Siapa Teman Nabi Yang Diangkat Menjadi Saudara Zubair Bin Awwam

sahabat nabi yang diangkat menjadi saudara zubair bin awwam Siapa Sahabat Nabi Yang Diangkat Menjadi Saudara Zubair Bin Awwam
Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Pak, saya mau mengajukan pertanyaan perihal cerita para teman Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam. Yang ingin saya tanyakan, siapa teman nabi yang diangkat menjadi saudara zubair bin awwam radhiyallahu ‘anhu? Pada insiden hijrah Rasulullah ke Madinah, ada dongeng ini. Terima kasih sebelumnya.
Jawab :
Wassalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Tentang apa yang anda tanyakan ini sangat berkaitan dekat dengan sejarah hijrah Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam dari Makkah ke Madinah. Dalam kaitannya, terdapat kaum muhajirin dan kaum anshar sebagai pemain drama utama. Dalam hal ini, sahabat Zubair Bin Awwam radhiyallahu ‘anhu termasuk kaum muhajirin. Perjalanan hijrah Nabi dan para sahabatnya ini menjadi sejarah yang senantiasa diingat dan dipelajari sampai kini.
Pada insiden hijrah tersebut, salah satu hal yang dijalankan Rasulullah saw. sesudah hingga di kota Madinah adalah melakukan berbagai langkah-langkah yang amat pandai dan strategis. Salah satunya, antara kaum muhajirin dan anshar ini dipersaudarakan satu sama lain. Seorang sahabat dari kalangan muhajirin dipersaudarakan dengan sahabat dari golongan anshar. Tentang sahabat nabi yang diangkat menjadi saudara zubair bin awwam radhiyallahu ‘anhu yaitu Sa’ad ibnu ubadah radhiyallahu ‘anhu. Ia ialah sahabat dari kelompok anshar di Madinah. Demikian biar memberi manfaat penjelasannya. Wallahu a’lam.
  Pelaksanaan pembelajaran sangat tergantung olah guru agar penampilan yang cermat. Guru menyiapkan semua aspek pengajaran dan ia sepenuhnya bertanggung jawab dan berinisiatif terhadap pengajaran dan memantau kemajuan besar dari perkembangan pesertadidiknya. Pendekatan pembelajaran tersebut merupakan gayamengajar?