Proses Metamorfosis pada Katak

Metamorfosis katak dlm materi kali ini akan menjelaskan wacana bagaimana proses daur hidup/siklus perkembangbiakan pada katak. Amfibi yg satu ini dlm melanjutkan generasinya, melaksanakan proses metamorfosis, yaitu perubahan bentuk & fungsi organ tubuh. Perubahan bentuk & fungsi ini terjadi sangat menonjol di setiap tahapannya. Itulah sebabnya kenapa sehingga metamorfosis pada katak disebut dgn metamorfosis sempurna. Nah, pada kesempatan ini kami akan menerangkan untuk Anda bagaimana proses metamorfosis tersebut berjalan di setiap tahapannya. Kami pula akan melengkapinya dgn gambar biar setiap tahap metamorfosis tersebut mampu terlihat jelas, selamat membaca.

Metamorfosis Katak

Urutan metamorfosis katak dimulai dr telur lalu menetas menjadi berudu (kecebong). Berudu menjelma katak kecil. Katak kecil lama-kelamaan menjadi katak remaja. Perhatikan gambar dibawah ini yg memperlihatkan proses metamorfosis pada katak:

Gambar Metamorfosis Katak

 dlm materi kali ini akan menjelaskan tentang bagaimana proses daur hidup Proses Metamorfosis pada Katak

Penjelasan Gambar Metamorfosis Katak

Katak betina akan mengeluarkan telur-telur mereka ke air yg hening, lalu dibuahi oleh katak jantan. Telur katak sungguh banyak & dilindungi oleh lendir supaya terlindungi dr aneka macam bahaya. Setelah telur menetas, maka keluarlah berudu atau kecebong. Kecebong akan tinggal di air selama hidupnya. Kecebong tak mempunyai kaki & tangan, cuma ekor saja & bernafas menggunakan insang. Setelah umurnya bertambah, kecebong akan mulai berkembang kaki serpihan belakangnya. Dengan tetap bernafas memakai insang, kecebong berkaki mencari makanannya di dlm air.

Kecebong ini akan terus meningkat hingga mulai tumbuh kaki serpihan belakangnya. Dengan tetap bernafas memakai insang, kecebong berkaki mencari makanannya di dlm air. Kecebong ini selanjutnya akan berubah menjadi katak muda. Katak muda masih mempunyai sedikit ekor, namun sudah tak hidup di air lagi. Katak muda mulai hidup di daratan sampai cukup umur. Setelah berkembang menjadi akil balig cukup akal, katak akan hidup di daratan & tak lagi memakai insang untuk bernafas. Katak dewasa akan kembali lagi ke air hanya untuk bertelur demi kelangsungan hidup generasi berikutnya.

Baca Juga:

Demikianlah uraian ihwal Proses Metamorfosis pada Katak, mudah-mudahan berfaedah.