(Definisi) Pengertian Nasionalisme Beserta Contoh Sikapnya

Dari kecil teman-sobat pasti telah sering mendengar kata Nasionalisme, bahkan sangat sering didapatkan di dlm buku pelajaran pada saat mencar ilmu di sekolah. Tapi tahukah sobat-teman apa pengertian Nasionalisme itu sendiri?

Daftar Isi

1. Pengertian Nasionalisme
2. Contoh Sikap Nasionalisme

Pengertian Nasionalisme Beserta Contoh Sikapnya

teman pasti sudah sering mendengar kata Nasionalisme (Definisi) Pengertian Nasionalisme Beserta Contoh Sikapnya

Pengertian Nasionalisme

Sejak dahulu anak-anak diajarkan untuk menanamkan rasa nasionalisme di dlm hati. Hal ini perlu dijalankan lantaran memang nasionalisme sungguh penting dlm kehidupan bernegara. Secara umum,  pengertian Nasionalisme yaitu rasa cinta terhadap tanah air, rasa peduli terhadap negara & semacamnya.

Tentu saja hal ini sungguh penting ditumbuhkan dlm hati setiap warga negara, sehingga rasa peduli & rasa cinta terhadap negara akan tetap ada & terus berkembang. Sedangkan dlm memperlihatkan rasa nasionalisme, ada banyak hal yg mampu Anda kerjakan. Saat ini nasionalisme tak lagi cuma ihwal bela negara dgn berperang. Namun lebih jauh dr hal itu. Berikut ini yakni beberapa contoh nasionalisme yg bisa Anda kerjakan selaku warga negara.

Contoh Sikap Nasionalisme

1. Mencintai Dan Menggunakan Produk Dalam Negeri
Banyak yg menganggap hal ini selaku wacana & ajang promosi. Padahal menggunakan produk dlm negeri ialah salah satu wujud dr rasa nasionalisme itu sendiri. Karena pada kenyataannya produk asing tak semuanya lebih baik dr produk lokal. Pola pikir tentang mutu produk impor lebih baik dr produk setempat adalah salah satu bentuk kurangnya rasa nasionalisme.

Perlu Anda ketahui, dgn memakai produk dlm negeri,Anda sudah ikut berpartisipasi dlm mengembangkan kesejahteraan penduduk Indonesia. Hal ini bukan berarti Anda dilarang untuk memakai produk ajaib, cuma saja kalau produk setempat lebih baik, kenapa mesti gunakan yg lain.

  Pengertian Musik Dilihat Dari Berbagai Sudut Pandang Ahli

2. Melestarikan Kebudayaan
Setiap negara memiliki budaya & kearifan setempat masing-masing, tergolong Indonesia. Bahkan Indonesia menjadi salah satu negara yg kaya akan budaya. Dalam hal ini, melestarikan budaya lokal pula salah satu wujud dr rasa nasionalisme. Ada banyak cara yg bisa Anda lakukan dlm melestarikan kebudayaan lokal. Sayangnya saat ini budaya ajaib justru lebih terkenal di Indonesia, terutama di golongan generasi muda.

Oleh alasannya itu, pengertian mengenai pengertian nasionalisme sungguh-sungguh diharapkan. Sehingga kesadaran masyarakat akan pentingnya nasionalisme terus berkembang. Hal ini yg justru mulai memudar. Perlu adanya peran aktif dr setiap golongan penduduk untuk menumbuhkan rasa nasionalisme, tergolong sobat-teman.

3. Menjaga Toleransi
Seperti yg telah sahabat-sobat ketahui,Indonesia adalah salah satu negara dgn budaya & kearifan setempat yg hebat. Di Indonesia sendiri ada beberapa agama yg diakui oleh negara. Dalam hal ini menjaga Toleransi yakni salah satu wujud nasionalisme yg sesungguhnya. Toleransi budaya, agama, suku & lain sebagainya. Masyarakat Indonesia perlu pengertian yg baik akan hal ini.

Pada pada dasarnya semua perbedaan yg ada, tak akan menjadi problem kalau teman-sahabat memiliki jiwa nasionalisme. Rasa cinta kepada negara akan meleburkan ego & perbedaan yg ada. Sejauh ini toleransi di Indonesia cukup baik, & hal ini mesti terus dijaga. Menjaga toleransi sama saja menjaga negara, apalagi lagi di Indonesia yg memang memiliki banyak suku bangsa & agama.

4. Tidak Melupakan Sejarah
Kehidupan yg ada ketika ini tak terlepas dr jasa leluhur. Bagaimanapun pula perjuangan menjaga negara sudah dilaksanakan semenjak dahulu. Sejarah yg panjang menjadi saksi sulitnya menjaga negara. Mengingat & menghargai sejarah yakni salah satu buku nasionalisme.

  EMAS : 4 Cara untuk Membersihkan Perhiasan Logam Emas

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:

1. Pengertian Teks Eksplanasi

2. Pengertian Obligasi

Itulah beberapa hal wacana pengertian nasionalisme yg mampu sobat-sahabat ketahui. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk sahabat-sobat. Jangan lupa untuk menanamkan jiwa nasionalisme, tetapi jangan mengabaikan nilai toleransi dlm hidup bermasyarakat.