Fase Bulan: Pemahaman Dan Macamnya

Hai sahabat semua

Salam Semangat untuk kalian semua. Pada peluang kali ini kita akan membicarakan topik ihwal Fase Bulan. Bagaimana semua, sudah siap?

Pengertian Fase Bulan

Jika kita berbicara tentang fase bulan apa yang ada dalam pikiran kalian? Yak benar sekali fase bulan itu mengatakan wacana pergerakan bulan yang dilihat dari bumi.

Kita juga mampu mendefinisikan fase bulan sebagai perubahan bentuk bulan yang berubah ubah jikalau dilihat dari bumi. Perubahan bentuk bulan ini dipengaruhi oleh beberapa aspek diantaranya adalah revolusi bulan.

Revolusi bulan adalah proses berputarnya bulan untuk mengelilingi bumi pada orbitnya. Orbit sendiri ialah lintasan bulan dalam mengelilingi bumi.

Hal yang menghipnotis atau alasannya utama bentuk bulan tampakberlawanan itu sebab adanya cahaya matahari dan bayangan yang dihasilkan oleh posisi matahari, bumi.

Dan bulan itu sendiri  menciptakan sebagian permukaan atau seluruh permukaan bulan tampak gelap maupun terang.

Macam Macam Fase Bulan

Bulan mempunyai berbagai macam fase. Penjelasan ini akan kita kupas secara detai, oleh alasannya itu simak dengan seksama ya kawan mitra.

Fase Bulan Baru

Fase bulan gres juga biasa disebut dengan fase  new moon yang mana memiliki pemahaman fase dimana bulan berada di tengah tengah matahari. Karena posisi tersebut terjadilah yang namanya gerhana matahari.

Fase new  moon inibulan menghalagi cahaya matahari yang hendak menuju bumi. Dengan demikian menciptakan bulan yang menghadap ke adah bumi tidak terkena sinar matahari sehingga bulan tak tampakdari  bumi.

Fase Bulan Sabit Awal

Proses ini yakni prosesdimana bulan akan bergerak meninggalkan titik tengah dari matahari dan bumi.Artinya ialah bagian bulan yang terhena cahaya matahari kurang dari setengahnya. Hal ini menjadikan bulan terlihat mirip sabit dari Bumi.

Fase Bulan Kuartal Pertama

Fase ini juga mampu disebut fase first quarter yang mana membuat bulan tampak seperti setengah bulat. Pada keadaan ini posisi bulan terletak di sudut 90 derajad antara bumi dan matahari.

Fase Waxing Gibbous

Pada fase ini bulan berada pada posisi sedikit membelakangi bumi yang mengakibatkan bulan yang terkena cahaya matahari mencapai ¾ bagian. Posisi ini membuat bulan tampakcembung jika kita melihatnya dari bumi.

Fase Bulan Purnama

Fase ini bila kata orang adalah fase terindah dari bulan karenaseluruh dari bagian bulan terlihat terang. Fase ini bermakna posisi bulan berada di belakang bumi. Ini menciptakan cahaya matahari yang  sebaiknya menyoroti bulan menjadi tertutup oleh bulan yang mempunyai ukuran yang jauh lebih besar. Hasilnya yakni bulan tampak lingkaran semourna.

Fase Cembung Akhir

Setelah bulan melewati fase sempurnanya bulan akan bergerak ke barat sesuai dengan revolusi bulannya. Dengan demikian menimbulkan bulan akan tampaksetengah lingkaranjika dilihat dari bab bumi.

Fase Kuartal Tiga

Fase ini mempunyai arti cahaya matahari cuma menyoroti setengah dari  bab bulan tersebut. Hasilnya yakni bulan terlihat setengah lingkaran kalau dipandang dari  bumi.

Fase Bulan Sabit Tua

Lucu ya nama fase ini hehhee. Iya faseini dinamakan fase bulan sabit renta sebab  bulan tersebut tampak mirip sabit. Pada massa ini bulan sudah hampirselesai mengitaribumisebanyak satu putaran sarat . Setelah melewati satu putaran maka fase bulan akan berulang menjadi fase  yang pertama tadi.

Satelit Alami “Bulan”

Didalam alam semesta kita akan menemukan benda langit yang mengikuti setiap planet tersebut. Benda langit itu kita sebut dengan satelit alami. Ada beberapa kisah ihwal terbentuknya satelit alami  tersebut.

Bulan diperkirakan terbentuk sekitar 4,51 milyar tahun yang lalu tak usang sesudah planet bumi kita ini terbentuk. Bulan ini terbentuk dari puing puing yang tersisa dari  benturan planet  bumi dengan Theia yang mene ukuranya sebesar planet Mars.

Karakter bulan yakni mempunyai atmosfer walaupun sangatlah tipis. Atmosfer tersebut seringkali diketahui dengan istilah ecosphere. Dibulan juga memiliki gravitasi akan tetapi nilai gravitasinya ialah seperenam dari gravitasi di planet bumi.

Oleh sebab itu kita mampu menggunnakan gambaran, jika kamu memiliki bobot 60 kg dibumi, maka bila kamu berada di bulan maka  bobot nadanmu hanya sekitar 10kg.

Sekian pembahasan Fisika ihwal Fase Bulan kali ini. Semoga berguna untuk kita semua. Jangan lupa tersenyum ya

  Momentum dan Impuls (Rumus, Contoh Soal, Hubungan)