close

Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan Dalam Bentuk Tabel & Gambar

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan – Hewan dan flora ialah dua jenis klasifikasi makhluk hidup yang sering kita temui di sekitar kita. Baik binatang maupun flora juga mempunyai sel-sel penyusunnya layaknya makhluk hidup lain. Terdapat perbedaan sel flora dan sel hewan yang mampu kita amati dari beberapa bagian dan fungsinya.

Struktur hewan dan tanaman memang cukup berlawanan jauh. Dari sisi fisik, cara bertahan hidup, karakteristik sampai jenis-jenisnya, jelas sekali bila binatang sangat berlainan dari flora. Tumbuhan yakni organisme yang bisa menghasilkan kuliner sendiri lewat proses fotosintesis, sementara hewan mesti mencari masakan sendiri.

Perbedaan hewan dan tanaman lebih lanjut dapat dilihat dari sel-selnya. Terdapat perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan yang cukup menonjol . Bagian-bagian sel binatang terperinci berbeda dibandingkan bagian-bagian sel tanaman. Dalam postingan ini akan dibahas perbedaan sel tumbuhan dan binatang beserta penjelasannya.

(baca juga perbedaan mitosis dan meiosis)

perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Apa sajakah perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan. Faktanya perbedaan keduanya dapat dilihat pada beberapa unsur dan bagian. Ada beberapa bab yang hanya dimiliki oleh sel binatang, tetapi ada juga bagian tertentu yang cuma dimiliki sel tanaman.

Perbedaan sel binatang dan tanaman yang paling utama mampu dilihat pada beberapa bagian utama seperti dinding sel, sentriol, vakuola, plastida dan lisosom. Berikut klarifikasi perihal perbedaan sel binatang dan sel tumbuhan beserta fungsinya yang paling utama.

1. Dinding Sel

  50+ Acuan Benda Gas Di Sekitar Kita Beserta Ciri-Ciri Dan Sifatnya

Perbedaan sel hewan dan sel flora yang utama adalah dilihat dari dinding selnya. Sel flora mempunyai dinding sel, sementara sel hewan tidak mempunyai dinding sel.

Dinding sel pada tanaman berfungsi mempertahankan bentuk sel dan menunjukkan dukungan kepada sel. Dinding sel ini berisikan selulosa dan hemiselulosa.

Sementara sel binatang tidak mempunyai dinding sel. Sel hewan cuma memiliki membran plasma sebagai batas terluar sel hewan.

2. Sentriol

Hal yang mendasari perbedaan sel hewan dengan sel tumbuhan yang selanjutnya adalah sentriol. Sentriol hanya ditemui di sel hewan saja dan tidak ada pada sel tumbuhan.

Sentriol merupakan sepasang struktur yang berupa mirip silinder dengan lubang tengah yang tersusun dari protein mikrotubulus.

Fungsi sentriol pada sel hewan yakni untuk mengendalikan polaritas pembelahan sel dan pembentukan silia serta flagela dan pemisahan kromosom saat pembelahan sel.

3. Vakuola

Perbedaan sel hewan dan flora selanjutnya dapat dilihat pada vakuola. Sel flora pasti memiliki vakuola, sementara pada sel hewan mampu memiliki atau tidak mempunyai vakuola.

Vakuola pada sel tumbuhan mempunyai ukuran yang besar dan cukup menonjol. Fungsi vakuola pada sel flora yaitu untuk memasukkan air melalui tonoplas dan sebagai gudang sel yang mengandung air dan zat terlarut lainnya.

Sementara sel hewan ada yang memiliki vakuola, tetapi ada juga yang tidak. Biasanya vakuola hanya dijumpai pada hewan bersel satu dan ukurannya relatif kecil.

4. Plastida

Plastida juga menjadi hal yang menjadi perbedaan sel tanaman dan sel binatang. Sel tumbuhan memiliki plastida, tetapi sel binatang tidak mempunyai plastida.

Sel tumbuhan mengandung plastida yang di dalamny terdapat kloroplas. Fungsi kloroplas menciptakan tanaman bisa membuat kuliner mereka sendiri atau dikenal selaku autotrof.

  7+ Fungsi Akar Pada Tumbuhan Beserta Jenis-Jenis Dan Bagiannya

Kloroplas atau zat hijau daun ini berfungsi selaku kawasan fotosintesis pada flora. Sementara sel binatang tidak mempunyai plastida sehingga tidak mampu menghasilkan kuliner sendiri.

5. Lisosom

Hal lain yang membedakan sel hewan dan sel flora yaitu ada tidaknya lisosom. Lisosom hanya dimiliki oleh sel binatang saja, sementara sel tumbuhan tidak memilikinya.

Sel hewan mengandung lisosom dalam sitoplasma. Lisosom mengandung sejumlah enzim. Fungsinya adalah untuk menolong dalam pencernaan atau pemecahan zat dalam sel hewan.

Sementara pada sel tanaman jarang yang memiliki lisosom. Bahkan hampir tidak pernah memiliki lisosom di dalam kandungan sel flora.

Tabel Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Selain yang sudah dijelaskan di atas, ada banyak perbedaan lain antara sel flora dan sel hewan. Untuk lebih lengkapnya, berikut akan dijelaskan poin-poin perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan dalam bentuk tabel pada tiap-tiap perbedaan.

No Perbedaan Sel Tumbuhan Sel Hewan
1 Dinding Sel Ada Tidak Ada
2 Plastida Ada (kromoplas, kloroplas dan leukoplas) Tidak Ada
3 Sentriol Tidak Ada Ada
4 Vakuola Ada, berukuran besar Ada, berskala kecil
5 Sambungan antar sel Plasmodesmata Desmosome, tight junction
6 Tingkat Totipotensi Sangat tinggi Rendah
7 Ketahanan Tekanan Kuat alasannya dinding sel Lemah tanpa vakuola kontraktil
8 Sitokinesis sel Membentuk lempeng mitosis Membentuk furrowing
9 Pembentukan Spindle Secara anastral Secara amphiastral
10 Flagela Jarang, hanya pada sperma tumbuhan tertentu Sering didapatkan
11 Silia Sangat jarang Sering didapatkan
12 Ukuran Sel Besar Kecil
13 Organel Respirasi Kloroplast (plastida) dan mitokondria Mitokondria
14 Sentrosom/Sentriol Tidak ada, jarang didapatkan Ada
15 Letak Inti Sel Berada di pheriperal sitoplasma Berada di tengah sel
16 Elastisitas jaringan Rendah, sebab adanya dinding sel Tinggi, tidak adanya dinding sel
17 Bentuk Sel Bentuk sel tumbuhan kaku, jarang berubah bentuk kecuali derivat sel Berbagai macam, dapat berubah-ubah bentuk dan tidak kaku
18 Glioksisom Ada Tidak ada, jarang didapatkan
19 Lisosom Jarang ditemukan Umumnya banyak terdapat dalam sel hewan
20 Matriks Ekstraselular Tidak ada Ada

Gambar Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Berikut ialah perbedaan sel binatang dan sel tanaman beserta gambarnya, ditampilkan dalam bentuk gambar semoga lebih mudah dimengerti.

perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

Nah itulah referensi perbedaan sel binatang dan sel tumbuhan beserta fungsinya dan penjelasan lengkapnya. Ada beberapa hal yang menjadi perbedaan sel flora dan sel binatang yang ditampilkan dalam bentuk tabel di atas. Semoga mampu menjadi rujukan wawasan.