7+ Kewajiban Manusia Terhadap Hewan yang Terancam Punah

Bisakah ananda sebutkan apa saja keharusan manusia terhadap binatang yg terancam punah? Bumi ini tak cuma dihuni oleh manusia, namun ada pula makhluk hidup yang lain seperti hewan & tumbuhan. Di sekitar kita, ada banyak jenis binatang & flora. Keanekaragaman spesies tersebut menjadi kekayaan tersendiri bagi kehidupan di bumi ini.

Kepunahan Hewan

 Bisakah ananda sebutkan apa saja kewajiban manusia terhadap  7+ Kewajiban Manusia Terhadap Hewan yg Terancam Punah

Dari sekian banyak spesies hewan, beberapa di antaranya ada yg terancam punah. Penyebabnya bisa beragam, bisa karena alasannya alami & bisa pula karena acara insan. Padahal, eksistensi binatang tersebut penting untuk dijaga demi terciptanya keseimbangan ekosistem. Sebagai makhluk yg dilengkapi akal & fikiran, seharusnya menjadi keharusan insan untuk melakukannya.

Lantas, apa saja bentuk keharusan insan kepada hewan yg terancam punah? Nah, pada potensi kali ini, kami akan menerangkan seputar kewajiban-keharusan yg penting dilakukan oleh manusia untuk menghalangi kepunahan binatang. Semoga uraian ini mampu membangun kesadaran untuk menjaga keberlangsungan kehidupan binatang. 

Kewajiban Manusia Terhadap Hewan yg Terancam Punah

Kewajiban-kewajiban yg bisa dilakukan manusia untuk menangkal kepunahan binatang, antara lain selaku berikut:

1. Melarang perburuan liar

Contoh keharusan insan terhadap binatang yg terancam punah yaitu melarang perburuan liar. Aktivitas perburuan liar menjadi salah satu aspek terjadinya kepunahan binatang. Oleh karena itu, perburuan liar mesti tidak boleh.

  Contoh Hewan Menyusui Yang Hidup Di Air Adalah A.Hiu B.Paus C.ikanBendeng D.Ikan Kakap​

2. Memperluas wilayah hutan lindung

Hutan yaitu kawasan hidup yg paling disukai oleh hewan. Memperluas hutan lindung akan membuat ruang gerak hewan menjadi lebih banyak. Sehingga, peluang untuk meningkat biak menjadi lebih baik lagi.

3. Membudidayakan hewan langka

Pembudidayaan binatang-binatang langka mampu menjadi penyelesaian mencegah terjadinya kepunahan hewan. Beberapa jenis binatang yg terancam punah, mirip gajah, warak, beruang, & lain-lain penting untuk dibudidayakan agar populasinya meningkat.

4. Menjaga habitat binatang

Habitat hewan sungguh penting untuk dijaga biar binatang bisa hidup dgn baik. Habitat menjadi faktor penunjang keberlangsungan kehidupan hewan. Oleh lantaran itu, salah satu kewajiban manusia ialah menjaga habitat hewan

5. Melarang Jual Beli Hewan Langka

Salah satu penyebab perburuan hewan langka adalah tingginya aktivitas jual beli kepada binatang langka. Biasanya, binatang-hewan tersebut dijadikan sebagai hewan peliharaaan atau diubah menjadi dekorasi. Kewajiban insan yakni melarang acara tersebut untuk mencegah kepunahan binatang.

6. Membuat aturan pinjaman hewan langka

Pembuatan aturan ihwal sumbangan binatang langka sungguh penting untuk dilaksanakan. Hal ini memperlihatkan landasan hukum terhadap bantuan hewan, utamanya hewan langka yg terancam punah.

7. Mengganti penggunaan cuilan tertentu dr badan binatang dgn materi sintesis

Ada banyak jenis hewan yg sering diambil bagian tubuhnya oleh insan untuk aneka macam jenis keperluan. Misalnya, kulit buaya sebagai materi pembuatan sepatu atau gading gajah sebagai bahan pelengkap. Aktivitas tersebut mesti dihentikan, selaku gantinya manusia bisa membuatkan bahan sintesis sebagai alternatif pengganti materi-materi tadi.

Demikianlah klarifikasi perihal Kewajiban Manusia Terhadap Hewan yg Terancam Punah. Bagikan materi ini agar orang lain pula mampu membacanya. Terima kasih, gampang-mudahan berguna.