close

Cara MenambahDan Memperkecil Peta Daerah

Cara Memperbesar dan Memperkecil Peta Wilayah – Adalah Memperbesar peta adalah sebuah acara mengganti ukuran peta menjadi lebih besar, sedangkan memperkecil peta yaitu acara mengganti ukuran peta menjadi lebih kecil. Dengan berubahnya ukuran peta, skala peta berganti. Perubahan ukuran skala peta berbanding lurus dengan perubahan ukuran peta. Artinya, kian besar ukuran peta, kian besar skalanya, sebaliknya makin kecil ukuran peta, semakin kecil skalanya.
Misalnya, skala sebuah peta adalah 1:100.000. Jika petanya diperbesar 2 kali dari ukuran semula, skalanya menjadi 1:50.000. Jika skalanya diperkecil ½ dari ukuran semula, skalanya menjadi 1:200.000.
Ada beberapa cara untuk mengganti ukuran peta, di antaranya dengan fotokopi, pantograf, atau tata cara grid. Adapun cara relatif mudah adalah dengan fotokopi.
Dengan memakai pantograf kita mampu meng ubah ukuran peta sesuai dengan ukuran yang dikehendaki. Pada dasarnya, kerja pantograf menurut jajaran genjang. Tiga dari empat segi jajaran genjang (a, b, c, dan d) memiliki skala 1:100. Skala pada ketiga segi tersebut dapat diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan, yakni menambahatau memperkecil peta.
Cara Memperbesar dan Memperkecil Peta Wilayah Cara Memperbesar dan Memperkecil Peta Wilayah
Selain dengan pantograf, peta dapat diperbesar atau diperkecil secara sederhana dengan menggunakan sistem grid (garis-garis koordinat). Memperbesar peta dengan memakai sistem grid mampu dilaksanakan lewat langkah-langkah selaku berikut ini.
a. Ambillah suatu peta yang berukuran 1:20.000. Setelah itu, buatlah kotak-kotak pada peta tersebut, contohnya dengan ukuran 2 cm ??2 cm.
b. Jika kamu memperbesar peta tersebut menjadi berskala 1:10.000, buatlah kotak-kotak pada kertas kosong yang mau digambar dengan ukuran 4 cm ??4 cm.
c. Setelah kotak-kotak tersebut tamat dibentuk, berilah angka urut, seperti 0,1,2,3, dan seterusnya serta karakter a, b, c, dan seterusnya. Kemudian, pindahkan bentuk peta pada setiap kotak di kertas yang akan digambar.
Sebelumnya mengenai Cara dan Langkah Membuat Peta Wilayah ini dapat memperbesar pengetahuan anda.
Adapun langkah-langkah yang dijalankan dalam mem perkecil peta dengan menggunakan sistem grid,antara lain sebagai berikut.
a. Ambillah suatu peta yang berukuran 1:25.000. Setelah itu, buatlah kotak-kotak pada peta tersebut, contohnya dengan ukuran 4 cm ??4 cm.
b. Jika kau akan memperkecil peta menjadi berukuran 1:50.000, buatlah kotak-kotak pada kertas kosong yang akan digambar dengan ukuran 2 cm ??2 cm.
c. Setelah kotak-kotak tersebut tamat dibentuk, berilah angka urut 0,1,2,3, dan seterusnya serta abjad a, b, c, dan seterusnya. Kemudian, pindahkan bentuk peta pada setiap kotak di kertas yang mau digambar.
Cara Memperbesar dan Memperkecil Peta Wilayah Cara Memperbesar dan Memperkecil Peta Wilayah
Peta dapat diperbesar dan diperkecil sesuai dengan kebutuhan pengguna peta. Peta yang baik mesti memperlihatkan informasi yang benar sesuai dengan judul atau temanya. Peta yang diperbesar atau diperkecil tetap memiliki perbandingan ukuran jarak yang cocok dengan realita sebenarnya di permukaan bumi.