4 Aspek Yang Berpengaruh Kepada Persepsi Konsumen Tentang Suatu Jasa

4 Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Persepsi Pelanggan Tentang Suatu Jasa

Faktor yang berpengaruh kepada pemanfaatan pelayanan kesehatan dalam kenali lebih banyak untuk pengenalan keperluan konsumen, maka kepuasan pasien/pelanggan lebih condong untuk memeriksa hasil pemanfaatan yang kemudian dan pengalaman tersebut akan dijadikan selaku dasar untuk pemanfaatan berikutnya.

Menurut Umar (2000) ada 4 (empat) faktor yang besar lengan berkuasa kepada persepsi pelanggan tentang suatu jasa, yakni : 

  1. Harga, harga yang rendah mengakibatkan persepsi produk tidak berkualitas. Harga yang terlalu rendah menjadikan pandangan pembeli tidak yakin kepada penjual, sebaliknya harga yang tinggi mengakibatkan pandangan bahwa produk tersebut berkualitas.
  2. Citra, gambaran yang jelek menjadikan persepsi produk tidak bermutu sehingga pelanggan gampang murka untuk kesalahan kecil sekalipun. Citra yang bagus akan menyebabkan persepsi bahwa produk berkualitas, sehingga konsumen akan mudah memaafkan sebuah kesalahan meskipun tidak untuk kesalahan selanjutnya. 
  3. Tahap pelayanan, kepuasan konsumen diputuskan oleh aneka macam pelayanan yang ditemukan selama menggunakan beberapa tahapan pelayanan tersebut. Ketidakpuasan yang diperoleh pada tahap awal pelayanan akan menjadikan pandangan berupa kualitas pelayanan yang buruk untuk tahap pelayanan selanjutnya, sehingga konsumen merasa tidak puas dengan pelayanan yang ada. 
  4. Momen pelayanan, kinerja pelayanan diputuskan oleh : pelayanan, proses pelayanan dan lingkungan fisik pelayanan yang diberikan. Kesinambungan pelayanan akan kuat terhadap kepuasan konsumen/pasien, dan pasien yang merasa terpuaskan akan melakukan pemanfaatan ulang terhadap pelayanan kesehatan yang pernah diterimanya. 
  Sasaran Dan Manfaat Jampersal Serta Kebijakan Operasional Jampersal