✓ Sejarah Bola Voli Indonesia dan Internasional

Sejarah Bola Voli Indonesia & Internasional ✓ Tim dlm permainan bola voli ada 2 kelompok, & masing-masing tim terdiri atas 6 pemain sehingga kalau sedang dimainkan maka jumlahnya 12 pemain. Namun seiring waktu terdapat pula boa voli pantai yg merupakan variasi dr permainan ini, jumlah pemain untuk masing-masing tim yaitu 2 orang, sehingga jika dlm satu permainan bola voli pantai jumlah pemainnya sebanyak 4 orang.

Pada level Internasional, Induk dr bola voli berjulukan FIVB (Federation Internationale de Volleyball). Sedangkan induk organisasi pada level Indonesia yaitu PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

Sebelumnya kita sudah membicarakan mengenai posisi pemain bola voli & ukuran lapangan bola voli yg ada di blog www.wargamasyarakat.org ini. Namun pada kali ini kita akan mencar ilmu bareng mengenai sejarah bola voli yg mudah-mudahan mampu menambah pengetahuan mengenai permainan bola voli.

Daftar Isi

1. Asal Mula Olahraga Bola Voli
2. Berkembang ke Seluruh Dunia
3. Sejarah Bola Voli di Indonesia

Ayo membaca….!!!

1. Asal Mula Olahraga Bola Voli

Bahasan mengenai sejarah bola voli ini dapat dilihat dengan-cara global (internasional) & dengan-cara local (Indonesia). Mulanya Olahraga Bola Voli Bernama Mintonette.

Jika kita cermati permainan bola voli terdiri atas 4 macam kombinasi permainan bola dasar yg kemudian dijadikan satu, antara lain:
a). bola basket,
b). baseball,
c). tenis, dan
d). bola tangan (handball).

Sejarah Bola Voli

Sejarah Bola Voli Indonesia & Internasional ✓ Sejarah Bola Voli Indonesia & Internasional

Pemaianan bola voli untuk pertama kalinya ditemukan oleh William G. Morgan dgn nama Mintonette, tberbda dgn nama yg ada kini yakni Volleyball.

  Pengertian Psikologi Klinis

Baca pula : Pengertian Bola Voli

William G. Morgan
Seperti  yg sudah diterangkan bahwa penemu dr permainan bola volo yakni : William G. Morgan, yg mana ia lahir pada tahun 1870 & meninggal dunia pada tahun 1942. William G. Morgan  merupakan seorang instruktur pendidikan jasmani atau dlm Bahasa Inggris disebut selaku Director of Phycal Education di YMCA. Penemuan atas olahraga Mintonette yakni pada tanggal 9  Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat.

Organisasi YMCA
YMCA merupakan abreviasi atas Young Men’s Cristian Association. YMCA diresmikan pada tanggal 6 Juni 1884 di London, Inggris oleh George William. Asosiasi ini merupakan suatu organisasi yg ditujukan untuk mengajarkan tentang anutan agama Nasrani pada para memuda-perjaka. Di YMCA terdapat akomodasi–fasilitas yg memang disediakan untuk cowok-perjaka, kemudahan yanga da misalnya fasilitas olahraga & penginapan.
Terinspirasi dr Permainan Bola Basket

Sejarah bola voli mencatat bahwa ditemukannya olahraga Mintonette (bola voli) yakni setelah William G. Morgan sesudah beliau berjumpa dgn James Naismith, di mana James Naismith merupakan penemu atau pencipta olahraga bola basket. James Naismith pula merupakan seorang instruktur pendidikan jasmani.

Pada awalnya, diciptakannya pertarungan bola voli ini yaitu untuk para anggota YMCA yg sudah tak muda lagi. Oleh karenanya permainannya dirancang tak seaktif permainan bola basket.

Peraturan Pertama Bola Voli
William G Morgan pastinya meruakan pembuat peraturan permainan bola voli. Beliau membuat sebuah jaring yg tingginya 1,98 meter, kemudian jarring tersebut dipasang di tengah-tengah lapangan. Untuk ukuran lapangan bola voli yaitu 7,6 meter x 15,2 meter. Sedangkan setiap pertandingan durasinya 9 sesi dgn 3 kali servis yg dilakukan oleh masing-masing tim di setiap sesinya.

