Nasib Pertanian Akibat Pencemaran Udara

Oleh Waskito Sandy Utomo (@T01-Waskito)

Abstrak

            Pembuatan artikel ini bermaksud untuk mempelajari dan mengetahui mirip apa penyebab yang menimbulkan pertanian menjadi target kepada pencemaran udara ini. Adapun info yang saya peroleh dari internet mengenai urusan ini. Dalam sumber tersebut diterangkan penyebab terjadinya pencemaran udara yang mengakibatkan pertanian menjadi kurang optimal.

Kata kunci: artikel,pertnian,pencemaran udara

Abstract

            The purpose of this article is to study and find out what causes agriculture to become the target of this air pollution. The information I got from the internet about this problem. The source explained the causes of air pollution which resulted in agriculture being less than optimal.

Keywords: articles,agriculture,air pollution

PENDAHULUAN

Latar Belakang

        Masalah pencemaran udara adalah masalah yang setiap tahunnya senantiasa terjadi.Hal ini terjadi akhir dari pertumbuhan teknologi dan ilmu wawasan serta kebakaran hutan.Meningkatnya jumlah acara insan pada zaman modern ketika ini, sehingga membutuhkan peningkatan teknologi. Peningkatan teknologi dengan semakin banyaknya pabrik-pabrik industri, pembangkit listrik dan kendaraan bermotor yang setiap harinya menciptakan zat polutan selaku pencemar udara.Alhasil udara bersih yang selaku sumber pernapasan menjadi terkontaminasi yang mampu menjadikan gangguan kesehatan pada insan dan juga dapat menghancurkan lingkungan ekosistim.

Permasalahan

1.     Seperti apa penyebab pencemaran udara yang mengakibatkan pertanian menjadi sasaran pencemaran tersebut?

Tujuan

        Mengetahui penyebab yang menyebabkan pertanian menjadi kurang maksimal akibat dari adanya pencemaran udara.


SOLUSI DAN PEMBAHASAN

Pencemaran Udara

        Menurut Jainal Abidin dan Ferawati Artauli Hasibuan pada tahun 2019 pencemaran udara yakni masuknya atau dimasukkannya zat, energi atau unsur lain ke dalam udara oleh aktivitas insan, sehingga melebihi baku mutu udara yang sudah ditetapkan. Sumber pencemaran udara mampu dibagi menjadi 3 ialah:

  Peranan Biomassa Dalam Energi Hijau

1.     sumber perkotaan dan industri

2.     sumber pedesaan/pertanian

3.     sumber alami.

    Sumber perkotaan dan industri ini berasal dari kemajuan teknologi yang menyebabkan banyaknya pabrik-pabrik industri, pembangkit listrik dan kendaraan bermotor. Sumber pencemaran udara untuk daerah pedesaan/pertanian yakni dengan penggunaan pestisida selaku zat senyawa kimia (zat pengatur berkembang dan perangsang tumbuh), virus dan zat lain-lain yang dipakai untuk melakukan pinjaman flora atau bagian tumbuhan. Sedangkan sumber alami berasal dari alam mirip abu yang dikeluarkan balasan gunung berapi, gas-gas vulkanik, debu yang bertiupan balasan tiupan angin, wangi yang tidak enak akhir proses pembusukan sampah organik dan yang lain.

Pencemaran Udara Terhadap Pertanian

    Pertanian merupakan sektor penting dalam perekonomian manusia, jka pertanian mengalami sebuah hambatan maka pasti akan mensugesti perekonomian manuasia. Salah satu hambatan pada pertananian ialah pencemaran udara yang menimbulkan berkurangnya mutu flora pada pertanian tersebut.

    Menurut Afif Budiyono tumbuh-tanaman memiliki reaksi yang besar dalam menerima dampak pergantian atau gangguan akhir polusi udara dan pergantian lingkungan. Hal ini terjadi alasannya banyak factor yang berpengaruh, diantaranya spesies flora, umur, keseimbangan nutrisi, kondisi flora, teperatur, kelembapan dan penyinaran. 

