Sebagai Lambang Kristus Selalu Memberi Karunia Roh Kudus Hidup Seseorang Yang Sudah Di Baptis, Maka Saat Menerima Sakramen Baptis Menggunakan … .

Sebagai lambang Kristus selalu memberi karunia Roh Kudus hidup seseorang yg sudah di baptis, maka saat menerima sakramen baptis menggunakan … .

Babtis ialah sakramen yg wajib dijalankan oleh umat Kristiani, baik Katolik maupun Protestan. Sakramen babtis berasal dr bahasa Yunani ialah babtizoo, yg artinya menyelamkan. Dalam agama Nasrani terdapat empat jenis babtis, yakni babtis anak, babtis akil balig cukup akal, babtis rindu, & babtis darah. Sedangkan agama Protestan, hanya babtis anak & babtis akil balig cukup akal yg umum dipakai.

Namun bahu-membahu, dr keempat jenis babtis di atas maknanya hampir sama, yakni proses inisiasi. Inisiasi ialah penerimaan seseorang untuk masuk ke anggota kalangan tertentu. Dalam hal ini, babtis mampu memiliki arti bahwa seseorang resmi menjadi anggota gereja, atau yg lebih mendalam lagi, bahwa orang tersebut menetapkan menimbulkan Yesus Kristus selaku Juru Selamat.

Saat seseorang memutuskan untuk dibabtis, dlm hal ini babtis akil balig cukup akal, maka orang tersebut mesti siap dengan-cara jasmani & rohani. Karena sehabis dibabtis, orang tersebut sepenuhnya menjadi milik Kristus & harus bertanggung-jawab terhadap apa yg diimaninya. Ia akan mendapatkan pengampunan jenis-jenis dosa dlm Bibel, baik dosa asal maupun dosa yg diperbuatnya, namun ia pula harus siap untuk meninggalkan cara hidupnya yg lama & mendapatkan karunia hidup gres.

10.Dalam gereja katolik terdapat tujuh sakramen, diantaranya yaitu sakramen baptis. Dalam penerimaan sakramen baptis, ada beberapa lambang/ sarana yg dipergunakan. Jelaskan 3 lambang dr sakramen baptis!

Jawaban:

syalom……

1. Penerimaan Tuhan

Dengan menerimakan sakramen baptis dengan-cara sadar & pribadi kita menerima kedatangan Tuhan dlm hidup kita. Memang meski Tuhan itu adil & mau memberikan berkat baik bagi orang – orang yg percaya kepadaNya & bagi orang – orang yg tak percaya kepadaNya, namun dgn menerimakan sakramen baptis, kita pula dgn sadar ingin berusaha untuk menjalin kekerabatan yg lebih baik lagi dgn Tuhan.

  Puisi Tentang Rindu Sedih | Makian Rindu - Oleh Ed Guzman

Sebaik – baiknya kekerabatan baik itu pertemanan, keluarga, & hubungan yg kita jalin dgn Tuhan sendiri akan lebih baik bila mempunyai komunikasi dengan-cara dua arah. Komunikasi dua arah akan membantu kita untuk menjalin relasi yg lebih baik dgn siapapun sebab ada respon yg didapatkan. Tuhan Yesus tentunya berlainan dgn insan, Ia akan senantiasa ada untuk kita & menolong kita tetapi permasalahannya adalah apakah kita mau mendapatkan Dia?

2. Pencatatan nama dlm kerajaan surgawi

Simbol sakramen baptis yg kedua yaitu mempunyai makna bahwa kita mencatatkan nama kita didalam kerajaan surgawi. Sakramen baptis itu ibarat materai persatuan kita dgn Allah, namun meskipun kita telah mencatatkan nama kita didalam kerajaan surgawi dgn mendapatkan pembaptisan hal ini bukan bermakna kita dengan-cara utuh menjadi terjamin untuk masuk kedalam kerajaan surgawi. Materi yg kita dapatkan dgn menerimakan sakramen pembaptisan pula dapat rusak & tak dapat berfungsi untuk membantu kita masuk kedalam keselamatan apabila kita tak melaksanakan segala hal yg dikehendaki oleh Allah Bapa disurga atau dgn kata lain kita lebih memilih untuk jatuh kedalam dosa berulang ulang kali. Salah satu syarat masuk nirwana berdasarkan Alkitab yaitu dgn mentaati perintah – perintah Allah & menjauhi segala laranganNya sebab Tuhan Allah sendiri tentunya pula tak ingin insan yg sungguh dicintainya terjatuh kedalam dosa.

