Teknik Dasar Bulu Tangkis dan Penjelasannya

Teknik Dasar Bulu Tangkis ✓ Bulu  tangkis atau umumdi kenal dgn badminton merupakan olahraga permainan yg terkenal, terlebih di wilayah Asia termasuk Indonesia. Olahraga yg satu ini memiliki kompetisi cukup bergengsi, selain itu bisa pula mengisi waktu senggang.

Daftar Isi

1. Teknik Pegang Raket
2. Footwork (perpindahan kaki)
3. Teknik Service
4. Teknik Drive
5. Teknik Netting
6. Teknik Overhead

Jadi untuk kalian yg ingin menjadi pemain professional badminton, tentunya harus mengetahui teknik dasar bulu tangkis. Oleh karena itu, kita akan mengembangkan sedikit teknik dasar bulu tangkis yg bisa anda pelajari.

1. Teknik Pegang Raket

– Frohand Grip
Frohand grip merupakan teknik dasar bulu tangkis yg paling sering di pakai, sebab teknik ini memudahkan ketika memukul kok, utamanya untuk potongan sebelah kanan.

– American Grip
American grip memberi kelebihan dlm menghantam kok dgn keras atau smash, maka banyak pemain professional yg menggunakan teknik dasar bulu tangkis ini untuk memukul dikala kok tinggi.

– Backhand Grip
Backhand grip membuat arah pukulan kok sulit untuk di tebak, serta kok akan meluncur lebih singkat & membuat lawan susah untuk mengembalikannya.

  Bulu  tangkis atau biasa di kenal dgn badminton merupakan olahraga permainan yg pop Teknik Dasar Bulu Tangkis & Penjelasannya

2. Footwork (perpindahan kaki)

Perpindahan kaki ke kanan, kiri, depan, & belakang menjadi teknik dasar bulu tangkis yg mesti secepatnya dikuasai. Pasalnya teknik ini menjadi sangat vital dlm permainan badminton. Oleh karena itu, pemain mesti bisa lincah & mempunyai refleks yg baik untuk mengembalikan pukulan lawan.

3. Teknik Service

– Service Forehand Pendek
Service forehand pendek berguna untuk memaksa musuh dlm posisi bertahan, serta menciptakan lawan menghantam kok menjadi tinggi, sehingga kita mampu melaksanakan smash & mengarahnya ke kawasan yg susah di jangkau.

  Teknik Membaca Cepat

– Service Forehand Tinggi
Forehand tinggi menjadi teknik dasar bulu tangkis yg biasa di pakai oleh pemain tunggal. Tatkala menghantam kok ia akan mengarahkannya tinggi ke atas & menjadikannya turun tegak lurus di garis belakang, sehingga lawan akan mengira kok keluar.

– Service Backhand
Service backhand banyak dipakai oleh pemain ganda. Hal ini bermaksud untuk meletakkan kok dekat dgn garis serang & menciptakan kok bergerak sedekat mungkin dgn net.

Baca Juga : Contoh Artikel Olahraga

4. Teknik Drive

Teknik pukulan drive merupakan pukulan keras yg mendatar, teknik dasar bulu tangkis ini lazimnya dipakai untuk membalas pukulan lawan. Bahkan, pukulan ini pula mampu membuat lawan tersudut.
Teknik drive bertumpu pada kecepatan perpindahan pegangan handle, serta peluang menanggapi arah kok. Selain itu gerakan bahu & kecepatan bergerak pula mensugesti kesuksesan pada pukulan drive.

5. Teknik Netting

Netting sering digunakan untuk mencuri poin, dimana kok diarahkan sedekat mungkin, sehingga menciptakan lawan terpaksa mengembalikan kok dgn tanggung & langsung di sergap dgn pukulan keras. Teknik dasar bulu tangkis ini bergantung pada refleks  & kecepatan dlm mengambil keputusan, sehingga arah kok sulit untuk dikembalikan.

6. Teknik Overhead

– Pukulan Smash
Smash mesti dikuasai oleh pemain badminton, dimana pemain akan menghantam dgn keras & mengarah ke bawah area lawan. Teknik dasar bulu tangkis ini bermaksud untuk menciptakan musuh mati, sementara untuk menerima hasil yg optimal, semestinya sambil melompat tinggi.

– Pukulan Dropshot
Dropshot ialah teknik tipuan, dimana pemain berpura-pura ingin melaksanakan smash & memukul dgn keras, sementara kok diarahkan bersahabat dgn net. Teknik dasar bulu tangkis ini sungguh ampuh untuk menciptakan musuh mati langkah.

  Pengertian Tipografi, Fungsi Dan Contohnya Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:

1. Teknik Dasar Bola Basket & Penjelasannya

2. Cara Membuat NPWP Secara Online

Itulah beberapa teknik dasar bulu tangkis yg perlu dikuasai dlm olahraga permainan bulu tangkis. Dengan gosip ini anda kian berkesempatan besar untuk mendapat kemenangan dlm permainan.