Penambahan kosentrasi pencemaar keudara dapat secara pribadi mengusik kemajuan flora. Terjadinya gangguan pencemaran kepada tanaman dapat digolongkan dalam 2 klasifikasi, adalah pencemaran secara primer dan sekunder.

a.      Gangguan Secara Primer

            Gangguan secara primer yakni terjadinya kontak pribadi antara sumber pencemar (mated pencemar) dengan bab permukaan tanaman secara eksklusif, sehingga dapat mengusik dan menutupi lapisan epidermal yang menolong metode penguapan pada flora. Hal ini terjadi mirip gangguan pernapasa pada manusia.

  Peranan Kimia Hijau Dalam Kehidapan

Gangguan pencemaran udara kepada flora karena adanya gas/partikel yang menutupi permukaan daun, sehingga menghalangi difusi dari gas masuk dan keluar dedaunan.

b.     Gangguan Secara sekunder

            Gangguan secara sekunder ialah gangguan yang terjadi pada tumbuhan sebab pencemaran yang menggangu pada system akar, terjadi alasannya adalah penumpukan polutan/pencemar pada tanah dan permukaan air. Gangguan ini akan menghalangi proses alterasi dari nutrisi yang berlawanan dalam tanah dan sekitar tumbuhan.

    Gangguan yang tampak karena pencemaran udara kepada tumbuhan yaitu terjadinya penampakan yang kurang sehat pada daun, dengan matinya beberapa bab serta hilangnya warna, disebabkan matinya jaringan karena adanya kerusakan pada ­spongy (sel pada tanaman) dan palisade di bagina dalam daun, yang berakibat pada gugurnya daun. Kerusakan pada lapisan epidermis dapat terjadi akhir Glazing atau Silvering pada permuakaan daun oleh adanya partikel dan polutan yang menempel. Efek pencemaran udara pada flora yang tak terlihat ialah adanya kemunduran kesanggupan pertumbuhan, berkurangnya kemampuan berfotosintesis dan alterasi, kemampuan stomata yang menurun dan reproduksi set. Tipe kerusakan pada flora mampu diakibatkan alasannya tanaman sudah mengalami gangguan secara kronis akibat waktu pemaparan pencemaran yang lama dalam tingkat takaran/kosentrasi rendah. Penyebab utama kerusakan tumbuhan oleh pencemaran udara adalah akhir phytotoxic pada tanama seperti O3 (ozon), S02 (belerang dioksida), NO2 (nitrogen dioksida), dan lain-lain.


KESIMPULAN DAN SARAN

    Pencemaran udara yakni masuknya atau dimasukkannya zat, energi atau unsur lain ke dalam udara oleh aktivitas manusia. Sumber pencemaran udara dapat dibagi menjadi 3 ialah:

1.     sumber perkotaan dan industri

2.     sumber pedesaan/pertanian

  Desain Dan Ruang Lingkup Teknologi Hijau Serta Penerapannya

3.     sumber alami.

    Dampak pencemaran udara bagi flora atau tumbuhan baik secara primer maupun sekunder mempunyai mata rantai yang sama seperti pada manusia, dimana pada tingkat-tingkat tertentu akan memiliki efek pada menurunnya tingkat produktifitas pertanian, yang juga akan berakibat pada sektor yang lain.

    Saran aku selaku penulis artikel ini kita harus menjaga alam dan lingkungan kita untuk terhindarnya segala sesuatu yang tidak kita harapkan. Seperti kita menjaga dan mengurangi pencemaran udara ini dengan memakai mesin atau elektronik yang ramah untuk lingkungan dan tidak menjadikan pencemaran bagi udara.

DAFTAR PUSTAKA

Abidin Jainal, Ferawati A.H. 2019. Pengaruh Dampak Pencemaran Udara Terhadap Kesehatan Untuk Menambah Pemahaman Masyarakat Awam Tentang Bahaya dari Polusi Udara. Riau: Universitas Riau. Dalam https://snf.fmipa.unri.ac.id/wp-content/uploads/2019/09/18.-OFMI-3002.pdf (diakses pada 05 November 2021)

Budiyono Afif. 2010. Pencemaran Udara: Dampak Pencemaran Udara Pada Lingkungan. Peneliti Bidang Pengkajian Ozon dan Polusi udara Pusat Pemanfaatan Sains Atmosfer dan Iklim. Dalam http://jurnal.lapan.go.id/index.php/berita_dirgantara/article/view/687 (diakses pada 05 November 2021)