3 Akibat Terjadinya Rotasi Bumi

Rotasi bumi mempunyai akhir tersendiri yg dirasakan oleh semua kehidupan yg berada diatasnya, tanpa terkecuali. Rotasi bumi ini ialah salah satu dr dua gerak penting yg dengan-cara alami melekat pada bumi kita. Sejak pertama kali diciptakan, bumi terus berotasi hingga kini, entah sampai kapan akan berlangsung seperti itu. Sebelum kita membahas lebih jauh dampak atau dampak yg ditimbulkan balasan adanya gerak rotasi tersebut, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu gerak rotasi bumi. Secara sederhana, rotasi bumi adalah sebuah gerak dimana bumi berputar pada porosnya. Jika Anda pernah bermain gasing, gerakan rotasi bumi ini nyaris mirip dgn pola gerakan yg diperlihatkan oleh gasing tersebut.

Bumi dlm melakukan gerak rotasinya membutuhkan waktu 23 jam 56 menit, atau sering dibulatkan menjadi 24 jam. Waktu rotasi ini disebut pula dgn periode rotasi bumi. Arah rotasinya dr barat ke timur dgn kecepatan sekitar 1.600 km/jam. Gerak rotasi bumi tersebut menghadirkan beberapa akibat bagi bumi. Nah, hal inilah yg menjadi konsentrasi pembahasan kita, selamat membaca.

Akibat Rotasi Bumi

Akibat dr adanya rotasi bumi, setidaknya menghadirkan 3 akhir yg dicicipi langsung oleh bumi. Berikut ini penjelasannya:

1. Terjadinya Pergantian Siang & Malam

 memiliki akibat tersendiri yg dirasakan oleh semua kehidupan yg berada diatasnya 3 Akibat Terjadinya Rotasi Bumi

Akibat rotasi bumi yg pertama yaitu terjadinya pergantian siang & malam. Adanya siang lantaran pada dikala itu permukaan bumi sedang menghadap matahari. Sebaliknya, situasi malam akan dialami oleh permukaan bumi yg dikala itu membelakangi matahari. Peristiwa itu akan terjadi dengan-cara bergantian/bergiliran sebagai akhir dr adanya rotasi bumi. Semua tempat di tampang bumi yg saling berseberangan akan mengalami waktu yg berlawanan. Jika tempat yg satu mengalami siang, maka diseberang akan mengalami malam. Contohnya, perbedaan waktu antara Amerika Serikat & Indonesia. Inilah sebabnya tatkala kita menonton pertandingan basket di Amerika lewat televise ialah pagi hari, padahal di tempat asalnya berlangsung malam hari.

  3 Lapisan Bumi dan Penjelasannya

2. Perbedaan Waktu Berbagai Tempat di Bumi

 memiliki akibat tersendiri yg dirasakan oleh semua kehidupan yg berada diatasnya 3 Akibat Terjadinya Rotasi Bumi

Akibat rotasi bumi yg kedua yakni terjadinya perbedaan waktu diberbagai tempat di permukaan bumi. Umumnya, kita sering mengartikan bahwa waktu tatkala matahari terbit yakni pada pukul 06.00, waktu tengah hari pada pukul 12.00, waktu tatkala matahari terbenam pada pukul 18.00, & waktu tatkala tengah malam tiba pada pukul 24.00. Akibat adanya rotasi bumi, penduduk bumi yg berada di sebelah timur akan menyaksikan matahari terbit & terbenam lebih cepat dibandingkan dengan mereka yg berada di barat. Karena, pada sudut 15 derajat ke timur matahari akan terbit lebih cepat satu jam. Untuk lebih jelasnya, amati gambaran berikut ini:

Jika waktu terbit matahari ditetapkan pada pukul 06.00, maka pukul 06.00 di tempat sebelah timur akan lebih dahulu dr pada pukul 06.00 di daerah sebelah barat. Oleh alasannya adalah itu, tiap tempat di aneka macam belahan bumi akan mengalami waktu yg berlainan.

Namun, selain itu telah ditetapkan pula waktu yg berlaku dengan-cara lazim atau internasional yg disebut dgn waktu GMT (Greenwich Mean Time). Waktu ini mengacu pada waktu di kota Greenwich. Dengan menggunakan GMT, maka saat di Greenwich kini yakni jam 02.00, maka waktu GMT di Kota Jakarta pula pukul 02.00, di New York pula mirip itu yakni jam 02.00 juga, begitu seterusnya. Akibat dr adanya penyamaan waktu ini, kalau pada pukul 02.00 GMT di Kota Greenwich sedang mengalami tengah malam, maka waktu itu penduduk Jakarta sedang mengalami pagi hari menjelang siang & kota New York mungkin sedang sore hari.

3. Terjadinya Gerak Semu Harian Bintang

 memiliki akibat tersendiri yg dirasakan oleh semua kehidupan yg berada diatasnya 3 Akibat Terjadinya Rotasi Bumi

Akibat rotasi bumi yg ketiga adalah terjadinya gerak semu harian bintang. Disebut gerak semu karena bintang-bintang tersebut (mirip matahari) bekerjsama tak bergerak. Hanya penampakannya yg seperti bergerak. Bumi yg berotasi dr barat ke timur akan menjadikan semua bintang tersebut tampaknya bergerak dr timur ke barat. Peristiwa ini sama dgn dikala kita sedang melaju dgn kendaraan. Pada dikala itu, pohon atau bangunan yg berada dipinggir jalan seluruhnya tampak bergerak ke belakang. Padahal, kita tahu bahwa semua yg berada dipinggir jalan tersebut bahwasanya membisu. Itulah kenapa sehingga, gerak bintang akhir dr rotasi bumi yg terjadi tiap hari ini disebut dgn gerak semu harian. Matahari terlihat terbit di ufuk timur pagi hari & terbenam di ufuk barat pada sore hari. Sebaliknya, bintang-bintang terlihat terbit di timur sore hari & terbenam di barat pada pagi hari.

  Inti Bumi Bagian Dalam dan Luar

Baca Juga:

Demikianlah uraian wacana 3 Akibat Terjadinya Rotasi Bumi, gampang-mudahan bermanfaat.