3. Pembangunan ikatan awal dgn Tuhan

Untuk membangun ikatan dgn Tuhan maka pertama – tama kita memerlukan simbolisasi bahwa kita memang mendapatkan Tuhan & ingin membangun relasi yg lebih intim & akrab dgn Tuhan. Melakukan pembaptisan sama saja kita telah mulai merintis pembangunan relasi yg erat dgn Tuhan. Pembangunan ikatan awal dgn Tuhan ini memang diharapkan oleh sebab adanya tindakan Adam & Hawa pada kala yg telah kemudian yaitu memakan buah dr pohon terlarang & hal inilah yg membuat korelasi insan dgn Tuhan menjadi tak serasi alasannya adalah kecenderungan insan yg lebih mendengarkan & berpihak pada iblis.

Dosa yg diperbuat oleh Adam & Hawa ini diketahui pula sebagai dosa asal atau asal mula dosa berdasarkan Bibel. Jadi meski telah ada dosa asal yg terjadi pada abad yg sudah lalu, melaksanakan pembaptisan bisa menyenangkan hati Tuhan karena kita dengan-cara sadar ingin merintis relasi yg bagus kembali denganNya. Dengan menerima sakramen baptis kita pula akan dibersihkan dr kecenderungan tindakan dosa sehingga kita tak rentan akan perbuatan dosa. Banyak orang yg pula menganggap baptis ialah sarana untuk membersihkan seseorang dr dosa asalnya sehingga seseorang itu mampu higienis & memulai hidupnya dlm lembaran yg gres.

  Puisi Cinta Islami Tentang Pernikahan Sederhana yang Romantis menyentuh Hati

semoga berguna

syalom....dewa memberkati

Arti dr sakramen baptisan kudus, & makna perjamuan kudus

Jawaban:

Gereja Protestan Indonesia Nederland ada di Facebook. Untuk terhubung dgn Gereja Protestan Indonesia Nederland, gabung dgn Facebook hari ini.

Gabung

atau

Login

Gereja Protestan Indonesia Nederland ada di Facebook. Untuk terhubung dgn Gereja Protestan Indonesia Nederland, gabung dgn Facebook hari ini.

Gabung

atau

Login

Selanjutnya

Gereja Protestan Indonesia Nederland

Makna & arti Perjamuan Kudus

Baptisan ialah salah satu sakramen yg diakui & dilaksanakan oleh gereja hingga saat ini. Baptisan ini dilakukan alasannya adalah perintah langsung dr Yesus terhadap para murid – Matius 28:19.

Baptisan memiliki makna tersendiri bagi gereja Tuhan, baik dengan-cara kolektif maupun dengan-cara pribadi. Ini disebabkan baptisan merupakan deklarasi dogma pada dunia & pula pada Iblis bahwa kita yakni milik dr Kristus. Dan baptisan menunjuk terhadap tanda milik yg dimeteraikan dlm nama Bapa, Anak & Roh Kudus. Apakah sebetulnya makna baptisan bagi gereja dengan-cara kolektif & bagi langsung orang Kristen?

Berikut beberapa makna baptisan yg bisa dikemukakan dlm tulisan ini.

1. Menjadi lambang akhir hayat & kebangkitan Yesus Makna baptisan di sini menunjuk terhadap suatu legalisasi atau proklamasi bahwa Yesus sudah mati, dikuburkan & bangun untuk memberi kita keselamatan. Tatkala kita dibaptis di dlm air, itu ialah lambang dr maut & penguburan Yesus. Tatkala kita ke luar dr air, hal itu melambangkan bahwa kita bangun bareng Yesus dlm suatu kehidupan yg baru. Dan ini menjadi sebuah kesaksian bahwa kita yaitu miliki sepenuhnya dr Yesus Kristus.

