Bukan Uang atau Kemewahan. Inilah Hadiah Terbaik untuk Ibu…!!!

Sudah semestinya, orang yg paling dimuliakan dlm hidup kita ialah ibu, beliaulah orang yg sungguh berjasa sepanjang kehidupan kita. Hal tersebut sejalan dgn sabda Rasulullah SAW dikala menjawab pertanyaan seorang cowok ihwal siapa yg penting diutamakan & dimuliakan di antara kedua orang tuanya. 
Rasulullah Muhammad SAW menjawab pertanyaan perjaka tersebut dgn menyebut kata ibu sebanyak tiga kali, sedangkan Ayah disebut satu kali. Berikut ini sabda Rasulullah Saw:

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, dia memaparkan, “Telah datang seorang pemuda pada Rasulullah Saw & berkata, ‘Wahai Rasul Allah, pada siapakah gue harus berbakti pertama kali?’ Rasulullah menjawab, ‘Ibumu!’ Dan perjaka tersebut kembali mengajukan pertanyaan, ‘Kemudian siapa lagi?’ Rasulullah menjawab, ‘Ibumu!’ Pemuda tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu’. Pemuda tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Rasulullah menjawab, ‘Kemudian ayahmu’.

Ibu yg memiliki jasa begitu besar pada kita, maka menjadi keharusan bagi kita untuk mengabdikan diri kepadanya. Selama ini banyak yg salah kaprah bahwa untuk menggembirakan ibu haruslah dgn jalan menunjukkan kado glamor & berharga mahal. Hal tersebut tak senantiasa benar adanya. Kaprikornus, apakah hadiah terbaik yg patut diberikan untuk Ibu?

Hadiah Terbaik untuk Ibu

Tentu saja, ada beragam opsi kado terindah yg bisa diberikan pada ibu. Namun, kado terbaik untuk ibu yakni kado yg pernah disebutkan oleh Rasulullah Muhammad Saw dlm sabdanya berikut ini:

“Apabila anak Adam (manusia) meninggal dunia, maka terputuslah semua amalnya, kecuali tiga hal: Sedekah jariyah, ilmu yg berguna, & anak shalih yg mendoakannya.” (HR Muslim)

Ternyata hadiah terbaik yg bisa diberikan pada orang tua kita terutama Ibu sesuai dgn yg disebutkan hadist di atas ialah dgn sedekah jariyah & menjadi anak yg sholeh.
Kita sebagai anaknya, mampu melaksanakan sedekah jariyah atas namanya.  Dengan sedekah tersebut, kita sudah menunjukkan kado terbaik untuk ibu. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah yg pernah diriwayatkan dlm suatu hadist:
“Seorang laki-laki datang pada Rasulullah Saw & berkata, “Ibu saya meninggal tiba-tiba, & saya yakit seandainya ia bisa bicara, ia bersedakah. Bolehkah saya berzakat atas namanya?”. Rasulullah Saw menjawab: “Ya, boleh, beramal atas namanya.” (HR. Bukhari & Muslim)
Hadiah terbaik selanjutnya untuk ibu adalah menjadi anak sholeh. Sesuai dgn informasi hadist, salah satu ciri anak sholeh yakni anak yg tekun mendoakan kedua orangtuanya.
Anak yg semenjak kecil sudah terbiasa melakukan kebaikan, pasti akan menjadi anak yg sholeh. Hal ini menjadi mutiara terindah bagi seorang Ibu bila mampu memiliki anak yg sholeh. Ibu akan sangat senang kalau anaknya bersungguh-sungguh melaksanakan perintah Allah & menjauhi segala larangannya. Maka, kita selaku anak mesti berusaha untuk menjadi seperti yg diharapkan ibu.
Singkatnya, anak yg sholeh yakni anak yg selalu taat menjalankan perintah Allah Swt, menjauhi segala larangan, gemar melaksanakan kebaikan, & yg terpenting yaitu senantiasa mendoakan kedua orang tuanya.
Baca Juga:
Dari semua uraian di atas, maka teranglah bahwa hadiah terbaik yg bisa diberikan pada ibu bukan berupa materi saja. Alasannya tak lain yakni materi tersebut cuma akan digunakan saat di dunia saja. Sementara hadiah terbaik berupa sedekah jariyah atas nama ibu akan berguna hingga di darul baka nanti. Begitupun dgn doa yg senantiasa dikirimkan kepadanya.
 orang yg paling dimuliakan dlm hidup kita adalah ibu Bukan Uang atau Kemewahan. Inilah Hadiah Terbaik untuk Ibu...!!!
Lewat paparan ini, kita berharap mudah-mudahan kita selalu mampu memberikan hadiah terbaik untuk Ibu. Anjuran dlm beberapa hadist di atas sudah sangat jelas, & memang itulah yg terbaik yg mesti diberikan pada ibu kita.