close

Agar Cakep Coba Cara Ini Untuk Nulis Ceritamu Sendiri !!

Sobat dah mampu nulis cerita? Entah mungkin kisah cuma sekilas dari khayalan semata, atau mungkin nih dongeng dari dongeng hidup sendiri.
Sapa nih yang pandai bermain kata ? pengen ceritanya menarik dan banyak yang baca?
Nih cara cakep buat teman yang pengen ceritanya makin menarik :
1.    KUNCI EMOSI

Sebelum mengawali alias membuat dongeng,sahabat perlu tentukan dulu gimana emosi masing-masing huruf dalam kisah supaya emosi mampu hingga dinikmati oleh para pembaca.

Cerita yang baik yakni cerita dimana pembaca mampu merasakan ceritamu.

Nah dengan mengunci emosi maka mampu dari sanalah teman bisa lebih gampang menciptakan alur cerita.

2.    PENGAIT CERITA

Tahu ngak nih sobat salah satu yang buat suatu kisah itu berhasil ialah pengaitnya.

Lantas, apa sih itu pengait cerita?

Pengait kisah yaitu kalimat yang menghidupkan minat pembaca untuk tetap membaca ceritamu atau karyamu teman.

3.    TULISLAH

 Setelah jelas emosi dongeng, lanjut begitu pula pengait kisah. Maka, berikutnya ialah catatlah dongeng sobat, catatlah ceritamu sobat.

Nulisnya bertahap aja dengan alur kisah yang sudah sobat pastikan.

4.    AKHIR CERITA

 Setelah semakin banyaknya plot kisah yang sobat buat, ngak asik kan klu endingnya mampu ditebak.

Buatlah tamat kisah yang mengagetkan pembaca.

5.    BACA ULANG

Jika dongeng sobat sudah jadi, langkah selanjutnya ialah baca ulang.

Membaca ulang dongeng yang sobat buat akan meminimalkan adanya kesalahan tulis atau typo, atau mungkin aja nih ada alur dongeng yang rancu.

Bisa jadi juga ada beberapa alur yang sahabat kurang suka, jadi butuh direvisi deh.

  Menambah Cahaya Muka

6.    EDIT DAN REVISI
 

Cobalah mengedit kisah sobat atau merisinya secara berlahan. Hal ini akan membantu sahabat menghasilkan karya dongeng yang lebih rapi.

Cobalah untuk mengamati tata bahasanya juga, dan tanya terhadap diri sahabat sendiri kira-kira nih telah cukup baik kah atau belum.

7.    TANYAKAN PENDAPAT ORANG LAIN

Hal yang penting yang tak boleh dilangkahi yakni meminta atau menanyakan kepada teman, teman, saudara, atau siapapun yang mampu membantu mengoreksi kisah yangg sudah teman buat.

Tanyakan pendapat mereka tentang kelebihan dan kekuranan dongeng yang sahabat buat. kalau masih ada yang ingin dikoreksi maka, perbaikilah.

8.    TERBITKAN CERITAMU

Buat dongeng sahabat dibaca orang-orang kali aja kisah teman bisa dibuat film. Sobat juga mampu berkunnjung ke percetakan tuk di bukukan. kalau belum berani ke percetakan buku. 

Kemajuan teknologi udah ngak bisa cuma diliat-liatin aja yah sahabat. Sekarang sobat mampu menerbitkan kisah sahabat sendiri di media sosial yang sahabat punya seperti di FB, atau BLOG.

Ada juga nih tempat yang manis untuk menerbitkan ceritamu sahabat, di Blog “NISLUF” silahkan kirimkan cerita kalian untuk diterbitkan khusus.
 kirim ke : annisawally8@gmail.com . aku tunggu yah 🙂

Demikianlah 8 CARA CAKEP , terima kasih telah membaca.. salam berhasil.
Good Luck pokoke dah..

Sumber ide bacaan (Jum’at, 29 November 2019):

IG : kreativ.id

Gambar :  pinterest.com

Wallahu a’lam..