Contoh Soal Sejarah Esai Kelas 10 (Bab 1) Beserta Jawabannya

Inilah Prediksi Soal-Soal yang kemungkinan besar keluar di Pelajaran Sejarah Kelas 10 Sekolah Menengan Atas Kategori Soal Esai.
Besar kemungkinan anda untuk mendapatkan nilai yang anggun jauh lebih tinggi dan lebih besar dari teman kalian yang tidak berguru latihan soal-soal ini.
Berikut dibawah ini acuan soalnya.
1. Jelaskan korelasi antara sejarah, pohon, dan silsilah dalam kaitannya dengan definisi sejarah secara etimologis.
Jawabannya:
Secara etimologis, kaata sejarah berasal dari bahasa Arab Syajaratun yang artinya ‘pohon’. Sebagai simbol kehidupan, pohon, dari akar sampai daunnya saling berhubungan. Seperti pohon, sejarah pada setiap peristiwanya berkaitan dan saling memengaruhi kala yang akan tiba. Definisi ini juga merujuk pada silsilah, khususnya silsilah raja atau dinasi pada kala kemudian.
2. Mengapa tidak semua peristiwa era lalu dapat disebut sebagai insiden sejarah?
Jawabannya:
Karena hanya kejadian yang bersifat penting, kekal, dan unik yang dapat disebut sebagai peristiwa sejarah melalui rekontruksi sejarah untuk menandakan bahwa kejadian itu sungguh-sungguh terjadi dari data-data yang telah teruji.
3. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut.
– Herodotus: Sejarah bercerita ihwal penyebab insan melakukan aneka macam tindakan.
– Ibnu Khaldun: Sejarah bercerita tentang perubahan-pergeseran dalam masyarakat atau peradaban manusia.
– Moh. Ali dalam bukunya Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia: Sejarah yakni dongeng atau ilmu ihwal perubahan-pergantian yang terjadi dalam kehidupan insan bersifat kekal, penting, dan unik.
– Kuntowijoyo dalam bukunya Pengantar Ilmu Sejarah: Sejarah yaitu rekonstruksi masa kemudian dari yang dipikirkan, dikatakan, dikerjakan, dirasakan, dan dialami oleh manusia.
Buatlah simpulan berkaitan dengan pengertian sejarah dari keempat tokoh tersebut.
Jawabannya:
Pengertian sejarah dari keempat tokoh itu yakni Sejarah yaitu ilmu atau kisah tentang pergantian-pergeseran yang terjadi, penyebab manusia melaksanakan aneka macam langkah-langkah, peradaban insan itu sendiri dari periode lalu yang dipikirkan, dikatakan, dikerjakan, dirasakan, dan dialami oleh manusia lalu direkonstruksi sehingga setiap peristiwa yang bersifat abadi, penting dan unik mampu didokumentasikan dan disebarkan selaku fakta akan peradaban manusia di kala kemudian.
4. Apa yang dimaksud dengan sejarah objektif dan sejarah subjektif?
Jawabannya:
Sejarah objektif yakni hal yang dipikirkan, dikatakan, dirasakan, dan dialami oleh insan dalam ruang dan waktu. Sedangkan Sejarah subjektif yakni orang yang meneliti sejarah.
5. Bagaimanakah kekerabatan sejarah dengan rancangan ruang dan waktu?
Jawabannya:
Hubungannya yaitu bahwa manusia, duang, dan waktu tidak mampu dipisahkan karena setiap peristiwa sejarah yang dialami insan pada kala lampau berlangsung dalam ruang dan waktu tertentu.
6. Jelaskan tujuan berpikir sinkronik dan diakronik dalam mempelajari sejarah.
Jawabannya:
Tujuan berpikir diakronik yaitu untuk menyaksikan perubahan yang terjadi dalam proses perkembangan insiden sejarah tersebut. Sedangkan tujuan berpikir sinkronik yakni menyaksikan perubahan segala sesuatu yang bersangkutan dengan peristiwa yang terjadi pada sebuah periode.
7. Apa yang dimaksud tugas sejarah dalam memperkokoh identitas bangsa? Jelaskan diikuti acuan.
Jawabannya:
Sejarah berperan penting membentuk identitas dan kepribadian bangsaa. Suatu masyarakat atau bangsa tak mungkin akan mengenal identitas dan perkembangan mereka sampai kini ini tanpa mengenal sejarah. Sejarah dan identitas bangsa mempunyai hubungan timbal-balik. Akar sejarah yang dalam dan panjang akan memperkokoh eksistensi, identitas, serta kerpibadian sebuah bangsaa. Dengan demikian, sebuah bangsaa akan besar hati dan mengasihi sejarahnya.
8. Jelaskan peran manusia sebagai aktivis dalam sejarah.
Jawabannya:
Peran insan menjadi pencetus dalam sejarah atau insiden hidupnya dalam rangka mewujudkan pergeseran dan kemajuan yang dicita-citakannya. Perannya dalam insiden sejarah layaknya pemeran utama dalam drama. Pemeran utama dalam drama menyebabkan manusia selaku pencipta, pelaku, penutur, dan sekaligus sebagai sumber sejarah
9. Jelaskan konsep pergeseran dan keberlanjutan dalam sejarah
Jawabannya:
Konsep perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah dapat kita ketahui dengan cara membandingkan dua atau lebih insiden atau keadaan pada masa lalu sebab setiap kejadian tidak bangkit sendiri dan tidak terpisahkan dari kejadian lain. Rangkaian insiden yang ada ialah peristiwa yang berkesinambungan dan menjadikan suatu pergantian.
10. Jelaskan lima manfaat mencar ilmu sejarah.
Jawabannya:
1) Sebagai bimbingan moral dan politik (Segala peristiwa baik-buruk yang terjadi mampu dijadikan bimbingan dalam menghadapi masalah yang terjadi pada kala sekarang dengan jalan keluar atau pesan tersirat yang bisa kita ambil)
2) Sarana mengenal lebih akrab bangsa sendiri dan bangsa-bangsa lain (Mengetahui segala peristiwa abad lalu mulai dari peradaban sampai kebudayaan dan peninggalan yang menambah wawasan kita).
3) Memperkokoh identitas bangsa (Membuat kita gembira akan sejarah bangsa kita sendiri).
4) Latihan berpikir menyeluruh (Holistik) dan Multiperspektif (Melatih untuk berpikir segala arah dalam menatap suatu peristiwa).
5) Melatih berpikir diakronik dan sinkronik (Melatih untuk berpikir memanjang dalam waktu dan melebar dalam ruang)
Lanjut ke soal nomor 11 hingga dengan soal nomor 20.