Perbedaan Antara Biotik Dan Abiotik

Pelajarancg: Suatu ekosistem terdiri dari unsur Abiotik dan Biotik. Komponen abiotik adalah komponen ekosistem yang tidak hidup mirip udara, air, sinar matahari, angin, air, tanah, suhu dll. Komponen biotik ialah makhluk hidup yang ditemukan dalam suatu ekosistem mirip flora, hewan, alga, bakteri, jamur dll. Mari Pelajari pembahasan lengkapnya biar kita mengetahui apa itu ekosistem sehingga kita dapat dengan gampang mengetahui perbedaan antara Abiotik dan biotik! jadi baca terus pelajarancg.blogspot.com:

 Suatu ekosistem terdiri dari komponen Abiotik dan Biotik PERBEDAAN ANTARA BIOTIK DAN ABIOTIK

APA ITU EKOSISTEM?

Ekosistem mengacu pada wilayah geografis di mana makhluk hidup mirip tumbuhan, hewan, dan organisme lain berinteraksi satu sama lain dan dengan makhluk tidak hidup dari lingkungan fisik mereka seperti tanah, air, dan sinar matahari untuk membentuk gelembung kehidupan. Makara, intinya ialah komunitas makhluk hidup dan tak hidup yang bekerja bareng dan bisa sebesar gurun atau danau atau sekecil pohon atau bak.

Pelajari: Pengertian Komponen Abiotik Dalam Ekosistem

Dalam sebuah ekosistem, faktor biotik dan abiotik saling mempengaruhi. Faktor abiotik memilih jenis aspek biotik apa yang mau ditemukan dalam suatu ekosistem. Contohnya, kaktus dan unta umumnya ditemukan di padang pasir yang iklimnya panas dan curah hujannya lebih minim; apel ditanam di daerah masbodoh di mana suhu tetap rendah dan sering terjadi hujan salju.

Pelajari: HUBUNGAN SIMBIOSIS (MUTUALISME, KOMENSALISME, DAN PARASITISME)

Faktor biotik juga mensugesti Faktor abiotik, contohnya, kehidupan mikroorganisme dan tumbuhan di bak menghipnotis banyak sekali aspek yang berhubungan dengan air mirip tingkat sinar matahari, tingkat keasaman, kekeruhan dll. Sekarang, mari kita lihat bagaimana aspek abiotik berlawanan dari aspek biotik!

  Kejadian-kejadian yang terdapat di alam antara lain:

Faktor abiotik:

Faktor abiotik mengacu pada bagian ekosistem yang tidak hidup seperti udara, air, tanah, sinar matahari. Komponen tersebut umumnya diperoleh dari litosfer (darat), atmosfer (udara) dan hidrosfer (air). Faktor abiotik mampu diklasifikasikan menjadi tiga jenis dasar: iklim, edafik dan sosial.

  • Faktor iklim: Faktor-aspek ini terkait dengan iklim seperti sinar matahari, kelembaban, angin, suhu, dll.
  • Faktor edafik: Faktor-aspek ini terkait dengan tanah dan geografi tanah. Contohnya. Karakteristik tanah (warna, tekstur, struktur, kerapatan) dan topografi tanah mirip pegunungan, elevasi, lembah, dll.
  • Faktor sosial: Faktor-aspek ini mengacu pada bagaimana tanah dan sumber daya air digunakan oleh masyarakat di sebuah tempat. Contohnya, pertambangan, pertanian, pembangunan bendungan, penebangan hutan untuk pertanian dll.

Faktor biotik:

Faktor biotik mengacu pada bagian hidup ekosistem seperti flora, burung, binatang, mikroba, jamur dan organisme lainnya. Komponen-unsur ini diperoleh dari biosfer. Faktor biotik dapat dikategorikan menjadi tiga jenis: Autotrof, Heterotrof, dan Detritivora.

Autotrof: Istilah Auxotroph bermakna “pemberi makan sendiri”. Jadi, autotrof mengacu pada organisme yang mampu menciptakan makanannya sendiri menggunakan cahaya, air, karbon dioksida, dan bahan kimia lainnya. Mereka yaitu produsen dalam rantai kuliner, misal: tumbuhan di darat dan ganggang di air.

Heterotrof: Mereka adalah organisme yang tidak dapat membuat makanannya sendiri seperti autotrof (flora). Tidak seperti flora dan alga, organisme ini tidak mampu menghasilkan senyawa organik dari sumber anorganik. Lebih dari 95% dari semua organisme hidup yakni heterotrof seperti insan, hewan, jamur, kuman karena seluruhnya bergantung pada autotrof dan heterotrof lainnya untuk kuliner dan energi.

Detritivora: Organisme ini juga dikenal sebagai pengurai. Mereka secara pribadi mengkonsumsi tumbuhan dan organisme yang mati atau membusuk, atau memecah materi organik mati untuk makanan atau energi.

  √ Pengertian Jaringan Pengangkut (Xilem Floem) Dan Fungsinya

Pelajari: FAKTOR ABIOTIK DAN BIOTIK

PERBEDAAN-PERBEDAAN

Berdasarkan pelajaran Ipa Biologi di atas, beberapa perbedaan utama antara abiotik dan biotik yaitu ditarik kesimpulan sebagai berikut:

Abiotik Biotik
Ini mengacu pada unsur ekosistem yang tidak hidup, Contoh: udara, tanah, air, sinar matahari. Ini mengacu pada unsur hidup dari suatu ekosistem, Contoh: tanaman, hewan, burung, dan organisme yang lain.
Komponen abiotik tidak bergantung pada komponen biotik untuk kelancaran hidupnya. Komponen biotik bergantung pada bagian abiotik untuk kelangsungan hidupnya.
Tidak bisa mengikuti keadaan dengan perubahan lingkungan Mampu mengikuti keadaan dengan pergantian lingkungan.
Dikategorikan menjadi tiga kategori dasar: iklim, edafik dan sosial. Diklasifikasikan menjadi produsen (tumbuhan), konsumen (hewan) dan pengurai (mikroorganisme). Pelajari: STRUKTUR JARINGAN TUMBUHAN
Ini menentukan jenis aspek biotik apa yang mampu ditemukan dalam sebuah ekosistem. Ini membantu menentukan jenis faktor abiotik.
Pengukuran faktor abiotik bersifat objektif. Pengukuran faktor biotik bersifat subjektif.
Faktor abiotik mempengaruhi individu sebuah spesies, komunitas, populasi, dan biosfer. Faktor biotik mensugesti individu dari suatu spesies, populasi, komunitas, biosfer dan bioma.
Sumber daya abiotik mencakup air, tanah, minyak, watu bara, dll. Sumber daya biotik mencakup burung, binatang, hutan, dan sumber daya laut mirip pola ikan.