Apa Arti Tulisan Arab Di Sampul Buku Iqro ?

Apa Arti Tulisan Arab Di Sampul Buku Iqro Apa Arti Tulisan Arab Di Sampul Buku Iqro ?
Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Saya seorang yang baru mulai mencar ilmu bagaimana cara membaca Al-Alquran. Dalam berguru membaca Al-Quran saya mencari cara yang terbaik. Bisa dikatakan mencari metode apa yang paling cocok buat aku. Dari saran seorang teman, aku diminta untuk mencoba dengan metode iqra yang telah populer di seantero nusantara bahkan sampai di negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei Darussalam. Saya pun mengiyakan pesan yang tersirat tersebut. Tiap sepekan tiga kali saya belajar menggunakan buku Iqro itu. Yang perlu aku tanyakan di sini. Di dalam sampul buku iqro itu ada goresan pena. Apa arti tulisan arab di sampul buku iqro itu ya, Pak? Karena saya masih awam jadi sangat perlu untuk menanyakan akan hal ini. Terima kasih sebelumnya atas balasan dan penjelasannya juga.
Jawab :
Wassalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Belajar untuk mampu membaca Al-Alquran tidaklah ada kata telat. Meski pun usia kita mungkin sudah bukan bawah umur atau akil balig cukup akal lagi. Tetap saja ada perintah untuk mempelajari buku iqra tersebut. Sampai kita mampu membaca Al-Quran dengan lancar dan benar. Dalam prosesnya memang tidaklah sebentar. Tetapi ketekunan dan ketabahan kita akan menjadi berhasil risikonya. Belajarnya kita pun akan diberi pahala yang besar. Orang yang menimba ilmu membaca Al-Quran akan menemukan kemuliaan.
Banyak sekali memang metode untuk belajar membaca Al-Alquran. Salah satu yang populer memang adalah tata cara iqro. Sebuah metode yang mudah bagaimana bisa membaca Al-Quran. Adalah KH. As’ad Humam dari Kotagede, Yogyakarta yang memperoleh tata cara ini. Beliaulah pula yang lalu menyebarkan sistem ini sehingga dapat dikenal luas oleh penduduk muslim. Metode ini memakai buku sejumlah enam jilid. Bukunya dinamakan buku iqro.
Memang jika kita cermati bahwasannya di sampul buku iqro itu terdapat tulisan arab. Ada dua goresan pena di situ. Yang pertama yaitu tulisan
Apa Arti Tulisan Arab Di Sampul Buku Iqro Apa Arti Tulisan Arab Di Sampul Buku Iqro ?
Yang artinya bacalah. Hal ini sebagaimana ayat pertama dari Surat Al-‘Alaq. Kemudian pada sampul buku iqro itu di atasnya ada lagi goresan pena arab ialah :
Apa Arti Tulisan Arab Di Sampul Buku Iqro Apa Arti Tulisan Arab Di Sampul Buku Iqro ?
Tulisan tersebut sebetulnya yaitu suatu hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari. Bila kita tulis lagi hadits tersebut yakni 
Apa Arti Tulisan Arab Di Sampul Buku Iqro Apa Arti Tulisan Arab Di Sampul Buku Iqro ?
Arti dari goresan pena arab dari hadits tersebut adalah “Sebaik-baik kalian ialah yang belajar al-Quran dan mengajarkannya.” Dalam hadits ini sangat terperinci disebutkan bahwa orang yang baik itu yakni mereka yang akan berguru Al-Alquran. Setelah itu, orang yang belajar itu mengajarkannya terhadap orang lain. Inilah sebuah cara mulia untuk menjadi orang yang sebaik mungkin.ّ Demikian penjelasannya agar memperbesar manfaat. Wallahu a’lam.
Baca juga : doa turun hujan arab allahumma shoyyiban nafi’an lengkap dengan artinya.