5+ Alasan Mengapa Kita Harus Saling Menghargai Perbedaan

Artikel ini akan menunjukkan beberapa alasan mengapa kita harus saling menghargai perbedaan. Sebagaimana yg dikenali, kita sebagai insan tak hidup sendirian. Selain bersaman keluarga, kita pula hidup di tengah-tengah penduduk yg ada di sekitar. Dalam masyarakat, pastinya ada banyak perbedaan yg dimiliki oleh tiap-tiap orang.
 Artikel ini akan memberikan beberapa alasan  5+ Alasan Mengapa Kita Harus Saling Menghargai Perbedaan
Perbedaan itu terdiri dr perbedaan agama & keyakinan, suku bangsa, bahasa, budaya, pola hidup, bahkan status sosial. Namun, semestinya perbedaan itu bukanlah suatu argumentasi untuk tak menghormati & menghargai satu sama lain, apalagi dijadikan argumentasi permusuhan. Kita diwajibkan untuk menghargai perbedaan itu selaku sebuah keniscayaan.
Bangsa Indonesia ialah bangsa beragam yg memiliki begitu banyak perbedaan. Bangsa Indonesia tak akan bisa bersatu apabila sesama warga negara tak saling menghormati & menghargai perbedaan-perbedaan tersebut. Bangsa kita pernah memiliki pengalaman balasan tak menghormati perbedaan di masa kemudian, yakni mempermudah penjajah untuk menaklukkan bangsa Indonesia.
Lantas, kenapa kita mesti saling menghargai perbedaan? Nah, bahan ini akan menjelaskan dengan-cara lengkap beberapa argumentasi kenapa sehingga perbedaan yg ada di antara kita mesti dihargai. Semoga setelah membaca uraian ini, kita bisa menyadari pentingnya menghargai perbedaan.
Baca Juga:
Yuk, berikut ini uraiannya…

Alasan Mengapa Kita Harus Saling Menghargai Perbedaan

Ada banyak argumentasi kenapa sehingga kita mesti saling menghargai perbedaan. Berikut ini akan kami paparkan lima di antaranya:

1. Memperkuat Persatuan & Kesatuan

Alasan pertama kenapa kita harus saling menghargai perbedaan yakni untuk memperkuat persatuan & kesatuan bangsa. Semboyan negara kita adalah “Bhineka Tunggal Ika” yg artinya berlainan-beda tetapi tetap satu. Semboyan ini mengandung harapan bahwa perbedaan-perbedaan itu seharusnya tak membatasi persatuan & kesatuan kita. 

2. Menciptakan Suasana Hidup Tentram & Nyaman

Alasan kedua kenapa kita harus saling menghargai perbedaan adalah untuk menciptakan suasana kehidupan yg tentram & nyaman. Dalam kehidupan berbangsa & bernegara tentu timbul perbedaan, baik itu perbedaan pertimbangan maupun persepsi. Perbedaan tersebut hendaknya dijadikan sarana untuk saling melengkapi. Jangan jadikan perbedaan yg ada sebagai jurang pemisah. Dengan demikian, akan tercipta kenyamanan dlm kehidupan.

3. Meningkatkan Kebersamaan & Keharmonisan

Alasan ketiga kenapa kita mesti saling menghargai perbedaan yakni meningkatkan semangat kebersamaan dlm bingkai keharmonisan. Cara menghargai perbedaan semoga tujuan ini mampu diraih yakni dgn melakukan kegiatan bahu-membahu, membersihkan lingkungan, ronda malam untuk menjaga keamanan, & acara-kegiatan sosial lainnya.

4. Tidak Praktis diAdu Domba

Alasan keempat kenapa kita harus saling menghargai perbedaan yakni agar kita tak mudah diadu domba dgn penduduk yang lain. Pihak-pihak yg menginginkan mencerai-beraikan kadang kala sengaja memperuncing perbedaan biar kita berkelahi satu sama lain. Oleh karena itu, setiap perbedaan haruslah tetap dilandasi nilai-nilai kejujuran & kesopanan. Bukannya malah dibumbui dgn hal-hal yg mempunyai kecenderungan pada fitnah, penghinaan, atau adu domba.

5. Supaya Tidak Terjadi Konflik

Alasan kelima kenapa kita harus saling menghargai perbedaan adalah agar tak terjadi pertentangan di antara sesama.  Konflik dlm masyarakat majemuk kerap muncul akibat perbedaan yg terdapat dlm penduduk . Konflik mampu diminimalisasi apabila terdapat perilaku saling menghormati & menghargai perbedaan antarwarga.
Demikianlah klarifikasi tentang Mengapa Kita Harus Saling Menghargai Perbedaan. Bagikan bahan ini semoga orang lain pula mampu membacanya. Terima kasih, mudah-mudahan berfaedah.