Keluhan, Usulan, Dan Usulan Pasien Tentang Produk/Jasa

Keluhan, Saran, dan Pendapat Pasien Mengenai Produk/Jasa

Pelanggan diberikan peluang untuk memberikan rekomendasi, unek-unek dan pertimbangan pasien mengenai produk/jasa. Metode ini bersifat pasif sehingga agak sukar mendapatkan gambaran lengkap mengenai kepuasan/kekecewaan konsumen. Tidak semua pelanggan yang tidak puas lantas akan menyampaikan keluhannya, mampu saja lantas pasien langsung beralih kepada produk/penyuplaijasa lain dan tidak akan berbelanja lagi produk/jasa perusahaan tersebut.

Upaya mendapatkan usulan dari pelanggan juga sulit diwujudkan apalagi kalau perusahaan tidak memperlihatkan timbal balik yang memadai terhadap pasien yang sudah bersusah payah berpikir menyumbangkan pandangan baru untuk perusahaan.

Survei kepuasan konsumen untuk mengenali kepuasan konsumen dapat dikerjakan dengan tata cara survei, baik lewat pos, telepon maupun wawancara langsung. Melalui survei perusahaan akan mendapatkan tanggapan dan umpan balik secara langsung dari konsumen sekaligus memperlihatkan tanda aktual bahwa perusahaan meletakkan perhatian kepada pelanggan.

Ghost Shopping

Metode ini dikerjakan dengan cara mempekerjakan beberapa orang (ghost shopes) untuk berperan sebagai konsumen/pembeli memiliki potensi produk perusahaan dan pesaing.

Selanjutnya gost shopes tersebut memberikan temuan-temuan mengenai kekuatan dan kelemahan produk perusahaan dan pesaing menurut pengalaman pasien dalam berbelanja produk tersebut. 

  Tolok Ukur Penanganan Kegawatan Obstetri Dan Neonatal