close

Contoh Pidato Kepala Sekolah Dalam Program Perpisahan Kelas 6 Sd Dan 9 Smp Singkat

Hai Sobat Kepala Sekolah, sudahkah Sobat mempersiapkan pidato untuk disampaikan pada program perpisahan di SD maupun SMP?

Perpisahan sekolah yakni acara yang cukup sakral dan mempunyai banyak kesan. Di sanalah ikatan kekerabatan antara guru, siswa, dan wali murid mampu dipererat.

Maka dari itulah, selaku seorang kepala sekolah, Sobat perlu memberikan kata-kata motivasi, cuplikan semangat, serta apresiasi terutama kepada mukasiswa yang bakal melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Teks MC Perpisahan Sekolah Beserta Susunan Acaranya, Cocok untuk SD

Anak-anak yang saya banggakan;

Di kurun Merdeka Belajar ini, setidaknya ada 6 abjad yang harus kalian miliki dan kuasai. Keenam abjad itu yakni;

  1. Beriman dan  Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia
  2. Berkebinekaan Global
  3. Gotong Royong
  4. Mandiri
  5. Bernalar Kritis
  6. Kreatif 

Untuk menghadapi periode global dan digitalisasi ini, sebisa mungkin kalian berjuang untuk memantapkan huruf diri. Jangan lupakan pula sikap pantang mengalah, alasannya dengan semangat pantang mengalah siapa saja yang hidup di dunia ini mampu maju.

Bapak, Ibu, serta bawah umur yang berbahagia;

Pendidikan yaitu investasi bagi bangsa ini, maka bangsa yang andal, bangsa yang besar, ialah bangsa yang terdidik. Maka dari itu, mari kita berjuang semaksimal mungkin untuk menyekolahkan anak-anak kita.

Jangan sampai mereka putus sekolah, dan jangan sampai mereka berhenti di tengah jalan. Karena pendidikan ialah bekal bagi bawah umur kita untuk menghadapi tantangan dunia.

Bapak, Ibu, serta anak-anak yang berbahagia;

Demikianlah pidato yang mampu aku sampaikan pada potensi ini. Saya mewakili pihak sekolah mengucapkan SELAMAT kepada siswa-siswi kelas 6 yang sudah lulus. Semoga ilmu yang kalian peroleh di sekolah ini menjadi berkah dan berguna bagi diri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Saya akhiri;
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Boleh Baca: Contoh Sambutan dari Wali Murid untuk Acar Perpisahan Kelas 6 Sekolah Dasar dan 9 SMP

Pidato Kepala Sekolah Acara Perpisahan Kelas 9 Sekolah Menengah Pertama

10 Contoh Hadiah untuk Juara Kelas Saat Pembagian Rapor Sekolah

Bapak/Ibu Orang Tua/Wali Siswa yang berbahagia;

Tiga tahun telah anak kita bersekolah di SMP ini. Mereka mencar ilmu dan menimba ilmu, mereka bergaul, mereka melatih keterampilan, serta memperbaiki adat dan huruf.

Bukanlah usaha yang gampang bagi seorang anak yang sedang memasuki usia akil balig cukup akal untuk bisa fokus bersekolah sampai menggapai kelulusan.

Maka darinya, kami pihak sekolah mengapresiasi Bapak/Ibu orang bau tanah yang selalu mau membimbing bawah umur, mau meluangkan waktu untuk berkonsultasi dengan dewan guru, serta mencukupi banyak sekali kebutuhan sekolah mereka.

Telah kita pahami bareng bahwa tantangan pendidikan di periode Merdeka Belajar ini semakin kompleks. Ditambah lagi setelah negeri ini diguncang oleh pandemi Covid-19, rasa-rasanya usaha untuk mencar ilmu dan mengadakan pendidikan di sekolah maupun di rumah menjadi lebih berat.

Kita semua selaku orang renta tentu menyadari hal tersebut. Jangankan mau bicara ihwal sekolah, acara kita mencari uang dikala ini saja semakin sulit.

Meski demikian, besar harapan kami semoga bawah umur kita yang sebentar lagi akan melanjutkan pendidikan ke SMA, SMK, MAN atau yang setara mampu tetap semangat dan terus bersekolah sampai akhir. Minimal mereka bisa lulus hingga sarjana semoga nanti peluang untuk mendapatkan pekerjaan lebih besar.

Boleh Baca: 10 Rekomendasi Hadiah untuk Guru dari Wali Murid dalam Acara Perpisahan Sekolah

Anak-anak yang berbahagia;

Hari ini yakni hari bahagia sekaligus hari yang mengharukan bagi kalian. Kalian boleh berbahagia dikarenakan telah berhasil menyelesaikan 3 tahun proses mencar ilmu di sekolah ini, namun bahagia itu secukupnya saja dan jangan lupa untuk bersyukur.

Pada momentum yang krusial ini, jangan lupa kalian berterima kasih terhadap Ayah dan Ibu kalian, alasannya berkat doa dan tutorial mereka berdualah kalian bisa berdiri di sini. Sebagaimana mereka ridho atas pendidikan kalian, seperti itu pula ridho Allah untuk keberhasilan sekolah kalian.

Lebih ketimbang itu, jangan lupa berterima kasih pula kepada Bapak/Ibu dewan guru yang sudah mendidik, membimbing, dan mengajarkan ilmu kepada kalian.

Ucapan terima kasih barangkali cumalah sekadar kata-kata, tetapi biar saja dengan kata-kata tulus, Bapak/Ibu dewan guru mengikhlaskan dan meridhoi ilmu yang mereka ajarkan kepada kalian.

Anak-anak yang Bapak banggakan;

Di masa digitalisasi mirip dikala sekarang ini, tantangan zaman semakin kompleks dan sukar. Maka dari itu, kalian jangan pernah merasa cukup. Teruslah berguru, teruslah mengasah keterampilan, dan tambahlah pengetahuan kalian.

Pengetahuan itu yaitu kekuatan sekaligus bekal untuk menghadapi tantangan zaman dan proses penggapaian keinginan.

Di dikala kalian mulai jenuh dan lelah, cobalah kembali mengingat jerih payah kedua orang bau tanah kalian, ingat pula dengan motivasi awal mengapa kalian ingin sekolah dan genggamlah dengan erat motivasi tersebut.

Jangan pernah takut untuk mencoba, dan jangan pernah takut untuk gagal. Karena sejatinya mengalah memiliki arti kalah.

Bapak, Ibu, serta belum dewasa yang berbahagia;

Demikianlah sambutan yang bisa saya sampaikan pada peluang yang berbahagia ini. Secara khusus, saya ingin mengucapkan SELAMAT kepada siswa-siswi kelas 9 yang sudah menyelesaikan pendidikannya di SMP.

Lanjutkan usaha kalian, dan agar kalian menjadi generasi penerus bangsa yang berbakti terhadap kedua orang renta, berakhlak mulia, serta bermanfaat bagi seluruh alam.

Saya akhiri;
Wa billahi taufik wal hidayah;
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Boleh Baca: Contoh Susunan Acara Perpisahan SMP Kelas 9

***

Itulah tadi secarik menu ihwal pola pidato kepala sekolah dalam program perpisahan kelas 6 Sekolah Dasar maupun kelas 9 Sekolah Menengah Pertama yang ditulis singkat dan berkesan.

Semoga berfaedah ya
Salam.

  √ Belajar Saja Tidak Cukup Untuk Lulus Ujian!