Soal Opsi Ganda Ips Kelas 8 Semester 2 Bab 4 Asyiknya Mempelajari Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat Ke Indonesia + Kunci Jawabannya Sekolahmuonline.Com

Soal Pilihan Ganda IPS Kelas 8 Semester 2 Bab 4 Asyiknya Mempelajari Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat ke Indonesia + Kunci Jawabannya sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline posting teladan soal opsi ganda Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 8 Sekolah Menengah Pertama/MTs Semester 2 (Semester Genap) Bab 4 Asyiknya Mempelajari Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat ke Indonesia lengkap dengan kunci balasan dan pembahasannya. Silakan dibaca dan dipelajari, agar berguna.
 berikut ini Sekolahmuonline posting contoh soal pilihan ganda Ilmu Pengetahuan Sosial  Soal Pilihan Ganda IPS Kelas 8 Semester 2 Bab 4 Asyiknya Mempelajari Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat ke Indonesia + Kunci Jawabannya   sekolahmuonline.com

Soal Pilihan Ganda IPS Kelas VIII Semester 2 Bab 4 Asyiknya Mempelajari Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat ke Indonesia

Jawablah soal-soal dibawah ini dengan menentukan aksara A, B, C, atau D pada balasan yang benar dan sempurna!

1. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Bangsa Eropa sungguh membutuhkan rempah-rempah
2) Bangsa Barat datang ke Indonesia untuk mencari kekayaan
3) Bangsa Barat tidak senang dengan imperialisme terbaru
4) Bangsa Barat datang ke Indonesia untuk mencari kejayaan
5) Bangasa Barat mengalami kemajuan Revolusi Industri

Pernyataan di atas yang menjadi aspek pendorong hadirnya bangsa Barat ke Indonesia ditunjukan pada nomor…
a. 1), 2), dan 3)
b. 1), 2), dan 4)
c. 2), 3), dan 4)
d. 2), 3), dan 5) 

Kunci Jawaban: B
Pembahasan:
Beberapa aspek yang menjadikan bangsa Barat datang ke Indonesia antara lain:
1) Jatuhnya Konstantinopel yang menjadikan harga rempah-rempah di Eropa mahal,
2) Revolusi Industri yang mendorong terciptanya beberapa penemuan yang memicu bangsa Barat melakukan aneka macam petualangan. Penemuan tersebut antara lain kompas, mesin pemintal, dan mesin uap,
3) Motivasi 3G (gold, glory, dan gospel).

2. Imperialisme yang berkembang pada era sebelum Revolusi Industri yang terkenal dengan semboyan Gold, Gospel, dan Glory meningkat pada abad…
a. terbaru imperialism
b. old imperialism
c. acient imperialism
d. new imperialism

Kunci Jawaban: C
Pembahasan:
Acient imperialism disebut juga dengan imperialisme kuno yang berkembang pada kurun sebelum Revolusi Industri dengan semboyan Gold, Gospel, and Glory (Kekayaan, Penyebaran Agama, dan Kejayaan). Modern imperialism disebut juga dengan imperialisme modern yang betujuan untuk memperoleh perkembangan ekonomi. Muncul sehabis Revolusi Industri dalam rangka mencari bahan mentah yang banyak dan pasar yang luas.

3. Tokoh penjelajah samudra yang berprofesi sebagai saudagar dari Venesia, Italia bernama…
a. John Cabot
b. James Cook
c. Amerigo Vespucci
d. Marco polo

Kunci Jawaban: D
Pembahasan:
Marco Polo yaitu seorang pedagang dan penjelajah Italia yang pernah menyusuri jalan sutera. Ia pergi ke Tiongkok semasa berkuasanya Dinasti Mongol. Ia berguru perihal perdagangan selagi ayah dan pamannya, Niccolo dan Maffeo, melaksanakan perjalanan melalui Asia dan tampaknya bertemu Kubilai Khan. Pada 1269, mereka kembali ke Venesia dan bertemu Marco untuk pertama kalinya. Mereka bertiga mengawali suatu perjalanan epik ke Asia, dan kembali sesudah 24 tahun, memperoleh Venice berperang dengan Geno. Marco dipenjarakan, dan mengisahkan kisah kepada teman satu selnya. Ia dibebaskan tahun 1299, menjadi pedagang kaya, menikah dan punya tiga anak.

