Artikel Puasa

Puasa merupakan tindakan untuk menahan diri dr makan & minum serta hal-hal yg membatalkan puasa dgn periode waktu tertentu & dgn syarat tertentu guna memajukan ketakwaan pada Allah SWT. Berikut acuan postingan puasa antara lain selaku berikut:

A. Puasa Senin Kamis
✓ Berpuasa merupakan salah satu ibadah yg sangat diusulkan oleh Nabi Muhammad SAW. Sudah menjadi kewajiban atau kewajiban bagi seorang muslim (penganut agamaIslam) untuk menjalankan puasa wajib di bulan Ramadhan. Namun ada pula puasa di luar bulan Ramadhan yg bisa dijalankan oleh umat Islam, yakni puasa sunnah. Baca selengkapnya: Puasa Senin Kamis

B. Puasa Daud
✓ Kewajiban berpuasa dgn terang sudah disebutkan dlm Al-Alquran surat Al-Baqarah 183, sehingga bagi orang-orang yg beriman, hal yg demikian ini menjadi suatu kewajiban. Terlepas dr wacana tersebut yg notabene ialah puasa Ramadhan, ada pula berbagai jenis puasa sunnah yg kalau dijalankan akan mendapatkan pahala & jika ditinggalkan tak akan menerima dosa. Satu dr sekian banyak jenis puasa sunnah yg mungkin sudah banyak diketahui oleh umat muslim yaitu puasa daud. Baca selengkapnya : Puasa Daud

C. Keistimewaan Puasa Syawal Bagi Umat Islam
✓ Bulan Syawal merupakan waktu yg sungguh tepat untuk memohon maaf pada saling sesama & sang maha pencipta. Dalam rangka pelaksanaan hari Raya Idul Fitri yg jatuh pada bulan Syawal pastinya sungguh istimewa sekali. Semua orang saling memaafkan atas perbuatan yg dilakukannya selama satu tahun kemudian. Pada bulan Syawal ternyata tak cuma saling memaafkan saja namun anda pula melaksanakan puasa Syawal yang istimewa.

1. Waktu Pelaksanaan Puasa Syawal
2. Hikmah Keistimewaan Puasa Syawal

D. Mengenal Puasa Arafah Dan Keutamaannya Yang Luar Biasa

 merupakan tindakan untuk menahan diri dr makan & minum serta hal Artikel Puasa

✓ Puasa merupakan salah satu ibadah umat islam yg mesti dilaksanakan. Ada puasa wajib & puasa sunnah yg harus dikerjakan oleh setiap muslim. Baik puasa wajib maupun sunnah sudah diputuskan kapan waktunya. Misalkan sebelum hari Raya Idul Fitri ada puasa Ramadhan yg wajib dilaksanakan. Contoh untuk puasa sunnah yaitu puasa Arafah yang dilaksanakan sebelum hari Raya Idul Adha.

Rasulullah  sungguh melaksanakan puasa sunnah Arafa, bahkan dia menanti datangnya puasa ini dgn bangga.

1. Pelaksanaan Puasa Arafah Bagi Umat Muslim
2. Keutamaan Puasa Arafah Bagi Yang Melaksanakannya

E. Puasa Muharram
✓ Umat Islam di dunia tentu tahu, bahwa ada banyak ibadah puasa yg bisa dilakukan selain puasa Ramadhan, salah satunya yakni puasa Muharram. Namun belum ada tanggal yg pasti untuk melaksanakan mengawali puasa.

1. Sejarah Puasa Bulan Muharram
2. Keistimewaan dr Bulan Muharram
3. Dasar Hukum Puasa Muharram
4. Hukum Puasa Muharram, Sunnah
5. Puasa Muharram sebagai Penghapus Dosa
6. Puasa Tidak Hanya 10 Muharram

F. Puasa Asyura
 Merupakan amalan puasa di bulan Muharram yg dianjurkan, dimana puasa dilakukan pada 10 Muharram. Berpuasa di hari itu, bisa menghapus dosa-dosa kita selama satu tahun yg lalu.  Sementara para ulama setuju bahwa hukum puasa di hari ini adalah sunnah atau tak wajib.

1. Sejarah Puasa Asyura Dilaksanakan
2. Sebagai Motivasi Menjalankan Puasa

Demikian contoh beberapa postingan puasa yg gampang-mudahan berguna. Terimakasih