Aturan Tajwid Surat Al-Hijr Ayat 9 Lengkap Dengan Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Mempelajari aturan tajwid Surat Al-Hijr ayat 9 lengkap dengan penjelasannya amatlah penting. Sesuatu wawasan yang dilarang terlalaikan dalam hidup kita selaku seorang muslim yang taat. Ayat-ayat di dalam Al-Quran mampu dibaca dengan baik dan benar bilamana mengggunakan ilmu tajwid. Maka tak boleh kita meninggalkan pelajaran ilmu tajwid ini di dalam kehidupan kita. Di samping memang masih banyak ilmu-ilmu yang yang lain pastinya. Kala kita mengenali dengan baik hukim tajwid dalam sebuah ayat maka kita tidak akan kesulitan untuk membacanya dengan baik. Langsung saja kita simak uraian hukum tajwidnya berikut ini.
 Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh Hukum Tajwid Surat Al-Hijr Ayat 9 Lengkap Dengan Penjelasannya

Penjelasan secara detail dari nomor yang ada di bawah ayat di atas ialah :
1. Di sini terdapat dua hukum tajwid, pertama ghunnah alasannya adalah nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Kedua, mad orisinil atau mad thabi’i alasannya abjad nun berharakat kasrah berjumpa ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
2. Alif lam syamsiyah karena aksara alif lam berjumpa abjad syamsiyah dzal. Dibaca idgham (masuk ke abjad dzal ).
3. Ada dua aturan di sini, pertama ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Kedua, mad orisinil atau mad thabi’i karena karakter nun berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
4. Mad shilah qashirah alasannya adalah karakter ha (kata ganti) bertemu dengan huruf selain hamzah. Cara membacanya panjang 2 harakat.
5. Mad orisinil atau mad thabi’i karena karakter ha’ berharakat fathah tegak atau bangkit dan setelahnya tidak bertemu hamzah, aksara bersukun, aksara yang diwaqaf, dan abjad bertasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
6. Mad arid lissukun alasannya adalah karakter mad jatuh sebelum abjad yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.
Dengan kita rajin mempelajari hukum tajwid dari ayat-ayat Al-Quran maka akan semakin tanpa gangguan bacaan kita. Ilmu tajwid sudah menjadi sebuah keharusan untuk dipelajari oleh tiap muslim. Ibadah membaca Al-Alquran ini pahalanya luar biasa. Mestinya kita tidak malas untuk mencar ilmu membaca Al-Quran yang benar. Semoga postingan ini mempermudah para pembaca seluruhnya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca juga artikel: Doa Berlindung Dari Malas Lengkap Dengan Artinya.