– John Cabot
Giovanni Caboto atau John Cabot (skt. 1450–skt. 1499) yakni navigator dan penjelajah Italia. Ia yakni orang Eropa pertama setelah bangsa Viking yang mendapatkan daratan Amerika Utara. Menurut persepsi resmi pemerintah Kanada dan Britania Raya, dia mendarat di pulau Newfoundland.

– James Cook
James Cook yaitu seorang penjelajah dan navigator Inggris. Ia menyelenggarakan tiga perjalanan ke Samudra Pasifik dan sukses menentukan garis-garis pantai terutama. Cook juga menciptakan peta. Cook yaitu orang Eropa pertama yang mengunjungi Hawaii.

– Amerigo Vespucci
Amerigo Vespucci (9 Maret 1451 – 22 Februari 1512) yaitu seorang pedagang, penjelajah, dan pembuat peta dari Italia. Ia memegang peranan penting dalam penjelajahan pantai timur Amerika Selatan antara tahun 1499 dan 1502. Dalam perjalanannya yang kedua, beliau diketahui luas selaku orang Eropa pertama yang menyadari bahwa Amerika Selatan memanjang ke selatan lebih jauh dari yang diperkirakan oleh orang Eropa ketika itu, dan menyimpulkan bahwa kawasan itu bukanlah India, melainkan benua gres. Pada 1507, Martin Waldseemüller mempublikasikan suatu peta dunia dan memberi benua baru ini dengan nama “Amerika” menurut nama Latin Amerigo Vespuci Americus selaku penghormatan bagi pelopor benua gres, Amerika.

4. Ambisi bangsa Eropa datang ke daerah Timur tergolong tiba ke Indonesia berkaitan dengan adanya semangat bangsa-bangsa Barat untuk melanjutkan Perang Salib dan sekaligus menyebarkan agama Kristen. Hal ini ialah aspek pendorong kehadiran bangsa Barat dari faktor…
a. glory
b. gold
c. gospel
d. good 

Kunci Jawaban: C
Pembahasan:
Gospel yakni harapan bangsa Barat untuk menyebarluaskan atau mengajarkan agama Katolik khususnya agama Nasrani ke bangsa Asia, Afrika, dan Amerika Selatan. Glory impian bangsa Barat untuk mencari kejayaan, dan Gold ialah tujuan bangsa Barat ke Indonesia untuk mencari kekayaan.

5. Imperialisme modern muncul sesudah terjadinya Revolusi Industri, karena bertujuan…
a. melaksanakan pembalasan terhadap negara dan bangsa lain
b. memperkuat pertahanan militer bagi bangsa Barat
c. menimbun kekayaan berupa logam mulia bagi bangsa Barat
d. mengembangkan perekonomian bangsa bangsa Barat

Kunci Jawaban: D
Pembahasan:
Modern imperialism disebut juga dengan imperialisme modern yang bertujuan untuk menemukan pertumbuhan ekonomi. Muncul sesudah Revolusi Industri dalam rangka mencari bahan mentah yang banyak dan pasar yang luas.

6. Kedatangan bangsa Barat ke Indonesia berhubungan dengan bangsa Barat yang gemar berpetualang dari daerah satu ke kawasan lain selaku wujud mencari kemuliaan, keharuman atau kejayaan. Hal ini merupakan aspek pendorong kedatangan bangsa Barat dari aspek…
a. glory
b. gold
c. gospel
d. good 

Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
Glory ialah keinginan bangsa Barat untuk mencari kejayaan, dan Gold ialah tujuan bangsa Barat ke Indonesia untuk mencari kekayaan. Sedangkan Gospel yaitu cita-cita bngsa Barat untuk menyebarluaskan
atau mengajarkan agama Nasrani terutama agama Katolik ke bangsa Asia, Afrika, dan Amerika Selatan.

