Doa Berdiri Tidur Lengkap Latin Dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Doa berdiri tidur lengkap arab latin dan artinya amat perlu kita pelajari. Teman-sahabat pastinya tiap hari melaksanakan tidur. Dalam siklus wajar insan, memang selama dua puluh empat jam ada waktu tidurnya. Apabila siklus ini dilanggar insan maka akan muncul masalah dalam kesehatannya. Sejak berabad periode yang kemudian insan sudah menghabiskan sebagian hidupnya dengan tidur. Aktivitas ini merupakan bagian dari fitrah insan. Sebagai seorang muslim kita diperintahkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala untuk selalu beribadah. Tidur ini bergotong-royong juga bab dari ibadah. 
Di dalam badan kita itu ada hak untuk beristirahat. Tidak boleh menggunakan tubuh untuk bekerja terus tanpa mengamati istirahatnya. Konon, istirahat yang terbaik yakni dengan tidur ini. Apalagi, tidur di malam hari. Dalam suatu observasi, tiap jam di malam hari itu beberapa organ tubuh sedang melakukan pekerjaan secara maksimal untuk mengeluarkan racun dari dalam badan. Kalenjar getah bening melakukan pembuangan racun pada jam 9 hingga 11 malam. Organ hati melaksanakan pembuangan racun pada jam 11 malam hingga 1 dini hari. Organ paru-paru mencampakkan racun-racun di dalam badan antara jam 1 sampai 3 pagi. Proses detoksifikasi atau pembersihan racun-racun di dalam tubuh tersebut akan maksimal jika dalam keadaan tidur pulas. Maka waktu malam hendaknya digunakan untuk tidur.
Dalam kegiatan tidur ini, ternyata ada tata caranya atau adabnya. Salah satu budpekerti yang paling penting yaitu membaca doa tatkala kita bangkit dari tidur. Di dalam blog ini, sementara waktu yang lalu kita telah pernah diskusikan doa sebelum tidur lengkap arabnya latin dan artinya. Kini saatnya kita membicarakan doa bangkit tidur. Mengenai lafazhnya yakni sebagai berikut.

DOA YANG PERTAMA

 Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh Doa Bangun Tidur Lengkap Latin dan Artinya
Latinnya : 
ALHAMDULILLAAHILLADZII AHYAANAA BA’DAMAA AMAATANAA WA ILAIHINNUSYUUR.
Artinya : 
“Segala puji bagi Allah, yang membangunkan kami sehabis ditidurkan-Nya dan terhadap-Nya kami dibangkitkan.”
Doa ini bersumber dari hadits riwayat Bukhari.

DOA YANG KEDUA

 Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh Doa Bangun Tidur Lengkap Latin dan Artinya
Latinnya : 
ALHAMDULLILLAHILLADZI ‘AAFAANII FII JASADII, WA RADDA ALAYYA RUHII, WA ADZINA LII BI DZIKRIH.
Artinya : 
” Segala puji bagi Allah yang telah menawarkan kesehatan pada jasadku dan mengembalikan ruhku kepadaku serta mengizinkanku untuk berdzikir kepada-Nya.”
Doa ini bersumber dari hadits riwayat At-Tirmidzi.

