Aturan Tajwid Surat Al-Ahzab Ayat 23 Dengan Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Cukup cerah cuaca pada pagi menjelang siang ini. Ini merupakan ketika terbaik untuk kita mulai berakativitas seperti sedia periode. Namun, alangkah baiknya kalau kita luangkan waktu untuk senantiasa membaca Al-Alquran. Dalam sehari semalam hendaknya ada waktu untuk membaca ayat-ayat Al-Quran.

Tidak cuma itu saja. Kita pun juga perlu untuk mempelajari aturan tajwid dari ayat-ayat Al-Alquran. Seperti pada hari ini, kami mengajak sahabat-teman untuk mempelajari analisi aturan tajwid Surat Al-Ahzab ayat 23 lengkap dengan penjelasannya. Hal ini dilaksanakan agar kita nantinya akan mampu membaca ayat tersebut dengan baik dan sesuai dengan kaidahnya. 

Sebagai penjelasannya, silakan sobat-sobat menyimaknya berikut ini:

Hukum tajwid Surat An-Nisa ayat 59

Hukum tajwid Surat Al-Maidah ayat 32

16. Idgham mislain karena abjad mim bersukun berjumpa karakter mim. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.

17. Idgham bighunnah karena aksara nun sukun berjumpa abjad ya bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.

18. Ikhfa alasannya adalah abjad nun sukun bertemu huruf ta. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. 

19. Mad orisinil atau mad thabi’i alasannya adalah abjad mim berharakat  fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

20. Mad orisinil atau mad thabi’i alasannya adalah huruf lam berharakat dhamah berjumpa wau sukun dan setelahnya tidak berjumpa hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

21. Qalqalah sughra alasannya adalah aksara qalqalah ba berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.

  Hukum Tajwid Al-Quran Surat Maryam Ayat 30 Lengkap

22. Mad asli atau mad thabi’i sebab karakter dal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak berjumpa hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

23. Mad ‘iwadh alasannya adalah lam berharakat fathah tanwin dan diwaqaf. Cara membacanya tanwin dihilangkan dan panjangnya 2 harakat. 

Itulah analisis tajwid dari Surat Al-Ahzab ayat 23. Harapan kami artikel ini memberi banyak faedah dan membantu sobat-sobat seluruhnya. Sampai berjumpa dalam pembahasan yang lainnya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.