Geografi Bukan Hanya Sekedar Menghapal Kawasan

Jika kalian mencar ilmu geografi maka hal pertama yang niscaya terpikirkan adalah menghapal negara, sungai, gunung api, danau atau lainnya. 

Memang benar pada dasarnya geografi adalah ilmu yang mempelajari ihwal lokasi. Tapi apakah hanya sebatas menghapal lokasi lalu simpulan?. 

Untuk ukuran anak Sekolah Dasar atau SMP mungkin pengertian geografi hanya hingga level tersebut.

Jauh menyelam ke dalam geografi, ilmu ini bukan hanya sebatas untuk mengenali daerah saja. 

Ada aneka macam macam pertanyaan lagi yang mesti dituntaskan, contohnya bila kamu bertanya ihwal negara Islandia maka pertanyaannya akan sangat banyak. 

1. Dimana lokasi Islandia?

2. Mengapa Islandia berada di tengah Samudera Atlantik?

3. Bagaimana kondisi geografis dan kependudukan negara tersebut?

4. Mengapa negara tersebut banyak terdapat gunung api?

5. dll

Jika kalian belajar geografi maka hal pertama yang pasti terpikirkan adalah menghapal nega Geografi Bukan Hanya Sekedar Menghapal Tempat
DT Dieng, pic:http://www.embunpagitours.com/
Tentu jawabannya bisa menjadi satu makalah atau buku. Geografi mendeskripsikan wacana suatu lokasi dan karakteristiknya. 

Masih banyak anggapan yang menganggap geografi masih kalah mentereng dari ilmu lainnya padahal ilmu itu bukan dilihat dari prestige nya tapi sejauhmana kebermanfaatannya bagi umat insan, bukan?

Berbagai macam masalah dalam tatanan ruang permukaan bumi kini semakin kompleks. Kemacetan, pencemaran lingkungan, kriminalitas dan yang lain. 

Semua ilmu tergolong geografi harus terus berperan dalam menanggulangi hal tersebut. 

Kalian pasti tahu kan Majalah atau Siaran National Geographic. Negara maju (Amerika) jauh berkembang pesat dalam menimbulkan ilmu geografi selaku “brand” dan menjadi salah satu siaran ilmu pengetahuan yang sungguh manis. 

Jadi beruntunglah keluarga yang berlangganan TV Kabel sebab mampu menonton acara tersebut. 

Makara geografi yaitu ilmu yang sungguh komperhensif dan membutuhkan kajian mendalam dalam mengerti lokasi. Baca juga: Makara Surveyor Geologi, gaji besar, Mau?