Pembacaan Al-Qur’An Menurut Mohammed Arkoun

Pembacaan Al-Qur’an Menurut Mohammed Arkoun

Aturan-hukum  metode  Arkoun  yang  hendak  diterapkannya terhadap  Al -Quran  (tergolong  kitab  suci  yang  lainnya)  terdiri  dari  dua kerangka raksasa:

1.  Mengangkat  makna  dari  apa  yang  mampu  disebut  dengan  sacra doctrina dalam Islam dengan menundukkan teks al-Qur‟an dan semua teks  yang  sepanjang  sejarah  anutan  Islam  telah berusaha menjelaskannya  (tafsir  dan  semua  literatur  yang  ada  kaitannya dengan  Al-Qur‟an  baik pribadi  maupun  tidak),  kepada  suatu ujian  kritis  yang  tepat  untuk  menghilangkan  kerancuan-kerancuan, untuk  menunjukkan  dengan  jelas  kesalahan-kesalahan, penyimpangan penyimpangan  dan  ketakcukupan-ketakcukupan,  dan untuk mengarah terhadap pelajaran-pelajaran yang senantiasa berlaku;

2.  Menetapkan  sebuah  kriteriologi yang  didalamnya  akan  dianalisis motif-motif yang  mampu dikemukakan oleh kecerdasan periode kini, baik untuk  menolak  maupun  untuk  mempertahankan konsepsi-konsepsi yang dipelajari. Dalam  mengangkat  makna  dari  Al-Qur‟an,  hal  yang  paling pertama  dijauhi  oleh  Arkoun  ialah  pretensi  untuk  memutuskan Kriteriologi  (kriteriology) adalah  himpunan  dari  banyak sekali  kriteria  atau  ukuran (critere);  Arkoun  mengatakan  contohnya, semua  teks  Arab  dari  kurun  pertengahan mematuhi  kriteriologi  yang  ketat,  yakni  himpunan iktikad  yang  membentuk banyak sekali  pra-pikiran  dari  setiap tindak  pemah aman  pada  kala tersebut. “makna  sesungguhnya  dari  Al-Qur‟an.  Sebab,  Arkoun  tidak  ingin membakukan  makna Al-Qur’an  dengan  cara  tertentu,  kecuali mendatangkan sebisa mungkin aneka ragam maknanya.

Untuk itu, pembacaan meliputi tiga saat (moment):

  1. sebuah  ketika  linguistis  yang  memungkinkan  kita  untuk  mendapatkan keteraturan dasar di bawah keteraturan yang tampak.
  2. Suatu  dikala  antropologi,  mengenali  dalam  Al-Qur’an  bahasanya yang bersusunan mitis. 
  3. Suatu  dikala  historis  yang  di  dalamnya  akan  akan  ditetapkan jangkauan dan batas-batas  tafsir logiko-leksikografis  dan  tafsirtafsir imajinatif yang sampai hari ini dicoba oleh kaum muslim.
  BPUPKI