7. Politik pintu terbuka yang diterapkan pemerintah Hindia Belanda mengandung arti…
a. warga negara ajaib bisa menanamkan modal dan mengembangkan industri di Indonesia
b. pemerintah Hindia Belanda bisa mendapatkan setiap ide nasionalis dari penduduk asli Indonesia
c. warga pribumi berhak menerima pendidikan dan info yang terbuka dari pemerintah Belanda
d. setiap warga negara aneh bisa datang dan tinggal di Indonesia dalam jangka waktu yang lama

Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
Politik Pintu Terbuka memperlihatkan hak terhadap kaum pribumi untuk mempunyai dan menyewakan tanah kepada pengusaha swasta. Saat itu Indonesia juga dibuka untuk kepentingan modal aneh. Modal asing utamanya disertakan dan dikembangkan dalam sektor pertanian, karet, teh, tembakau, kopi, dan pertambangan minyak bumi.

8. Pergantian atau perubahan secara menyeluruh dalam memproduksi barang dari sebelumnya menggunakan tenaga manusia dan hewan menjadi tenaga mesin yaitu bentuk dari…
a. Era Industri
b. Evolusi Industri
c. New Industri
d. Revolusi Industri 

Kunci Jawaban: D
Pembahasan:
Revolusi Industri merupakan pergantian atau perubahan secara menyeluruh dalam memproduksi barang dari sebelumnya menggunakan tenaga manusia dan binatang menjadi tenaga mesin. Hal ini menyebabkan produksi lebih efisien, biaya buatan mampu di tekan, serta barang mampu dibuat dalam jumlah besar dan cepat.

9. Ekspedisi pertama Belanda ke Indonesia dipimpin oleh…
a. Jan Pieterszoon Coen
b. Jacob van Neck
c. Cornelis de Houtman
d. Pieter Both 

Kunci Jawaban: C
Pembahasan:
Cornelis de Houtman yakni bangsa Belanda yang memimpin armadanya tiba di Pelabuhan Banten pada tahun 1596. Jan Pieterszoon Coen ialah Gubernur Jenderal VOC yang memindahkan kantor dagang VOC dari Maluku ke Jayakarta (Jakarta). Pieter Both ialah Gubernur Jenderal VOC yang pertama. Jacob van Neck yakni seorang perwira angkatan bahari berkebangsaan Belanda yang memimpin ekspedisi kedua Belanda ke Indonesia dari 1598 hingga 1599.

10. Perhatikan data berikut!
1) Perjalanan diawali dari kota Libason
2) Melakukan pelayaran pertama menyusuri pantai barat Afrika
3) Dipimpin oleh Bartholomeus Diaz

Data-data di atas, mengambarkan pelayaran yang dijalankan bangsa…
a. Inggris
b. Portugis
c. Belanda
d. Spanyol 

Kunci Jawaban: B
Pembahasan:
Perjalanan bangsa Portugis dalam mencari sumber rempah-rempah diawali dari kota Libason pada tahun 1486 yang dipimpin oleh Bartolomeus Diaz. Mereka melaksanakan pelayaran pertama menyusuri pantai barat Afrika bermaksud ke India tetapi gagal.

11. Persekutuan jualan milik Inggris berjulukan…
a. EIC (East Indian Company)
b. EIC (Eastern Indian Company)
c. EIC (Europen Indian Company)
d. EIC (Earned Indian Company)

Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
EIC akronim dari (East Indian Company) merupakan persekutuan dagang milik Inggris, didalamnya bergabung para pengusaha Inggris. Walaupun mereka datang ke Indonesia namun tidak terlampau banyak pengaruhnya mirip halnya Belanda.

