah tertentu DEFINISI GAYA LISTRIK, RUMUS DAN CONTOH DALAM HUKUM COULOMB

Dimana;

  • F yakni gaya listrik yang diarahkan antara dua benda bermuatan
  • K adalah konstanta proporsionalitas
  • q0 dan q1 yakni jumlah muatan pada setiap tubuh
  • r yakni jarak antara tubuh yang dibebankan
  • r^ ialah vektor satuan variabel

CONTOH DARI GAYA LISTRIK DALAM HUKUM COULOMB

Contoh gaya listrik ialah seperti yang disebutkan di bawah ini:

  • Muatan dalam bohlam.
  • Gesekan statis antara kain saat digosok dengan pengering.
  • Kejutan yang dicicipi sehabis menyentuh kenop pintu.

Gaya listrik juga mampu dilihat lewat listrik dikala ini seperti kabel tembaga yang menenteng daya ke seluruh bangunan. Gaya elektrostatik memberikan energi listrik lewat muatan statis mirip tabung sinar katoda di TV dan lukisan semprot elektrostatik.

Baca:

MACAM-MACAM GAYA DAN PENEMUNYA

GAYA GRAVITASI

Penemu gaya gravitasi ialah SIR ISAAC NEWTON dari insiden apel jatuh. Gravitasi yakni gaya tarikan sebuah benda. Sebagai salah satu teladan dalam kehidupan sehari-hari, apabila kita jatuh selalu ke bawah.

GAYA PEGAS

Penemu gaya  pegas ialah ROBERT HOOKE.  Gaya Pegas yakni gaya yang diberikan oleh benda bila direnggangkan atau ditarik dan lalu dilepaskan akan kembali ke bentuk semula atau secara singkat Gaya Pegas yaitu gaya pada benda yang dapat kembali ke bentuk semula. Sebagai salah satu pola dalam kehidupan sehari-hari, kalau kita memanah dan bermain ketapel.

  Kenampakan Fase-Fase pada Bulan

GAYA OTOT

Penemu gaya otot ialah LUIGI GALVANI. Gaya Otot ialah gaya yang dihasilkan oleh tenaga manusia dan binatang. Sebagai salah satu pola dalam kehidupan sehari-hari, apabila kita menjinjing barang dan sapi mempesona gerobak, mengayuh sepeda, mendorong meja/kursi, mengangkat beban berat.

GAYA MAGNET

Penemu garis gaya magnet yaitu MICHAEL FARADAY. Gaya magnet yaitu sebuah tarikan yang dihasilkan oleh suatu magnet pada logam-logam tertentu. Sebagai salah satu pola dalam kehidupan sehari-hari, besi, baja, seng dan lain lain. Batu magnet sendiri didapatkan oleh seorang gembala bernama THALLUS  dari tempat Magnesia di Asia kecil.

GAYA LISTRIK STATIS

Penemu Gaya listrik statis yaitu MICHAEL FARADAY. Gaya listrik statis yakni gaya listrik yang bersifat sementara dan serupa dengan medan magnet ( daerah disekitar magnet) hanya saja benda yang ditarik tidak mesti dari logam, plastik, dan kertas pun bisa terpesona. Sebagai salah satu teladan dalam kehidupan sehari-hari, sobekan kertas melekat pada mistar plastik yang sebelumnya digosok-gosokkan ke rambut.

GAYA GESEK

Penemu Gaya Gesek yakni SIR ISAAC NEWTON.  Gaya Gesek ialah gaya yang diberikan oleh dua buah benda yang bersinggungan dan bergesekan bertentangan arah. Biasanya hasil goresan selalu menciptakan panas atau disebut kalor. Sebagai salah satu acuan dalam kehidupan sehari-hari,  ketika kita berjalan sepatu/sandal atau kaki bersentuhan dengan lantai.

GAYA MESIN

Gaya Mesin ditemukan oleh penemu uap pertama kali adalah JAMES WATT. Gaya mesin yakni gaya yang diberikan oleh bekerjanya sebuah mesin. Sebagai salah satu contoh dalam kehidupan sehari-hari adalah, mesin diesel, mesin sepeda bermotor, mesin pabrik dan lain-lain.

KESIMPULAN DEFINISI GAYA LISTRIK, RUMUS, CONTOH DAN MACAM DALAM HUKUM COULOMB

Tetap terhubung dengan pengertianartidefinisidari untuk menyimpulkan lebih banyak wacana gaya listrik, contoh dan rumus-rumus mirip gaya magnet bersama aturan Coulomb.