2. Menjadi bukti ketaatan kita terhadap Yesus Kristus Pada prinsipnya baptisan tak menyelamatkan kita. Baptisan menjadi bukti bahwa kita sudah menjadi milik Yesus Kristus. Sebagai milik dr Yesus Kristus, maka kita mesti taat terhadap apa yg sudah dibilang oleh Yesus bagi kita. Kita menyerahkan seluruh hidup kita terhadap Allah.Kita hidup bukan lagi mengikuti impian kita namun hasratAllahlah yg harus kita ikuti. Selama kita hidup di dunia ini, kita akan mengalami banyak sekali pergumulan hidup. Untuk menang terhadap pergumulan hidup, kita harus benar-benar beriman terhadap Yesus, & berharap serta bersandar cuma terhadap Dia. Kita minta supaya Roh Kudus membimbing & menguatkan kita dlm setiap aspek kehidupan kita. Dalam penyerahan ini memiliki arti bahwa dengan-cara total hidup kita bergantung terhadap Kristus. Di sinilah makna baptisan itu menjadi penting bagi kita.

  Puisi Indonesiaku Cemas - Oleh Suyono Jati

3. Menjadi bukti bahwa kita ialah saksi Kristus Makna baptisan adalah kita ini yaitu saksi Kristus di bumi ini. Kita menjadi kawan kerja Yesus dlm proyek keselamatan bagi insan berdosa. Inilah tanggung jawab kita sebagai milik Yesus Kristus. Kita mesti menciptakan buah-buah roh dlm hidup kita setelah kita dibaptis – Galatia 5:22-23. Ada perubahan hidup yg terjadi, sehingga hal itu memberi contoh atau teladan yg nyata bagi sesama.

Paulus katakan bahwa, “Kaprikornus siapa yg ada di dlm Kristus, ia yakni ciptaan gres, yg lama sudah berlalu bahwasanya yg gres telah datang” – 2 Korintus 5:17. Dengan demikian, baptisan mempunyai makna yg sangat penting bagi gereja pada umumnya & dengan-cara khusus bagi setiap pribadi yg menerima Yesus selaku Tuhan & Juruselamat pribadinya.

Biarlah hidup kita menjadi garam & terang dunia – Matius 5:13-16.

Tuhan senantiasa memberkati kita semua.

Unggah Seluler · 30 Jan 2015 ·

Tampilkan Ukuran Penuh

Tuliskan pemahaman sakramen baptisan Kudus & sakramen Perjamuan Kudus!​

Hal yg ditanyakan:

Tuliskan pemahaman sakramen baptisan Kudus & sakramen Perjamuan Kudus!​

Penjelasan:

Sakramen Baptisan Kudus adalah sebuah hal yg paling penting dlm kekristenan sebab Baptisan adalah awal dr kehidupan orang percaya & Baptisan pula ialah suatu tanda pertobatan & pengampunan dosa

Sakramen Baptisan Kudus cuma boleh dijalankan satu kali untuk seumur hidup kita alasannya adalah Sakramen Baptisan Kudus menggunakan nama Allah Tritunggal ialah Allah Bapa,Allah Anak/Putra & Allah Roh Kudus jikalau kita melakukan Sakramen Baptisan Kudus lebih dr satu kali maka kita sudah mencemooh nama Allah Tritunggal & menyangkal  Baptisan pertama kita dgn Nama Allah Tritunggal

Sakramen Perjamuan Kudus ialah Perjamuan Kudus adalah akad wacana pengampunan dosa yg dikokohkan oleh kematian Anak Allah.Oleh karena itu komitmen ini harus diteruskan & dibagikan terhadap orang orang percaya yg lain.Itulah sebabnya Luther sangat menekankan “percaya”   dalam Theologi Lutheran saat kita Memakan Roti/Hosti & Meminum Anggur, maka Roti/Hosti & Anggur tersebut berkembang menjadi Tubuh & Darah Kristus,rasa Roti/Hosti & Anggur tersebut tetap sama tetapi Roti/Hosti & Anggur tersebut sudah berkembang menjadi Tubuh & Darah Kristus.Jadi dikala kita menjatuhkan Roti/Hosti maupun Anggur tersebut baik itu tak sengaja maupun sengaja maka ananda telah berdosa

Tetapi dlm Theologi Calvinis saat kita menyantap Roti/Hosti & Anggur maka Roti/Hosti & Anggur tersebut tetap Roti/Hosti & Anggur tak menjelma Tubuh & Darah Kristus. Karena Theologi Calvinis meyakini bahwa Roti/Hosti & Anggur merupakan simbol dr Tubuh & Darah Kristus.Makara saat kita menjatuhkan Roti/Hosti & Anggur baik tak sengaja maupun sengaja maka kita tak berdosa  

air dlm sakramen baptisan kudus yaitu lambang dari​

Jawaban:

Tindakan roh Kudus

Maaf banget kalo salah.

Semoga membantu.