Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-A’la Ayat 12-19 Lengkap Dengan Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Kali ini kita akan membicarakan analisis aturan tajwid surat Al-A’la Ayat 12-19 lengkap dengan penjelasannya. Memang surat ini sering kita dengar dilantunankan oleh para imam shalat. Supaya bisa membaca Al-Quran dengan tartil maka kita perlu sekali untuk selalu mencar ilmu ilmu tajwid. Kita bisa menyaksikan penerapan ilmu tajwid tersebut ada di dalam ayat-ayat Al-Quran. Baiklah, langsung saja kita simak hukum-aturan tajwidnya berikut ini.
 Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-A'la Ayat 12-19 Lengkap Dengan Penjelasannya
Penjelasan lengkap dari nomor-nomor di atas adalah :
1. Alif lam syamsiyah alasannya adalah huruf alif lam bertemu aksara syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke huruf lam ).
2. Mad orisinil atau mad thabi’i karena huruf dzal berharakat kasrah berjumpa ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
3. Terdapat tiga aturan di sini, pertama alif lam syamsiyah karena abjad alif lam bertemu aksara syamsiyah nun. Dibaca idgham (masuk ke abjad nun ). Kedua, ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Ketiga, mad asli atau mad thabi’i alasannya huruf nun berharakat fathah berjumpa alif dan setelahnya tidak berjumpa hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
4. Alif lam qamariyah karena karakter alif lam bertemu aksara kaf. Dibaca secara terperinci.
5. Qalqalah sughra alasannya abjad qalqalah ba berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
6. Mad orisinil atau mad thabi’i sebab abjad ra berharakat fathah berjumpa alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, karakter bersukun, karakter yang diwaqaf, dan karakter bertasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
7. Ghunnah alasannya adalah mim bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
8. Mad asli atau mad thabi’i alasannya aksara lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak berjumpa hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

Baca juga : Doa Memakai Pakaian Baru Lengkap Arab Latin dan Artinya.

9. Idzhar syafawi karena aksara mim sukun berjumpa dengan aksara wau. Cara membacanya dengan terperinci.
10. Mad asli atau mad thabi’i alasannya adalah karakter fa berharakat kasrah berjumpa ya sukun dan setelahnya tidak berjumpa hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
11. Mad orisinil atau mad thabi’i karena karakter ha berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
12. Mad orisinil atau mad thabi’i alasannya adalah huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
13. Mad asli atau mad thabi’i sebab aksara ya berharakat fathah berjumpa alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, aksara bersukun, abjad yang diwaqaf, dan abjad bertasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
14. Qalqalah sughra alasannya adalah karakter qalqalah dal berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
15. Ikhfa alasannya abjad nun sukun bertemu aksara ta. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. 
16. Mad asli atau mad thabi’i alasannya adalah aksara kaf berharakat fathah berjumpa alif dan setelahnya tidak berjumpa hamzah, abjad bersukun, huruf yang diwaqaf, dan aksara bertasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

Baca juga : Macam-macam Doa Berbuka Puasa Lengkap Arab Latin dan Artinya.

17. Mad shilah qashirah karena karakter ha (kata ganti) bertemu dengan huruf selain hamzah. Cara membacanya panjang 2 harakat.
18. Mad orisinil atau mad thabi’i alasannya adalah huruf lam berharakat fathah berjumpa alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, abjad bersukun, huruf yang diwaqaf, dan karakter bertasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
19. Mad asli atau mad thabi’i karena karakter ra berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
20. Alif lam qamariyah alasannya adalah abjad alif lam bertemu abjad ha’. Dibaca secara terperinci.
21. Mad asli atau mad thabi’i alasannya aksara ya berharakat fathah berjumpa alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
22. Alif lam syamsiyah alasannya adalah karakter alif lam berjumpa huruf syamsiyah dal. Dibaca idgham (masuk ke karakter dal ).
23. Idzhar alasannya adalah karakter nun sukun berjumpa abjad ya. Dibaca jelas tidak berdengung sama sekali.
24. Mad orisinil atau mad thabi’i sebab huruf ya berharakat fathah berjumpa alif dan setelahnya tidak berjumpa hamzah, huruf bersukun, huruf yang diwaqaf, dan karakter bertasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
25. Ada dua aturan di sini, pertama alif lam qamariyah karena huruf alif lam berjumpa huruf hamzah. Dibaca secara terperinci. Kedua, mad badal karena aksara mad berjumpa hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari aksara mad. Cara membacanya panjang 2 harakat.

Baca juga : Doa Keluar Rumah Lengkap Arab Latin dan Artinya.

26. Mad lin alasannya adalah huruf ya sukun didahului oleh abjad kha berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
27. Idgham bighunnah sebab karakter ra berharakat dhamah tanwin berjumpa huruf wau. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan hingga 3 harakat.
28. Qalqalah sughra alasannya aksara qalqalah ba berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
29. Mad asli atau mad thabi’i alasannya adalah huruf qaf berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak berjumpa hamzah, huruf bersukun, huruf yang diwaqaf, dan aksara bertasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
30. Ghunnah alasannya adalah nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
31. Mad orisinil atau mad thabi’i sebab aksara ha berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
32. Mad asli atau mad thabi’i alasannya aksara dzal berharakat fathah berjumpa alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
33. Alif lam syamsiyah alasannya aksara alif lam bertemu aksara syamsiyah shad. Dibaca idgham (masuk ke aksara shad ).
34. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam berjumpa abjad hamzah. Dibaca secara terperinci.
35. Mad badal sebab aksara mad berjumpa hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari huruf mad. Cara membacanya panjang 2 harakat.

Baca juga : Tata Cara Shalat Jenazah Lengkap.

36. Mad asli atau mad thabi’i sebab aksara lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak berjumpa hamzah, abjad bersukun, abjad yang diwaqaf, dan aksara bertasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
37. Qalqalah sughra alasannya adalah aksara qalqalah ba berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
38. Mad asli atau mad thabi’i karena aksara ra berharakat fathah berjumpa alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
39. Mad asli atau mad thabi’i alasannya adalah abjad ha berharakat kasrah berjumpa ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
40. Mad asli atau mad thabi’i alasannya adalah abjad mim berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
41. Mad asli atau mad thabi’i sebab abjad sin berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak berjumpa hamzah, abjad bersukun, aksara yang diwaqaf, dan karakter bertasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
Bagus sekali jikalau kita merutinkan membaca Al-Alquran dalam kehidupan sehari-hari. Di darul baka nanti kita akan memetiknya akibat yang terbaik. Semoga analisis tajwid ini berfaedah bagi sahabat-sahabat dan pembaca semuanya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca pula : Doa Shalat Istikharah Lengkap Arab Latin dan Artinya.