22+ Bab-Bab Otak Dan Fungsinya Beserta Penjelasan [Lengkap]

Bagian-bab otak dan fungsinya – Otak ialah salah satu bagian yang penting dalam badan manusia. Otak menjadi sentra kontrol dan saraf bagi manusia sehingga bisa beraktivitas secara normal. Tentu otak mampu berfungsi alasannya adanya bab-bagian dan bagian yang terus bekerja melakukan fungsi masing-masing.

Secara lazim, beberapa fungsi otak yang paling esensial adalah sebagai struktur pusat pengaturan saraf serta mengendalikan proses berpikir dan bergerak manusia. Otak juga penting dalam mengontrol hal-hal emosional mirip perasaan, ingatan, emosi, akal sampai persepsi.

Meski terlihat simple, tetapi otak merupakan bab badan yang sangat kompleks dengan cara kerja yang tidak sederhana. Cara kerja otak pun dibagi menjadi beberapa komponen yang ada. Tiap bagian pada otak mempunyai struktur dan fungsi masing-masing yang berlainan.

bagian-bagian otak

Bagian-Bagian Otak

Berikut akan dibahas apa saja bab-bab otak pada insan beserta fungsi, struktur, dan penjelasannya lengkap.

1. Otak Besar (Cerebrum)

Otak besar merupakan bagian otak yang terbesar ukurannya. Nama yang lain adalah cerebrum. Permukaan luar otak besar disebut korteks serebri. Otak besar dibagi menjadi dua bagian, yaitu otak kiri dan otak kanan. Kedua bagian disebut selaku hemisfer sebelah kiri dan kanan.

Tiap bab menertibkan bab tubuh yang berlawanan, bagian kiri mengontrol badan bab kanan dan sebaliknya. Bagian hemisfer ini dibagi lagi menjadi bagian yang disebut selaku lobus.

  • Lobus frontalis (bagian depan), berfungsi mengontrol gerakan dan memori, proses berpikir, pemecahan masalah, pengambilan keputusan, dan mengendalikan emosi.
  • Lobus parietal (bagian atas), berfungsi mengatur sentuhan dan tekanan serta menertibkan orientasi spasial atau pengertian wacana ukuran, bentuk, dan arah.
  • Lobus temporal (bagian samping), berfungsi mengontrol indra pendengaran, ingatan, dan emosi serta dalam fungsi bicara.
  • Lobus oksipital (bagian belakang), berfungsi menertibkan fungsi pandangan.
  √ Metode Crossover Pada Speaker Elektronik

2. Otak Kecil (Cerebellum)

Otak kecil disebut juga selaku cerebellum. Letaknya ada di bab belakang, tepatnya di bawah lobus oksipital. Fungsi otak kecil penting untuk mengontrol keseimbangan, pergerakan, dan koordinasi tubuh serta untuk kesanggupan motorik dan koordinasi anggota tubuh.

Secara umum, bab otak kecil dibagi menjadi 3 (tiga) bagian yaitui:

  • Spinoserebelum, berfungsi untuk mengatur kemampuan otot dan gerakan tubuh.
  • Vestibuloserebelum, berfungsi untuk mengendalikan dan mempertahankan keseimbangan pergerakan mata.
  • Sereberoserebelum, berfungsi menyimpan memori, melaksanakan perencanaan, dan menginisiasi gerakan yang disadari.

3. Batang Otak

Batang otak merupakan bagian otak yang terdapat di depan otak kecil. Bagian ini menyambung ke susunan saraf di tulang belakang. Batang otak disebut juga selaku brainsteam.

Batang otak mempunyai fungsi yang penting, sebab beliau bertugas untuk berbagi info dari otak ke seluruh badan. Batang otak kemudian dibagi lagi menjadi 3 (tiga) bab utama, yakni:

  • Otak tengah, berfungsi untuk mengatur pergerakan mata memproses info visual dan suara yang diterima oleh otak.
  • Pons, berfungsi menghubungkan aneka macam bab otak, pergerakan muka dan mengirimkan isu sensori ke otak.
  • Medulla oblongata, berfungsi sebagai pusat pengaturan fungsi jantung dan paru-paru.

4. Sistem Limbik

Sistem limbik ialah bagian otak yang berhubungan dengan perasaan atau emosi insan. Letaknya ada di bawah bab otak besar. Dalam bab ini, berisikan beberapa unsur, di antaranya ialah talamus, hipotalamus, amigdala, dan hippocampus.

  • Talamus, berfungsi selaku terminal transit untuk memproses dan memindahkan info perihal pergerakan sensor di otak.
  • Hipotalamus, berfungsi mengatur rasa lapar dan haus, mengontrol suhu badan dan tekanan darah, serta mengontrol siklus tidur.
  • Amigdala, berfungsi untuk mengolah ingatan, pengambilan keputusan, dan reaksi emosi. 
  • Hippocampus, berfungsi membentuk memori spasial dan navigasi serta membentuk kenangan baru yang berafiliasi dengan peristiwa yang telah dialami.
  Proses Fotosintesis Pada Flora Beserta Pengertian & Persamaan Reaksinya

4. Ganglia basalis

Ganglia basalis ialah bab otak yang berupa sekelompok struktur yang mengelilingi sebagian dari talamus di otak. Fungsinya penting untuk mengontrol pergerakan serta untuk mengorganisir pesan untuk disampaikan atau diantarkan antara beberapa bagian otak.

Bagian ganglia basal ini juga dihubungkan ke otak bab tengah oleh dua unsur yang dinamakan red nuclei atau sel saraf berwarna merah, serta substantia nigra.

Selain bagian-bab di atas, ada juga beberapa bab otak lain yang memiliki fungsi masing-masing, yakni sebagai berikut:

  • Cairan serebrospinal, berfungsi menghilangkan produk limbah atau sisa metabolisme dari otak serta melindungi otak dan saraf tulang belakang.
  • Meninges, berfungsi selaku penutup dan pelindung otak serta saraf tulang belakang. 
  • Corpus callosum, berfungsi menghubungkan atau mengkomunikasikan antara kedua pecahan otak kanan dan otak kiri.
  • Kelenjar pituitari, berfungsi menghasilkan hormon untuk menertibkan dan merangsang kelenjar lain di tubuh untuk melakukan pekerjaan .
  • Kelenjar pineal, berfungsi dalam perkembangan seksual serta memproduksi hormon melatonin untuk teladan tidur.
  • Ventrikel, berfungsi untuk menghasilkan cairan serebrospinal dan terdiri dari 4 (empat) ventrikel.
  • Saraf kranial, berfungsi dalam indra pandangan, pendengaran, penciuman, perasa, verbal muka, keseimbangan, dan mengatur otot-otot organ internal.

Nah itulah referensi bagian-bagian otak beserta fungsi dan penjelasannya. Otak manusia mempunyai aneka macam komponen yang mempunyai struktur dan fungsi masing-masing dalam proses berpikir, menalar, bergerak, keseimbangan, dan lain-lain.