20 Contoh Soal PCPM Bank Indonesia Terbaru 2023

Contoh Soal PCPM Bank Indonesia – Menjadi pegawai bank merupakan salah keinginan bagi para anak muda. Apalagi di Bank Indonesia yg menjadi bank induk dr semua bank di Indonesia. Namun, untuk menjadi pegawai Bank Indonesia tidaklah mudah. Harus mengikuti banyak sekali tes. Salah satunya mengikuti tes PCMP.

Nah, di kesempatan kali ini Kursiguru akan mengajak kalian semua untuk membicarakan contoh soal PCPM Bank Indonesia. Tentunya teladan soal yg disediakan ini sudah dipertimbangkan dengan-cara matang.

Sebelumnya, Kursiguru sudah menulis mengenai contoh soal TPS. Artikel tersebut pastinya sangat dibutuhkan oleh para anak muda yg sedang berjuang melanjutkan pendidikan ke akademi tinggi. Apabila ananda belum membacanya bisa pribadi membuka postingan tersebut.

Pembahasan postingan ini tak jauh berbeda dgn postingan contoh soal yang lain. Mulai dr gambaran bahan soal sampai pembahasan contoh soal. Di selesai postingan pula akan disediakan file teladan soal dlm bentuk file PDF. Mari kita eksklusif bahas postingan ini dengan-cara runtut.

Gambaran Materi Soal PCPM Bank Indonesia

PCPM sendiri merupakan kependekan dr Pendidikan Calon Pegawai Muda. Program ini adalah milik Bank Indonesia yg mempunyai tujuan sebagai kaderisasi para kandidat pegawai BI. Di dlm proses perekrutan ini dijalankan tes. Salah satunya mengerjakan soal.

  Ayo, Jaga Kesehatan Jantung Kita

Adapun dlm setiap soal yg diberikan terdapat materi. Ada empat materi. Berikut klarifikasi dr ke empat materi tersebut.

Tes Potensi Dasar (TPD)

TPD merupakan bahan soal untuk mengetahui kemampuan kognitif para peserta PCPM BI. Tes ini pula umumnya dipakai dlm penerimaan pegawai negeri, kedinasan, & masuk perguruan tinggi. Ada beberapa klasifikasi dlm tes TPD yaitu ekspresi, figural, & numerical.

Tes Pengetahuan Umum (TPU)

TPU merupakan tes untuk mengenali kesanggupan umum para peserta. Soal-soal lazimnya bersifat general. Selain itu, bentuk soal ini bersumber dr berbagai info atau artikel. Selain kita berguru melaksanakan teladan-pola soal, kita pula harus sering membaca informasi maupun postingan.

Tes Pengetahuan Kebanksentralan (TPK)

TPK merupakan salah satu materi yg kaitannya dgn dunia bank. Peserta tes mesti dengan-cara baik mengenali metode ihwal bank di Indonesia terutama di Bank Indonesia. Kita bisa mempelajari dgn membaca banyak sumber ihwal bank di internet atau buku.

Tes Bahasa Inggris

Tes terakhir yakni tes bahasa Inggris. Tes ini dilakukan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris peserta. Dalam tes ini, kita harus paham mengenai grammar dlm bahasa Inggris.

Kumpulan Contoh Soal PCPM Bank Indonesia

Dari klarifikasi mengenai materi-bahan di atas, setidaknya kita sudah tahu materi yg bakal keluar di soal PCPM Bank Indonesia, nanti. Selanjutnya kita berlatih melakukan contoh soal. Kursiguru telah menyediakan beberapa acuan soal di bawah ini.

Contoh Soal PCPM 1

Sinonim dr kata cahaya yakni…
A. Berlian
B. Bintang
C. Terang
D. Lampu
E. Panas
Jawaban : C

Contoh Soal PCPM 2

Di kehidupan bernegara, Pancasila berfungsi selaku …
A. Dasar agama
B. Dasar Kehidupan
C. Dasar Ketatanegaraan
D. Dasar kemanusian
E. Dasar negara
Jawaban : E

  Cpns 2018 : Syarat Tenaga Pendidik Dan Tenaga Kesehatan Dari Eks Tenaga Honorer K-2

Contoh Soal PCPM 3

Setiap penduduk mempunyai kepercayaan beragama masing-masing, hal itu tertanam di sila…
A. Satu
B. Dua
C. Tiga
D. Empat
E. Lima
Jawaban : A

Contoh Soal PCPM 4

Salah satu kinerja Bank Indonesia sebagai bank induk yakni…
A. Menampung semua duit dr bank lain
B. Mengatur kestabilan nilai rupiah
C. Memberi pinjaman besar pada penanam modal
D. Mengatur kebijakan uang dunia
E. Menjaga kestabilan duit dunia
Jawaban : B

Contoh Soal PCPM 5

Bandung is the …… of West Java
A. Capital city
B. District
C. City
D. Part
E. Region
Jawaban : A

Download Contoh Soal PCPM Bank Indonesia

Selain kumpulan acuan soal di atas, Kursiguru pula sudah menyediakan kumpulan soal lainnya dlm bentuk PDF. File di bawah ini bisa ananda download dengan-cara gampang & tentu saja tanpa biaya sepersenpun. Silakan eksklusif saja download file teladan soal di bawah dgn mengeklik.

Download Contoh Soal PCPM Bank Indonesia

Akhir Kata

Kurang lebihnya pembahasan artikel mengenai teladan soal PCPM Bank Indonesia. Harapannya dr artikel ini bisa memberikan akomodasi ananda dlm mencar ilmu demi dapat diterima menjadi pegawai Bank Indonesia. Nanti pembahasan lainnya bareng Kursiguru ihwal dunia pendidikan.

Sumber Gambar : Liputan6.org