Arti Wa Fiika Barakallah: Tulisan Arab (Lengkap)

Tahukah ananda apa arti dr Wa Fiika Barakallah? Lantas, bagaimana tulisan Arabnya? Nah, pertanyaan inilah yg akan kami berikan penjelasannya dlm bahan kali ini. Wa Fiika Barakallah adalah ucapan yg sering kita dengarkan selaku akibat dr ucapan Barakallahu Fiik. Jadi, tatkala ada orang yg memberikan ucapan Barakallahu Fiik, maka orang tersebut menjawab dgn Wa Fiika Barakallah.
 pertanyaan inilah yg akan kami berikan penjelasannya dlm materi kali ini Arti Wa Fiika Barakallah: Tulisan Arab (Lengkap)
Saling membalas ucapan telah menjadi tradisi umat muslim di seluruh dunia. Sebuah ucapan akan dibalas dgn ucapan lainnya. Bahkan, terdapat aturan tertentu mengenai ucapan & kesudahannya. Ucapan tertentu cuma boleh dijawab dgn ucapan tertentu pula. Ucapan & karenanya biasanya semakna sehingga terdapat saling ketercocokan.
Begitu pula yg berlaku pada Wa Fiika Barakallah. Ucapan ini cocok digunakan tatkala seseorang menunjukkan ucapan Barakallahu Fiik pada kita. Namun, disamping itu ada baiknya tatkala kita paham yg kita ucapkan. Mungkin saja kita telah mengetahui bahwa Wa Fiika Barakallah yaitu akhir Barakallahu Fiik, tetap kita belum mengenali arti dr ucapan ini.
Oleh alasannya adalah itulah, pada kesempatan kali ini kami akan menunjukkan arti dr Wa Fiika Barakallah sesuai sunnah atau sebagaimana yg berlaku dlm Islam. Kaprikornus, kita tak sekedar hanya mengucapkannya saja, tetapi kita telah mengetahui artinya. Selan itu, kami pula akan memperlihatkan bentuk goresan pena Arabnya.
Baca Juga:

Yuk, berikut ini urainnya…

Arti Wa Fiika Barakallah

Wa Fiika Barakallah yakni ucapan bahasa Arab yg memiliki arti “Semoga Allah pula memberkahimu”. Ucapan ini dipakai sebagai balasan atau jawaban dr ucapan Barakallahu Fiik (Semoga Allah memberkahimu). Kalau kita amati, arti dr kedua ucapan tersebut memiliki makna yg sama. Sehingga, sangat sesuai untuk digunakan untuk keperluan saling berbalas ucapan.
Ucapan ini berfungsi selaku doa keberkahan buat seseorang. Kita memohon pada Allah agar orang yg kita beri ucapan itu selalu mendapat keberkahan dr Allah Swt. Sebagai risikonya, orang itu pula akan mendoakan kita dgn ucapan yg sama.
Dalam Islam, memang kita diusulkan untuk saling mendoakan. Tatkala kita menerima ucapan atau doa kebaikan dr seseorang, kita direkomendasikan untuk membalasnya dgn ucapan yg setara atau lebih dr ucapan tersebut. Sebagaimana yg disebutkan dlm dalil berikut ini:
Dan barangsiapa yg berbuat baik pada kalian maka balaslah (kebaikannya) dgn kebaikan yg setimpal & jika kalian tak mendapat sesuatu untuk membalasnya kebaikannya maka berdo’alah untuknya sampai kalian merasa telah membalas kebaikannya. (HR. Bukhari & Muslim).

Tulisan Arab Wa Fiika Barakallah

Tulisan Arab dr Wa Fiika Barakallah adalah sebagai berikut:

وَفِيْكَ بَارَكَ اللهُ 
Tulisan Latin: Wa Fiika Barakallah
Arti: Semoga Allah pula memberkahimu

Wa Fiika Barakallah untuk Laki-laki & Perempuan

Berikut ini ialah hukum penggunaan ucapan Wa Fiika Barakallah untuk laki-laki, wanita, & pula orang banyak:
  • Untuk Laki-laki:Wa Fiika Barakallah
  • Untuk Perempuan: Wa Fiiki Barakallah
  • Untuk orang banyak: Wa Fiikum Barakallah
Demikianlah klarifikasi ihwal Wa Fiika Barakallah. Bagikan bahan ini semoga orang lain pula mampu membacanya. Terima kasih, gampang-mudahan bermanfaat.