close

Anti Gagal : 3 Cara Mudah Buat Pizza Teflon Lembut Dosis Sendok , Yuks Pribadi Praktek..

Ngak perlu sakit kepala lagi nih mau pesan sana sini, kali ini nisluf blog akan membagikan resep bagaimana cara menciptakan pizza teflon sendiri dirumah. Ikuti langkahnya dengan teliti supaya tidak gagal yah.. 
Tanpa banyak pemanis lagi, yuks masi kita praktekan caranya.
Pertama, Pizza Rasa Sosis + Jagung Manis
Resep ini saya adaptasi dari laman cookpad.com tepatnya ditulis oleh : Anis Roikhatin. 
Bahan Biang: 
  • 11 sdm air hangat
  • 1 sdt ragi instan (me: fermipan)
  • 2 sdt gula pasir
Bahan Adonan :
  • 12 sdm sarat terigu serbaguna
  • 1 sdm minyak goreng

Bahan Toping :

  • 2 sdm saos tomat+1 sdm saos cabe + 1 sdm gula pasir
  • 2 buah sosis, potong serong
  • 1/2 bawang bombay, potong lingkaran
  • 1/2 buah jagung elok pipil
  • 1/4 blok kraft cheddar
Cara Buat :
  1. Gunakan sendok makan lazimyah untuk menakar.
  2. Campur semua bahan biang, aduk. diamkan 10 menit sampai berbusa. (klo masih blum berbusa, tunggu sampe stengah jam. klo ga berbusa juga, brarti raginya mati. gabisa digunakan yaa).
  3. Siapkan terigu. ayak lebih elok. campur dengan biang dan minyak goreng.
  4. Campur rata seluruhnya, kepal-kepal (ga aku uleni ini ya, males. wq) bulatkan, diamkan 30-60 menit trgantung suhu. tunggu sampai mengembang dua kali lipat. (kalo masi kering, tambahkan air yaa, sesendo demi sesendok aja, jangan langsung banyak)
  5. Stelah mengembang dua kali, kempeskan. tandanya klo jari dimasukkan campuran, gabungan tidak kempes
  6. Ratakan campuran dalam teflon dengan tangan, lebarkan bentuk bundar. tusuk-tusuk dengan garpu. oiya, aku pake teflon diameter 26.
  7. Oles dengan saos, taburi sosis, babombay, daun bawang, keju.
  8. Panggang selama 20 menit dg api keciiiilll. jangan lupa tutup teflon. kira2 begini ya apinya
  9. Setelah 20 menit. buka, potong2 dengan gunting bila tidak ada pizza cutter
  10. Teksturnyaa. yummy bangeetttsss. sepotong ga akan cukup mommies :3
  11. Oiya, sambil nunggu proofing, td aku numis sosis+babombay+jagung (karna tadi jagungnya masih mentah dan sosisnya bukan sosis siap makan)
  12. Beberapa waktu lalu, aku juga bikin, tetapi topping nya kornet. topping sebenernya suka-suka yaa.. mo diganti ikan, daging cincang, atau apapun yg penting mateng
  13. Yg masih resah sendok untuk terigunya, kira-kira ini yaa, sama yang bingung gimana nusuk-nusuk pake garpu ya
  Sering Baper Atau Resah? Cobalah Untuk Mencuci Piring..

Kedua,  Pizza Rasa Ayam + Sosis
Resep ini saya penyesuaian dari laman cookpad.com tepatnya ditulis oleh Erma.


Bahan dought:
  • 9 sdm tepung terigu cakra/segitiga
  • 3 sdm minyak sayur
  • 1 sct skm putih
  • 1 sdt ragi
  • secukupnya Air matang
  • Sedikit garam
Toping:
  • Ayam cincang
  • Sosis
  • Saus tomat
  • Oregano
  • Keju mozzarella
  • Wijen
Cara Buat :
  1. Campur semua bahan dought tambahkan air sedikit2,uleni sebentar(adonan agak lembek ya) diamkan sampe mengembang 2x lipat.
  2. Setelah menggembang uleni sebentar hingga kalis (tanggan diberi minyak) bentuk bundar sesuai ukuran teflon tusuk-tusuk dengan garpu beri olesan saus tomat,ayam cincang,sosis,keju mozza parut,tabur otegano dan wijen.
  3. Panggang dengan api super kecil hingga matang dan keju melted (tutup teflon jgn dibuka-buka sebelom keju melted)sktr 25 menit.
Ketiga, Pizza Rasa Nenas + Sosis Sapi
Resep ini aku adaptasi dari laman id.theasianparent.com.


Bahan :
  • 1 ½ sendok tek ragi instan
  • 2 sendok teh gula pasir
  • 200 gram (20 sendok makan) tepung terigu
  • ½ sendok teh garam
  • 2 sendok makan minyak sayur
Topping :
  • 5 sendok makan saus tomat
  • ½ buah paprika hijau
  • 1 potong besar nenas
  • 50 gram keju mozarella/melt ( Bisa dikira-kira saja)
  • 3-4 pcs sosis sapi
Cara Buat : 
  1. Larutkan ragi dan gula pasir ke dalam 100 ml air hangat. Diamkan selama 15 menit.
  2. Campurkan tepung terigu, garam, dan minyak. Kemudian masukkan air ragi ke dalam gabungan, aduk hingga rata. Tambahkan sisa air hangat bertahap sambil adonan diuleni hingga kalis.
  3. Tutup adonan dengan kain berair selama 1 jam sampai mengembang.
  4. Siapkan teflon yan telah diolesi dengan minyak atau mentega. Masukkan campuran ke dalam teflon, bentuk sampai menutupi permukaan teflon.
  5. Tusuk-tusuk adonan pizza dengan garpu, lalu oleskan saus tomat beserta topping yang lain yang sudah dipotong-potong sesuai selera. Taburkan keju sesuai selera diatasnya.
  6. Masak di atas kompor dengan api sungguh kecil. Tutup teflon agar pizza matang merata. Cek secara bersiklus semoga tidak gosong.
  7. Jika telah matang (roti telah berwarna kecoklatan), angkat dan segera sajikan selagi hangat.
  8. Selamat mencoba. Perhatikan step-step biar tidak gagal yah.
Demikianlah resep nisluf kali ini, agar berguna dan selamat menjajal ..
Wallahu a’lam.. 

Sumber tulisan ini :
https://id.theasianparent.com/resep-pizza-teflon-super-gampang-anti-gagal
https://cookpad.com/id/resep/5676312-pizza-teflon-lembut-dosis-sendok-makan
https://cookpad.com/id/resep/5910857-pizza-teflon-dosis-sendok-simpel-step-by-step