Macam-macam Ekosistem Perairan (Akuatik)

Macam-macam Ekosistem Perairan (Akuatik) – Sekarang kita akan mulai kembali membicarakan postingan dibidang biologi. Namun apa yang mau kita diskusikan, ialah mengenai ekosistem perairan. Apa sesungguhnya ekosistem perairan itu?

Supaya dapat membantu menjawab dan mengerti perihal ekosistem perairan maka kita akan membahas bantu-membantu tentang ekosistem perairan sehingga mampu membantu para pencari ilmu ataupun pembaca dalam memperoleh maksud yang bantu-membantu.

Macam-macam Ekosistem Perairan (Akuatik)

Mari kita diskusikan pengertiannya terlebih dulu dengan seksama.

Pengertian Ekosistem Perairan

Ekosistem sendiri sebetulnya terbagi menjadi dua adalah ekosistem darat dan ekosistem perairan, dimana kali ini kita akan membicarakan mengenai ekosistem peairan. Ekosistem perairan ialah ekosistem dari komponen abiotiknya sebagian besar terdiri di air. Makluk hidup atau bagian biotik didalam ekosistem perairan sendiri dibagi menjadi beberapa kelompok diantaranya ialah.

  1. Nekton, adalah organisme yang bergerak dengan aktif atau berenang misalkan katak dan ikan
  2. Neuston, ialah organisme yang mengapung di permukaan air misalkan eceng gondok, serangga air, ganggang, dan juga teratai.
  3. Bentos, yakni organisme yang ada didasar perairan seperti cacing, udang, dan kepeting
  4. Perifiton, yakni organisme yang menempel dengan organisme lain seperti siput dan ganggang

Dua Macam Ekosistem Peraiaran

Ekosistem perairan sendiri terbagi menjadi dua antara lain ekosistem air tawar dan ekosistem air maritim, untuk dapat mengenali lebih jelasnya mengenai dua ekosistem perairan pribadi saja kita bahas dibawah ini.

1. Ekosistem Air Tawar

Ekosistem air tawar mempunyai beberapa ciri abiotik, apa saja ciri tersebut mari kita teruskan pembahasannya dibawah ini.

  1. Dipengaruhi oleh iklin serta cuaca
  2. Mempunyai kadar garam atau salinitas yang rendah, bahkan jauh lebih rendah dibandingkan pada cairan yang ada pada sel makhluk hidup
  3. Penetrasi atau kurangnya cahaya matahri yang masuk

Jenis Ekosistem Air Tawar

Ekosistem air tawar mempunyai berbagai macam yang disebabkan dari kondisi airnya, ekosistemair tawar sendiri dibedakan menjadi tiga adalah.

  1. Ekosisitem air tawar lentik atau damai mirip rawa dan juga danau
  2. Ekosistem air tawar lotik atau mengalir mirip riam dan juga sungai

Zona Ekosistem Air Tawar

Berdasarkan intensitas cahaya matahari yang ditemukan atau menembus air, sehingga ekosistem air tawar dibagi menjadi tiga zona atau daerah, diantaranya ialah.

  1. Litoral yang merupakan zona yang dangkal yang bisa ditembus cahaya matahari sampai kedasar perairan
  2. Limnetik ialah zona yang terbuka yang jauh dari tepisan sampai kedalam yang masih bisa tembus oleh cahaya matahari
  3. Profundal merupakan zona yang dalam yang tidak bisa ditembus cahaya matahari. Didaerah ini tidak mampu didapatkan organisme fotosintetik atau produsen, tapi dihuni oleh binatang pemangsa dan organisme pengurai

2. Ekosistem Air Laut

Ekosistem ari bahari mempunyai beberapa ciri abiotik, jadi untuk lebih jelasnya mari kita lanjutkan  membahasnya dibawah ini.

  1. Mempunyai kadar garam atau salintas yang tinggi
  2. Tidak dipengaruhi oleh iklim dan juga cuaca
  3. Habitatnya ada di air maritim yang saling bekerjasama antara maritim satu dengan maritim lainnya
  4. Mempunyai arus maritim yang pergerakannya dipengaruhi arah angin, perbedaan densitas atau massa jenis gaya gravitasi, air, suhu, tekanan air, dan juga gaya tektonik batuan bumi
  5. Mempunyai kombinasi dari perbedaan suhu di bab permukaan dengan ke dalaman bahari

Zona Ekositem Air Laut

Air bahari mempunya beberapa zona atau daerah dengan menurut istensitas cahaya matahari yang ditemukan dan bisa menembus air, untuk lebih jelasnya mari kita diskusikan di bawah ini.

  1. Zona fotik merupakan tempat yang mampu ditembus cahaya matahri, kedalam airnya kurang dari 200 meter. Organisme yang mampu berfotosintesis yang banyak terdapat di zona fotik
  2. Zona twilight ialah kawasan dengan kedalaman airnya sekitar 200 hingga 2000 meter. Cahaya matahari remang-remang sehingga tidak efektif didalam berfotosintesis
  3. Zona afotik ialah tempat yang tidak mampu ditembus cahaya matahari sihingga selalu gelap. Kedalaman airnya sendiri lebih dari 2000 meter

Macam-Macam Ekosistem Perairan ( Akuatik ) Lengkap

Macam-Macam Ekosistem Air Laut

Ekosistem air bahari memiliki beberapa macam ekosistem air laut apa saja macam-macam yang ada pada ekosistem air maritim mari kita teruskan pembahasan ini.

  1. Laut Dalam
  2. Terumbu Karang
  3. Estuari
  4. Pantai Pasir
  5. Pantai Batu

Itulah klarifikasi yang mampu kami berikan ihwal Macam-macam Ekosistem Perairan (Akuatik), ekosistem perairan terbagi menjadi dua adalah ekosistem air tawar dan ekosistem air maritim yang masing-masing ekosistem memiliki zona atau wilayahnya sendiri-sendiri, biar bermanfaat 🙂

  Deuteromycota: Pengertian, Ciri, Reproduksi, Cara Hidup, Contoh dan Peranannya