Apakah Pengertian Masjid Itu ?

Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Pak, saya sebagai muslim tentu saja telah bersahabat dengan kata masjid. Saya pun sering pergi ke masjid dalam rangka shalat berjamaah dan juga program mengikuti pengajian setiap pekan. Dalam lima waktu shalat pun saya mendengar lafaz adzan dari masjid akrab rumah. Namun, jika aku ditanya perihal definisinya saya mesti menjawab bagaimana, ya pak? Terus tulisan arabnya masjid itu bagaimana? Terima kasih atas penjelasannya.
Jawab :
Wassalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Saudara yang semoga selalu dirahmati Allah Swt. Kita sebagai seorang muslim memang tidak gila lagi dengan masjid. Mau shalat dhuhur berjamaah maka pergi ke masjid. Demikian shalat wajib yang lainnya. Mengumandangkan adzan pun di masjid. Mengadakan acara pengajian atau tabligh pun juga di masjid. Kegiatan TPA atau TPQ (keduanya merupakan kependekkan dari Taman Pendidikan Al-Alquran) dikerjakan juga di masjid. Rapat panitia penyembelihan binatang kurban pun di masjid. Bahkan ada yang melafazkan ijab qabul dalam menikah pun bertempat di masjid. Hanya saja memang ada mungkin dan bahkan banyak yang belum mengetahui definisi lengkapnya. Baiklah kita akan diskusikan. Sebelumnnya berlanjut, silakan disimak goresan pena arab kata masjid :
 saya sebagai muslim tentu saja sudah akrab dengan kata masjid Apakah Pengertian Masjid Itu ?
Nah, kata masjid secara bahasa mempunyai arti kawasan untuk bersujud. Dalam pengertiannya menjadi sebuah bangunan yang dipakai kawasan berkumpulnya kaum muslimin dalam rangka melakukan ibadah shalat wajib berjamaah, sifatnya tetap dan bukan sementara saja. Artinya jika di suatu kawasan sudah berdiri bangunan masjid maka dihentikan dalam beberapa bulan fungsinya dirubah untuk lainnya. Berbeda contohnya dalam sebuah perkantoran, sekolah, dan perusahaan yang belum memiliki masjid. Atau juga alasannya adalah masjidnya baru dibangun atau direhab. Kemudian ada suatu ruangan yang kosong kemudian dipakai untuk daerah shalat bagi orang Islam di situ. Tempat ini tidak mampu disebut masjid alasannya sifatnya hanya sementara saja.
Baca juga : Doa Sebelum dan Sesudah Makan Lengkap Arab Latin dan Artinya.