Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Jumuah Ayat 9 Lengkap Dengan Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Pada pagi yang berbahagia ini kita akan membicarakan analisis aturan tajwid surat Al-Jumuah ayat 9 lengkap dengan penjelasannya. Kita selaku seorang muslim yang baik hendaknya bisa membaca Al-Alquran dengan baik. Supaya itu mampu termujud maka kita perlu mempelajari ilmu tajwid. Setiap huruf yang dibaca akan diberi pahala. Bila kita membaca satu ayat saja maka sudah banyak abjad yang sudah dibaca. Kita sebaiknya merutinkan membaca Al-Quran saban hari. Kebiasaan ini sangatlah faktual. Baik, marilah kita simak saja uraian analisis tajwidnya berikut.
 Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Jumuah Ayat 9 Lengkap Dengan Penjelasannya
Keterangan lengkap dari nomor-nomor di atas adalah :
1. Mad jaiz munfasil karena karena aksara mad berjumpa hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.
2. Alif lam syamsiyah alasannya abjad alif lam bertemu karakter syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke huruf lam ).
3. Mad orisinil atau mad thabi’i sebab aksara dzal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak berjumpa hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
4. Mad badal alasannya abjad mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dulu dari huruf mad. Cara membacanya panjang 2 harakat.
5. Mad jaiz munfasil sebab sebab aksara mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.
6. Mad asli atau mad thabi’i sebab aksara dzal berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak berjumpa hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
7. Mad asli atau mad thabi’i alasannya huruf nun berharakat dhamah berjumpa wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
8. Mad orisinil atau mad thabi’i alasannya adalah karakter lam berharakat fathah berjumpa alif dan setelahnya tidak berjumpa hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
9. Idgham bighunnah alasannya adalah aksara nun sukun berjumpa karakter ya bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan hingga 3 harakat.

Baca juga : Doa Untuk Orang Tua Lengkap Arab Latin dan Artinya.

10. Mad lin alasannya adalah aksara wau sukun didahului oleh abjad ya berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
11. Alif lam qamariyah sebab abjad alif lam bertemu karakter jim. Dibaca secara terang.
12. Mad lin karena huruf wau sukun didahului oleh karakter ‘ain berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
13. Mad orisinil atau mad thabi’i sebab karakter lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak berjumpa hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
14. Tarqiq sebab lafaz Allah didahului oleh aksara hijaiyah ra berharakat kasrah. Cara membacanya tipis.
15. Alif lam qamariyah sebab karakter alif lam bertemu huruf ba. Dibaca secara jelas.
16. Mad lin alasannya huruf ya sukun didahului oleh aksara ba berharakat fathah. Dibaca panjang 6 harakat alasannya adalah posisinya jatuh sebelum huruf yang diwaqaf.
17. Mad asli atau mad thabi’i alasannya abjad dzal berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
18. Idzhar syafawi alasannya adalah huruf mim sukun berjumpa dengan huruf kha. Cara membacanya dengan jelas.
19. Mad lin sebab abjad ya sukun didahului oleh karakter kha berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.

Baca juga : Doa Tasyahud Dalam Shalat Lengkap Arab Latin dan Artinya.

20. Idgham bilaghunnah sebab aksara ra berharakat dhamah tanwin bertemu abjad lam bertanda tasydid. Dibaca lebur tanpa dengung. Bunyi tanwin hilang.
21. Idzhar syafawi sebab huruf mim sukun berjumpa dengan abjad hamzah. Cara membacanya dengan terperinci.
22. Ikhfa karena aksara nun sukun berjumpa karakter kaf. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Cara pengucapan seperti suara “ng”.
23. Ikhfa alasannya huruf nun sukun bertemu aksara ta. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. 
24. Idzhar syafawi alasannya aksara mim sukun berjumpa dengan huruf ta. Cara membacanya dengan jelas.
25. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.
Ilmu tajwid sebenarnya gampang saja. Hanya saja kita memang harus rajin untuk mempelajarinya. Dengan banyak mencar ilmu membaca Al-Quran kita akan mampu balasannya nanti. Perlu juga kesabaran hati dalam menuntut ilmu. Karena mencari ilmu apa pun akan memerlukan proses yang mesti dilalui. Semoga kajian kali ini menunjukkan manfaat untuk para pembaca seluruhnya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca juga : Doa Keluar Rumah Lengkap Arab Latin dan Artinya.