200 Contoh Soal TPS UTBK SBMPTN 2023

Contoh Soal TPS – Kembali lagi mengupas tuntas soal-soal di UTBK SBMPTN. Kali ini, Kursiguru akan membahas perihal pola soal TPS UTBK untuk SBMPTN. Tentunya postingan ini sungguh memiliki arti bagi para siswa Sekolah Menengan Atas atau Sekolah Menengah kejuruan yg ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Baik negeri maupun swasta.

Persiapan dlm menghadapi tes TPS UTBK perlu dilaksanakan semenjak dini. Mengingat soal-soal yg keluar yakni materi di mata pelajaran sebelumnya. Perlu membuka kembali catatan atau buku selaku materi belajar.

Sebelumnya, Kursiguru telah menulis acuan soal TKA. Pastinya postingan pembahasan soal tersebut dibutuhkan pula untuk bahan mencar ilmu di rumah. Apabila ananda belum membaca artikel tersebut, bisa langsung membuka artikelnya.

Seperti artikel sebelumnya, Kursiguru akan mengajak kalian membicarakan gambaran materi atau kisi-kisi, kemudian membahas kumpulan teladan soal TPS. Selain itu, di final postingan pula akan disediakan ratusan contoh soal dlm bentuk PDF yg bisa ananda download. Agar lebih singkat, mari kita diskusikan artikel ini.

Gambaran Materi Soal TPS

Agar tahu apa saja materi yg akan keluar di soal TPS, kita membahasnya lebih dahulu. TPS merupakan kependekan dr Tes Potensi Skolastik. Tes ini digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif para peserta tes. Adapun materi di dalamnya beragam. Berikut klarifikasi materi soal TPS.

  Puisi Tentang Korupsi | Puisi Koruptor

Penalaran Umum

Pertama yaitu penalaran lazim. Di materi ini akseptor mesti mengandalakan akal budi terhadap suatu persoalan. Ada tiga topik yg diujikan yakni kesesuaian pernyataan, simpulan logis, & penalaran analisis. Jenis soalnya bisa ananda temukan berupa tabel, teks, & data.

Pemahaman Bacaan & Tulisan

Kedua yakni pengertian bacaan & tulisan. Pada materi ini terdapat dua topik yg perlu ananda pahami yakni memahmi isi bacaan & daypikir kebahasaan. Kedua materi tersebut bisa kita kuasai dgn sering-sering membaca teks.

Pengetahuan Umum

Ketiga yaitu wawasan biasa . Di materi ini penerima akan diuji kesanggupan wawasan lazim lewat soal bahasa Indonesia & bahasa Inggris. Bentuk soalnya mirip kita peroleh di soal-soal ulangan atau cobaan sekolah.

Pengetahuan Kuantitatif

Keempat yaitu pengetahuan kuantitatif. Di materi ini peserta akan diuji menjumlah matematika. Terdapat empat jenis soal yakni pilihan ganda, pertanyaan info, pertanyaan dua isu, serta analisis perbandingan dr dua nilai. Tentunya bisa kita kuasai dgn sering melatih melakukan soal-soal.

Kumpulan Contoh Soal TPS

Nah, sehabis mengenali & mengerti materi soal TPS di atas, saatnya kita menjajal melaksanakan kumpulan soal TPS UTBK. Kursiguru sudah menyediakan soal beserta balasan & ada soal tanpa kunci tanggapan. Mari kita diskusikan satu persatu.

Contoh Soal 1

Sinonim dr kata “jatuh” yaitu…
A. Bangkit
B. Tersungkur
C. Berdiri
D. Menunduk
E. Melompat
Jawaban : A

Contoh Soal 2

Pada jam istirahat, Andi tampakmencampakkan sampah sembarang. Tindakan apa yg harus ananda kerjakan…
A. Membiarkan saja
B. Memberi saran biar tak mencampakkan sampah asal pilih
C. Ikut membuang sampah sembarangan
D. Melaporkan ke guru
E. Menegur
Jawaban : B

  Kumpulan Puisi Cinta yang Sedih Menyentuh Hati

Contoh Soal 3

Anton menemukan duit di halaman sekolah. Ingin membalikan uangnya, tetapi tak tahu pemiliknya. Tindakan apa yg harus dijalankan Anton…
A. Uangnya dibawa ke rumah
B. Membiarkan uangnya
C. Memberikan ke guru
D. Menggunakan uangnya untuk jajan
E. Bertanya pada sobat kelas
Jawaban : C

Contoh Soal 4

Sinonim dr kata Milatan adalah…
A. Ideologi
B. Agresif
C. Brutal
D. Penggolongan
E. Anti Penindasan
Jawaban : B

Contoh Soal 5

Sinonim dr kata Konvensi adalah…
A. Kesamaan
B. Keputusan
C. Kesepakatan
D. Kebijakan
E. Kesimpulan
Jawaban : C

Download Kumpulan Contoh Soal TPS

Kumpulan soal di atas hanya beberapa yg ditawarkan oleh Kursiguru. Contoh soal lainnya sudah ditulis di file PDF. Kamu bisa mendownload file pola soal TPS di bawah ini dgn sungguh mudah & pastinya gratis. Silakan eksklusif saja download file soal di bawah ini.

Download Kumpulan Contoh Soal TPS

Akhir Kata

Akhirnya setelah membahas keseluruah artikel ini kita mampu mengerti & melaksanakan acuan soal TPS. Kursiguru berharap adanya postingan ini mampu memberikan semangat mencar ilmu ananda dlm menghadapi tes UTBK & mendapatkan hasil yg optimal. Nantikan pembahasan lainnya bareng Kursiguru seputar dunia pendidikan.

Sumber Gambar : Tirto.id