DOA YANG KETIGA

 Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh Doa Bangun Tidur Lengkap Latin dan Artinya
Latinnya : 
LAA ILAHA ILLALLAAHU WAHDAHULAA SYARIIKALAHU, LAHUL MULKU, WA LAHULHAMDU, WA HUWA ‘ALA KULLI SYAI IN QADIIR. SUBHAANALLAAHI WAL HAMDULILLAAHI, WA LAA ILAHA ILLALLAAHU, WALLAAHU AKBAR. WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAHIL ‘ALIYYIL ‘ADZHIIM. RABBIGHFIRLII.
Artinya : 
” Tiada Tuhan yang haq selain Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan dan pujian. Dia-lah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan yang haq selain Allah, Allah Maha Besar, tiada daya dan kekuatan, kecuali dengan pinjaman Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung. Wahai, Tuhanku! Ampunilah dosaku.”
Kita bisa memilih diantara doa di atas. Memang yang paling terkenal adalah yang doa yang pertama. Tetapi yang kedua dan ketiga juga mampu kita baca. Bagus sekali jikalau kita berkenan untuk menghafalnya. Setiap kali kita bangkit dari tidur maka kita tinggal melafazhkannya. Pembiasaan membaca doa ini hendaknya dimulai dari usia dini. Kita yang mungkin telah masuk usia remaja bahkan tua pun tidak terlambat untuk membacanya. 
Di dalam doa di atas, ada penegasan bahwa Allah Swt. sajalah yang membangunkan dari tidur. Dan Dia-lah pula yang menghidupkan nanti di hari akhir zaman. Segala puji bagi Allah. Ada juga pernyataan untuk selalu bersyukur terhadap-Nya. Allah Swt. yang memberikan kesehatan sehingga kita mampu membaca doa ini. Doa pada hakikatnya juga bentuk dari dzikir atau mengingat Allah Swt. 
Di samping berdoa, penting pula untuk kita mengamati etika yang yang lain tatkala berdiri tidur. Diantara adab-akhlak tersebut, antara lain :
1. Bangunlah tidur sebelum waktu shalat subuh. Dengan bangun lebih permulaan maka kita bisa berkesempatan untuk mampu melaksanakan shalat sunah tahajud. Kita bisa pula memiliki potensi untuk berdoa di waktu mustajab yakni di sepertiga malam selesai. Momen ini ada di setiap malam. Kita mampu berusaha semoga mampu bangun tepat waktu mirip yang diperlukan. Salah satu cara atau tipsnya yaitu dengan kita tidak tidur hingga larut malam. Jauhi, begadang kalau memang tidak dibutuhkan sama sekali. Selanjutnya, mencoba untuk menyetel alarm handphone kita sehingga bisa bangkit sempurna waktu.

Baca juga : Doa Shalat Istikharah Lengkap Arab Latin dan Artinya.

2. Setelah bangkit tidur hendaknya duduk sejenak. Tidak lantas bangkit atau malah berjalan. Duduklah sejenak untuk mempertahankan keseimbangan tubuh. Barulah sehabis itu kita mampu bangun dan berlangsung menuju kawasan yang diharapkan.
3. Sedari bangkit tidur, tekadkan dalam diri untuk melakukan amal shaleh sebanyak-banyaknya sehari penuh itu. Termasuk pula untuk menciptakan tekad di dalam diri untuk menjauhi kemaksiatan atau dosa-dosa.
4. Jangan lupa untuk membereskan daerah tidur kita. Keindahan juga bagian dari adat mulia.
5. Cobalah pula membangunkan keluarga. Misalnya suami membangunkan istri dan anak. Atau seorang abang membangunkan adiknya. Hal ini dijalankan supaya semuanya tidak terlambat untuk mampu menuju ke masjid menjalankan shalat subuh secara berjamaah.
6. Sesegera mungkin mengambil air untuk wudhu. Boleh juga masuk ke WC atau kamar kecil untuk buang air kecil atau besar. Jangan lupa membaca doa masuk WC apalagi dulu. 
7. Bagus pula jika kita melaksanakan shalat sunah di rumah sebelum pergi ke masjid. Namun, kalau waktu sudah hampir iqamah maka seharusnya bergegas menuju ke masjid.
Nah, karenanya selesailah kita membicarakan doa bangkit tidur secara lengkap. Di samping itu, kita juga telah membahas beberapa akhlak penting tatkala bangkit dari tidur. Semoga Allah Swt. membantu kita untuk mampu beribadah dengan sebaik mungkin. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Baca juga : Doa Memakai Pakaian Baru Lengkap Arab Latin dan Artinya.