close

Permasalahan Pengangguran Dan Cara Penanggulangannya

Permasalahan Pengangguran dan Cara Penanggulangannya – Pertumbuhan masyarakatyang pesat dan tidak merata serta tanpa diimbangi dengan pencapaian kualitas SDM yang tinggi mengakibatkan muculnya aneka macam masalah-masalah kependudukan.
Rendahnya tingkat kesehatan penduduk dan tingginya angka kelemahan gizi penduduk , secara biasa dapat mempunyai pengaruh pada rendahnya daya pikir dan kemampuan kerja penduduk. Oleh sebab itulah pada sebagian besar negara-negara meningkat dan negaranegara miskin, mutu SDM-nya masih rendah, baik dalam pengetahuan maupun keterampilan. Hal itulah yang menjadi salah satu penyebab tingginya angka pengangguran. Karena kebanyakan penduduk-penduduk tersebut susah tertampung di dunia kerja.
Sebelumnya tentang Permasalahan Kesehatan dan Cara Penanggulangannya ini dapat menambah wawasan anda
Di samping itu, penyebab tingginya angka pengangguran yakni rendahnya kualitas pendidikan masyarakatdan tingginya kuantitas penduduk. Pertumbuhan penduduk yang tinggi tidak diimbangi dengan pertumbuhan lapangan kerja, menjadikan tingkat kompetisi tinggi dan tingkat kesempatan kerja cenderung menurun.
Permasalahan Pengangguran dan Cara Penanggulangannya Permasalahan Pengangguran dan Cara Penanggulangannya
Untuk menangani problem pengangguran diharapkan dua perjuangan penanggulangan, yaitu perjuangan perbaikan mutu SDM dan penciptaan lapangan kerja. Adapun usaha-perjuangan tersebut, antara lain:
1) Peningkatan kemampuan kerja penduduk
Program ini mampu dilakukan melalui pendidikan keterampilan singkat maupun berjangka di Balai Latihan Kerja (BLK).
2) Pembentukan Tenaga Kerja Muda Mandiri Profesional
(TKMMP)
Program ini bermaksud mencari anak-anak muda memiliki potensi di masing-masing kawasan untuk kemudian dibimbing, dibina, dan dibentuk menjadi seorang yang mandiri dan profesional. Dari program ini dibutuhkan akan timbul tenagatenaga kerja muda yang mampu membuka usaha-perjuangan sendiri sehingga mampu menyerap tenaga kerja.
3) Pelaksanaan padat karya
Padat karya yakni perjuangan yang lebih mengedepankan penggunaan dan perembesan tenaga kerja dalam jumlah besar daripada modalnya.
4) Penciptaan iklim usaha dan investasi yang kondusif
Hal ini terkait dengan stabilitas sosial, ekonomi, dan politik. Jika stabilitas di masing-masing aspek tersebut aman, maka akan banyak orang termotivasi untuk membuka perjuangan.
Bahkan akan memancing investor gila untuk berinvestasi dan membuka perjuangan di Indonesia. Dengan demikian akan mampu memperbesar lapangan pekerjaan baru.
Sekian saja mengenai Permasalahan Pengangguran dan Cara Penanggulangannya, biar ini mampu bermanfaat dan terimakasih