Apa Prinsip Demokrasi?

Kita sering mendengar kata “ Demokrasi”. Sudah pasti, lantaran memang negara kita ialah negara Demokrasi, tepatnya berjulukan Demokrasi Pancasila. Sebuah prinsip negara yg berpihak pada rakyat sepenuhnya, sehingga masyarakat akan selalu diberi tahu ihwal semua kebijakan yg dijalankan pemerintah. Maka dr itulah, prinsip demokrasi mesti diamati dgn benar & mesti dilaksanakan dgn baik.

Demokrasi sendiri artinya adalah dr rakyat, oleh rakyat, & untuk rakyat. Semua hal yg dilakukan atau yg dilaksanakan oleh pemerintah ialah untuk kepentingan rakyat. Di mana pengambilan keputusan pun melibatkan penduduk . Indonesia sendiri yakni negara yg menganut keras prinsip kenegaraan yg satu ini.

Contoh kasatmata dr penerapan prinsip ini ialah pelaksanaan Pemilu atau Pemilihan Umum. Pemilihan ini dilakukan untuk memilih presiden, wakil rakyat, hingga dgn kepala desa. Sebelumnya pemilihan tersebut cuma dijalankan intern forum pemerintahan saja, sehingga rakyat tak mengenal siap pemimpinnya & atau siap wakil rakyatnya.

Kebijakan-kebijakan eksklusif dikeluarkan tanpa kita ketahui siapa sebenarnya sosok pemimpin kita. Kita tak mengenal mereka, tetapi tiba-datang mesti mematuhi semua kebijakannya. Alhasil kebijakan tak berlangsung tanpa hambatan karena tak ada kerja sama yg baik dgn masyarakat selaku sasaran kebijakan-kebijakan yg ada.

Keadaan terus berlanjut, hingga akhirnya timbul istilah Demokrasi. Bukan cuma muncul selaku wacana saja, melainkan pula diterapkan. Indonesia pun jadinya menjadi Negara Demokrasi dgn beberapa prinsip demokrasi yg pastinya berpihak pada rakyat.

7 Prinsip Demokrasi yg wajib kita ketahui 

Bukan cuma patuh saja, sebagai rakyat kita pula mesti tahu semua perihal Demokrasi. Mulai dr konsep hingga dgn prinsip-prinsipnya. Berikut yaitu prinsip-prinsip dr Demokrasi :

  Pengertian Psikologi Klinis

1. Prinsip Jaminan Kebebasan Pers
Kaitannya ialah dgn peran pers sebagai jembatan untuk menjalin keeratan relasi rakyat dgn pemerintah. Pers memberitakan, meliput, & selalu menginformasikan apa saja kebijakan modern yg dibuat oleh pemerintah, sehingga penduduk tak ketinggalan. Prinsip ini mampu kita rasakan kini ini, dgn gencarnya pekerja pers untuk mengupdate info-isu modern.

Prinsip Demokrasi

 karena memang negara kita adalah negara Demokrasi Apa Prinsip Demokrasi?

2. Prinsip Penegakan Hukum & Persamaan Hukum
Semua penduduk mempunyai kedudukan yg sama di hadapan hukum. Tanpa memandang status, pekerjaan, kekayaan, level sosial, keayuan, jabatan, atau lainnya, bahwa semua uang bersalah mesti di aturan. Hukum tak akan menentukan-milih untuk menjatuhkan sanksinya.

3. Prinsip Jaminan HAM
Setiap orang sejak lahir telah mempunyai hak asasi, untuk itulah negara pula wajib menjaminnya. Ada Komnas HAM atau Komisi Nasional Hak Asasi Manusia yg menjadi forum khusus untuk menjamin hak asasi rakyat Indonesia. Dengan adanya Komnas HAM ini, setia langkah-langkah penyelewengan HAM akan pribadi ditindaklanjuti.

4. Prinsip Kebebasan untuk Berserikat & Mengeluarkan Pendapat
Masyarakat bebas untuk membentuk asosiasi atau golongan tertentu. Kelompok-golongan tersebut mesti yg banyak manfaatnya, sehingga akan memperlihatkan imbas positif bagi lingkungan sekitarnya. Fungsi dr adanya perkumpulan ini pula ialah untuk memuat usulan-pendapat masyarakat yg kemudian diteruskan ke pemerintah.

5. Prinsip Negara berdasarkan Konstitusi
Prinsip Demokrasi ini penting, karena menjadi pedoman pelaksanaan demokrasi & semua kebijakan pemerintah. Konstitusi ini yaitu berupa undang-undang yg didalamnya terdapat pasal-pasal lengkap terkait dgn penyelenggaraan negara yg baik & benar.

6. Prinsip Pergantian Kekuasaan sesuai dgn peraturan
Di mana pemerintahan mesti memiliki pemimpin yg terus berkembang. Negara harus dipimpin oleh pemimpin yg berkompeten. Bukan cuma satu orang saja. Maka dr itulah Negara Demokrasi mengharuskan pergantian pemimpin negara dengan-cara berkala. Pemilu yaitu sarana untuk memilih penguasa negara yg akan dikerjakan setiap lima tahun sekali.

  6 Rukun Iman, Apa Saja?

7. Prinsip Peradilan yg bebas & Adil
Peradilan yaitu pemutus sanksi yg akan didapatkan oleh orang-orang yg bersalah. Demokrasi mewajibkan peradilan yg tak memihak pihak manapun dlm menetapkan. Dan mesti tegas & bersikap seadil-adilnya.

Pemilihan prinsip demokrasi untuk dipraktekkan di negara tersayang ini bukanlah tanpa sebab & dipilih begitu saja. Ada pertimbangan matang, pengkajian terjadwal, serta tata kelola yg baik & benar. Bahkan didalamnya telah dada prinsip-prinsip penting yg mampu dijadikan pola.

Pentingnya mengetahui prinsip-prinsip demokrasi ini, maka akan tahu apa saja hak & kewajiban kita sebagai masyarakat. Kita yaitu pemegang kendali jalannya demokrasi yg baik di negara tersayang ini, demi keutuhan bangsa & negara.