Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Maidah Ayat 91 Lengkap Dengan Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Di pagi hari yang agak hambar udaranya ini kami hendak menuliskan analisis aturan tajwid Surat Al-Maidah ayat 91  lengkap dengan penjelasannya. Sangat penting kita berguru cara membaca Al-Alquran. Di dalam kehidupan ini kita diberi isyarat supaya bisa menjadi orang yang bertaqwa. Sumber petunjuk itu yakni dari Al-Quran. Maka jika mana dikala ini kita masih belum mampu membaca Al-Alquran sudah saatnya untuk mengawali mencar ilmu. Tidaklah bijaksana bila menunda-nundanya. Mau kapan lagi kita mulai ? Kita harus menyempatkan sebagian waktu untuk belajar Al-Quran. Dalam satu pekan kami percaya kita punya waktu yang longgar. Di sela-sela acara berkala masih ada waktu yang bisa kita manfaatkan. Niat mesti ditumbuhkan apalagi dulu. Baiklah, kita pribadi mendengarkanuraian hukum tajwid berikut ini :
 Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Maidah Ayat 91 Lengkap Dengan Penjelasannya
Keterangan lengkap dari nomor-nomor di atas adalah :
1. Ghunnah alasannya nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
2. Mad asli atau mad thabi’i alasannya huruf mim berharakat  fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
3. Mad orisinil atau mad thabi’i sebab karakter ra berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak berjumpa hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
4. Alif lam syamsiyah karena aksara alif lam bertemu aksara syamsiyah syin. Dibaca idgham (masuk ke karakter syin ).
5. Mad lin alasannya adalah karakter ya sukun didahului oleh aksara syin berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
6. Mad orisinil atau mad thabi’i alasannya adalah huruf tha berharakat fathah berjumpa alif dan setelahnya tidak berjumpa hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
7. Idgham bighunnah sebab aksara nun sukun bertemu abjad ya bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan hingga 3 harakat.
8. Mad asli atau mad thabi’i alasannya adalah huruf ya berharakat dhamah berjumpa wau sukun dan setelahnya tidak berjumpa hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
9. Mad lin alasannya adalah abjad ya sukun didahului oleh abjad ba berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.

Baca juga : Doa Masuk WC Lengkap Arab Latin dan Artinya.

10. Alif lam qamariyah karena abjad alif lam bertemu aksara ‘ain. Dibaca secara terperinci.
11. Mad orisinil atau mad thabi’i alasannya karakter dal berharakat fathah berjumpa alif dan setelahnya tidak berjumpa hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
12. Alif lam qamariyah alasannya adalah abjad alif lam berjumpa huruf ba. Dibaca secara jelas.
13. Mad wajib muttashil karena alasannya huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
14. Alif lam qamariyah alasannya karakter alif lam bertemu abjad kha. Dibaca secara terperinci.
15. Idzhar syafawi alasannya abjad mim sukun bertemu dengan karakter ra. Cara membacanya dengan jelas.
16. Alif lam qamariyah alasannya abjad alif lam berjumpa huruf mim. Dibaca secara terang.
17. Mad lin karena abjad ya sukun didahului oleh karakter mim berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
18. Idzhar syafawi sebab karakter mim sukun bertemu dengan huruf ‘ain. Cara membacanya dengan jelas.
19. Ikhfa sebab abjad nun sukun berjumpa karakter dzal. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan abjad nun mati, sikap lidah dan bibir disediakan menempati huruf dzal.
20. Tarqiq sebab lafaz Allah didahului oleh aksara hijaiyah ra berharakat kasrah. Cara membacanya tipis.

Baca juga : Doa Mohon Kemudahan Ujian Lengkap Arab Latin dan Artinya.

21. Alif lam syamsiyah karena abjad alif lam bertemu karakter syamsiyah shad. Dibaca idgham (masuk ke aksara shad ).
22. Mad orisinil atau mad thabi’i karena karakter lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak berjumpa hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
23. Ikhfa sebab abjad nun sukun berjumpa karakter ta. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. 
24. Idgham mislain sebab abjad mim bersukun berjumpa abjad mim. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan hingga 3 harakat.
25. Ikhfa alasannya karakter nun sukun bertemu karakter ta. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. 
26. Mad arid lissukun sebab karakter mad jatuh sebelum abjad yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 hingga 6 harakat.
Tatkala kita benar-benar sudah bermaksud. Muncullah kemudian tekad yang membaja. Meski usia kita mungkin telah tidak termasuk muda lagi tetap saja kita mampu sukses dalam mencar ilmu membaca Al-Quran. Sudah tersebar beberapa bukti akan hal itu. Apalagi, bagi kita yang masih berusia muda belia. Sangat merugi jikalau kita hingga melewatkannya tanpa mempelajari cara membaca Al-Alquran yang benar. Semoga berguna kajian ini. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca pula : Doa Keluar Rumah Lengkap Arab Latin dan Artinya.