Berganti Nama Menjadi Bola Voli
Perubahan nama dr olahraga Mintonette menjadi volleyball atau bola voli  yaitu pada tahun 1896. Pada awal tahun 1896, William G Morgan dipanggil Dr. Luther Halsey Gulick (Beliau yaitu merupakan Director of the Professional Physical Education Training School yg pula sekaligus Executive Director of Department of Physical Education of the International Committee of YMCA) agar mendemonstrasikan permainan yg gres temukan/diciptakannya tersebut dlm suatu pertemuan di stadion kampus YMCA. Pada kesempatan itu William G Morgan membawa 2 tim yg mana untuk setiap tim terdiri atas 5 orang angota. Pada waktu itu seluruh pelatih pendidikan jasmani hadir. William G Morgan pertanda bahwa permainan yg diciptakanya tersebut mampu dimainkan di dlm ruangan maupun di luar ruangan. Beliau menjelaskan bahwa permainan tersebut mampu dimainkan oleh banyak pemain, tak ada persyaratan jumlah pemain.
Prinsip permainan ini yaitu agar bola tetap bertahan & tetap bergerak melewati net ke kawasan permainan lawan.

Baca pula : Teknik Dasar Bola Voli

2. Berkembang ke Seluruh Dunia

Seiring pertumbuhan zaman, maka hukum permainan bola voli mulai mengalami pergantian bertahap. Pada tahun 1916, pemakaian teknik spike atau smash mulai diperkenalkan. Kemudian 4 tahun sesudahnya yaitu pada tahun 1920, diciptakanlah peraturan yaitu 3 kali sentuhan dgn jumlah skor simpulan pula mengalami pergantian. Pada mulanya skornya yaitu 15 poin bermetamorfosis 21 poin. Di tahun 1900, olahraga ini mulai berkembang ke negara lain selain Amerika, yakni negara Kanada.

Dan pada risikonya menjadi meluas ke aneka macam negara. Kemudian di tahun 1947 dibentuk suatu federasi bola voli internasional dgn nama Federation Internationale de Volleyball (FIVB) atau Federasi Internasional Bola Voli. Pada tahun 1949 merupakan untuk yg pertama kalinya kejuaraan olahraga bola voli dunia dipertandingkan. Itulah sejarah singkat bola voli pada level internasional.
Lalu bagai mana sejarah olahraga bola voli di Indonesia?

  10 Negara Penghasil Karet Terbesar di Dunia

3. Sejarah Bola Voli di Indonesia

Ayo membaca….!!!

Masuknya permainan bola voli ke Indonesia untuk pertama kalinya yakni pada tahun 1928. Pada dikala itu permainan bola voli hanya dimainkan oleh para aristokrat & orang-orang belanda saja. Para guru pendidikan jasmani & pula tentara mempunyai peran dlm pengenalan & pertumbuhan olahraga bola voli di Indonesia. Mereka gemar melakukan permainan di asrama & pula di lapangan terbuka. Selain itu mereka pula gemar menyelenggarakan pertarungan bola voli antar kompeni.

Terbentuknya PBVSI
Tidak membutuhkan waktu yg usang untuk pekembangan olahraga bola voli di Indonesia, hal ini dibuktikan dgn hadirnya berbagai klub bola voli, utamanya di kota – kota besar. Fenonema tersebut kemudian direspon dgn dibentuknya PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) pada tanggal 22 Januari 1955 di Jakarta. Dan serentak dgn itu juga, diadakan pertandingan kejuaraan olahraga bola voli nasional untuk yg pertama kalinya.

Mulai Dipertandingkan Secara Resmi
Menjelang diadakannya Asian Games IV pada tahun 1962 & dilanjutkan dgn Ganefo I di tahun selanjutnya, yaitu tahun 1963 sehingga kemajuan permainan bola voli makin melambung. Hal tersebut untuk semua kategori, baik pertarungan tim putra maupun tim putri. Di tahun 1951 pada bulan Oktober, bola voli mulai dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) II yg diadakan di Jakarta.

Itulah postingan pengetahuan lazim wacana sejarah bola voli baik pada tingkat Internasional maupun local (Indonesia) yg gampang-mudahan bermanfaat. Perlu dikenali bahwa olahraga bola voli merupakan salah satu olahraga yg digemari & senantiasa ada dlm setiap kejuaraan olahraga di Indonesia.