Pengertian Iklan, Jenis-Jenis Iklan, Ciri-Ciri Iklan Dan Acuan Iklan

Pengertian Iklan
Iklan yaitu isu yang dihidangkan melalui media massa, buletin atau surat edaran yang bertujuan untuk memberitahukan atau mempromosikan sebuah barang atau jasa kepada khalayak untuk kepentingan bisnis, pengumuman, atau pelayanan publik. Iklan terdiri atas iklan keluarga, usul, pengumuman, penerangan, niaga, lowongan pekerjaan, dan sebagainya.
Ciri-ciri bahasa iklan:
(1)  Kalimatnya singkat; cuma menonjolkan bab-bab yang dipentingkan.
(2)  Uraian bersifat informatif dan persuasif.
(3)  Menggunakan kata-kata yang terpilih dan menarik perhatian orang untuk mengenali, menjajal , atau ingin mempunyai.
Contoh iklan:
“OTELLO MOTOR”

Cicilan Mulai 333 Rb dapat Otelo Motor
Proses Praktis & Cepat
READY STOCK SEMUA TYPE
AW MAKMUR SEJATI
Sales – Sevice – Spare Part
Jl. Kayu Gede 1 Serpong
Tangerang – Banten
Telp. (021) 918 643 92 
Contoh iklan berbentuk karangan:
“Si Mungil dengan Suara Maksi”
Punya ruangan hiburan ala bioskop di rumah memang menggembirakan, meskipun Anda mesti merogoh kocek agak dalam kerenanya. Tapi kalau dananya pas-pasan, mungkin Anda mampu menyiasatinya dengan berbelanja seperangkat Mini HiFi.
Untuk kita yang hanya punya dana pas-pasan dan ruangan rumah yang terbatas. Mini HiFi mampu jadi pilihan. Selain kisaran harganya cukup terjangkau, satu set Mini HiFi biasanya telah dilengkapi dengan banyak sekali fitur, mirip player yang mampu membaca format DVD, CD-R/CD-RW, VCD, Divx, MP3 dan USB Connection serta speaker.
Selain all-in-one, perangkat ini juga mampu menghadirkan kualitas bunyi cukup baik sebab mempunyai sistem two-way speaker yang mampu memainkan bunyi berfrekuensi tinggi dan rendah secara terpisah.
Beragam fitur sudah dihadirkan dalam perangkat Mini HiFi, seperti produk Mini HiFi keluaran Samsung, yakni seri MM-DX7T dan MAXDX75T yang mampu membaca format DVD, Divx, MP3-CD, WMA, CD-R/CD-RW.
Kedua produk mampu menghadirkan mutu bunyi mengagumkan dengan Dual Woofer to Boos Bass Sound, total RMS 200 W dan 2200W PMPO serta koneksitas yang lengkap mirip TV Connection via HDMI out, USB Host with movie playback.
Model terbaru Mini HiFi Samsung ini telah dilengkapi pula dengan High Definition Multimedia Interface (HDMI) out put berbentukseutas kabel yang berfungsi selaku alat transmisi digital yang dapat menghantarkan gambar dengan langsung ditancapkan pada televisi.
Desain yang berkelas dengan balutan warna hitam berkilau dan lekukan yang bagus pada tiap sudut menjadikan Mini HiFi Samsung ini sangat cocok kalau dipadupadankan dengan produk TV LCD atau film fit dari Samsung.
Nah, selamat menikmati tayangan film favorit bermutu bersama keluarga tersayang tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam dengan Mini HiFi Samsung MMDX7T dan MAX- DX75T.