12. Pernyataan yang benar dari kedatangan bangsa Belanda ke Indoneia yakni…
a. pada tahun 1596, armada Cornelis de Houtman datang di Pelabuhan Maluku
b. pada tahun 1596, armada Cornelis de Houtman tiba di Pelabuhan Banten
c. pada tahun 1596, armada Cornelis de Houtman tiba di Pelabuhan Makassar
d. pada tahun 1596, armada Cornelis de Houtman datang di Pelabuhan Malaka

Kunci Jawaban: B
Pembahasan:
Pada tahun 1595 seorang pelaut Belanda yang bernama Cornelis de Houtman memimpin ekspedisi ke Indonesia. Mereka mengarungi ujung selatan Afrika, berikutnya ke timur melalui Samudra Hindia. Ahirnya pada tahun 1596 armadanya datang di Pelabuhan Banten lewat Selat Sunda.

13. Gubernur Jenderal VOC yang pertama yakni…
a. Cornelis de Houtman
b. Pieterszoon Coen
c. Antonio de Abreu
d. Pieter Both

Kunci Jawaban: D
Pembahasan:
Pieter Both yakni Gubernur Jenderal VOC yang pertama.
Antonio de Abreu ialah perwira kelautan berkebangsaan Portugal. Ia bareng Albuquerque dalam pendudukan Malaka tahun 1511 dan memimpin ekspedisi Eropa pertama menuju Timor dan Kepulauan Banda pada tahun 1512. Cornelis de Houtman ialah bangsa Belanda yang memimpin armadanya datang di Pelabuhan Banten pada tahun 1596. Jan Pieterszoon Coen ialah Gubernur Jenderal VOC yang memindahkan kantor jualan VOC dari Maluku ke Jayakarta (Jakarta).

14. Gubernur Jenderal yang memindahkan kantor dagang VOC dari Maluku ke
Jayakarta yakni…
a. Jan Pieterszoon Coen
b. Antonio va Diemon
c. Pieter Both
d. Fransisco Serao

Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Jan Pieterszoon Coen merupakan Gubernur Jenderal VOC yang memindahkan kantor dagang VOC dari Maluku ke Jayakarta (Jakarta).
– Antonio van Diemen yakni Gubernur-Jenderal Hindia Belanda yang ke-9. Ia memerintah antara tahun 1636 – 1645.
– Pieter Both ialah Gubernur Jenderal VOC yang pertama. Fransisco Serao adalah penjelajah Portugis dan sepupu Fernão de Magalhães. Perjalanannya pada tahun 1512 merupakan penjelajahan pertama bangsa Eropa melintasi Malaka melewati Nusantara. Ia diangkat selaku penasihat langsung Sultan Bayanullah dari Ternate. Ia tetap di Kesultanan Ternate hingga ketika kematiannya yang bertepatan tahunnya dengan akhir hayat Fernao de Magalhaes

15. Alasan pemindahan kantor VOC ke Jayakarta sebab Jayakarta…
a. sentra rempah-rempah di Indonesia
b. pusat jual beli di Indonesia
c. lebih strategis selaku lalu lintas perdagangan
d. memperluas efek ekonomi

Kunci Jawaban: C
Pembahasan:
Pemindahan pusat jualan dipindahkan dari Maluku ke Jayakarta (Jakarta) alasannya adalah VOC menatap bahwa Jakarta lebih strategis selaku lalu lintas jual beli. Selain itu Belanda ingin menyingkirkan saingan mereka, adalah Portugis di Malaka pada zaman Gubernur Jenderal VOC Jan Pieterszoon Coen.

Untuk soal essay atau uraian bagian ini silahkan baca artikel Sekolahmuonline yang berjudul:
  Soal Essay Ips Kelas 8 Semester 2 Bagian 4 Asyiknya Mempelajari Kehadiran Bangsa-Bangsa Barat Ke Indonesia + Kunci Jawabannya Sekolahmuonline.Com
Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyuguhkan acuan soal opsi ganda atau multiple choice mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 8 SMP/MTs Bab 4 Asyiknya Mempelajari Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat ke Indonesia lengkap dengan kunci balasan dan pembahasannya. Silahkan baca-baca artikel Sekolahmuonline yang lainnya. Selamat dan semangat berguru.

Lengkap soal UKK/PAT dan kunci tanggapan serta pembahasannya silahkan baca postingan Sekolahmuonline yang berjudul: