√ 3 Jenis Status Sosial dan Contohnya di Masyarakat

Macam Status Sosial & Contohnya

Status sosial sejatinya berafiliasi akrab dgn syarat interaksi sosial & tugas sosial yg dimiliki oleh seseorang. Alasannya alasannya status sosial ini bisa terbentuk apabila seseorang melakukan proses sosial & interaksi sosial di masyarakat.

Sementara itu untuk status sosial seseorang menuntutnya untuk melaksanakan suatu peranan sosial. Oleh karenanya, ketiganya komponen ini sungguh dekat berkaitan & sulit untuk dipisahkan. Disisi yg lain setidaknya pembagian atas status sosial mampu dibagi dlm berbagai macam yakni ascribed status, achieved status, & assigned status.

Status Sosial

Status sosial yakni posisi strategis yg diperoleh seseorang dlm suatu acuan kalangan sosial di masyarakat lewat komponen-komponen yg ada dlm dirinya seperti adanya kepemilikan atas kekayaan, jabatan perpolitikan, tingkat pekerjaan, & pendidikan.

Sehingga abstraksi dibandingkan dgn perwujutan status inilah memiliki pengaruh besar dlm lingkungan sosial untuk kemudian di hormati & dihargai.

Jenis Status Sosial

ascribed status, achieved status, & assigned status

Adapun untuk macam status sosial di masyarakat yg gampang ditemukan dlm kehidupan sehari-hari, yaitu;

  1. Ascribed Status

Status sosial ascribed status ialah status yg diperoleh atau didapatkan dengan-cara otomatis tanpa perlu diperjuangkan terlebih dulu, sehingga status sosial ini memiliki sifat yg kebanyakan tertutup, yakni hanya akan dimiliki oleh orang-orang tertentu yg statusnya sama dgn status orang tuanya.

Pembagian bentuk dr jenis status sosial dlm penjabaran ascribed status ini adalah selaku berikut;

  1. Keturunan

Asal keturunan merupakan status yg pribadi didapatkan seseorang tanpa mesti berusaha bagi seseorang untuk menggapainya. Bisanya sistem sosial seperti ini terdapat dlm kekuasaan yg monarki berupa kerajaan dgn gelar pangeran maupun bangsawan.

Contoh Ascribed Status dlm Keturunan

Terdapatnya susunan Raja-Raja Jawa yg mewariskan tahtanya pada anak-anaknya, fenomena sosial seperti sungguh gampang didapatkan hingga kini.

  1. Jenis kelamin

Jenis kelamin pula menjadi status yg pribadi dimiliki seseorang tanpa harus ada usaha untuk menggapainya, karena ini yakni hakekat insan yg diberikan oleh sang pencipta.

Contoh Ascribed Status dlm Jenis Kelamin

Adanya Fitri selaku seorang perempuan yg harus mengenakan busana wanita mirip rok & kerudung bagi umat Islam. Komponen yg dipakai Fitri bukan cuma dianggap nilai sosial tetapi lebih pada mempertahankan keteraturan sosial yg telah diciptakan.

  1. Achieved Status

Achieved status ialah jenis status sosial yg sengaja dicapai atau diusahakan oleh seseorang. Status sosial ini bersifat terbuka & tak didasarkan pada kelahiran, keturunan, atau pun jenis kelamin. Status ini sangat bergantung pada kemampuan individu seseorang untuk meraih status tersebut.

Bentuk-bentuk dr status sosial ini yaitu:

  1. Prestasi

Salah satu bentuk achieved status ini didapat karena berhasil menjangkau jenjang pendidikan yg tinggi atau menjadi juara dlm suatu perlombaan atau kejuaraan. Sehingga arti apresiasi masyarakat terhadap orang yg berprestasi pula orang-orang berprestasi lebih. Biasanya, penduduk akan memberi apresiasi yg tinggi pada orang-orang berprestassi tersebut.

Contoh Achieved Status dlm Prestasi

Contoh status sosial ini contohnya saja tampakdr adanya Lalu M Zohri yg pernah menjadi Juara Dunia Lari 100 Meter Tahun 2018. Pemuda asal Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut berhasil menjadi pelari pertama Indonesia dlm sejarah, meskipun ia sendiri berlatar belakang dr keluarga yg kurang bisa pada masa lalunya.

  1. Kekuasaan atau Jabatan

Status ini didapat sesudah seseorang berusaha keras untuk meraih suatu jabatan di tingkat tertentu, baik itu di tingkat perusahaan maupun di tingkat negara. Apresiasi orang akan meninggi jikalau seseorang berhasil menjangkau sebuah status jabatan tertentu.

Contoh Achieved Status dlm Kekuasaan

Jokowi yg dahulunya menjadi seorang Mabel (Pedagang Kayu di Jawa Tengah, Khususnya Surakarta) pada saat ini ia telah menjadi Presiden Republik Indonesia selama dua periode tepatnya dr Tahun 2014 hingga dgn Tahun 2024.

  1. Kualitas pribadi

Bentuk dr jenis acheved status ini bisa didapat dr pendidikan & pengalaman. Arti pendidikan & pengalaman ini akan membuat seseorang dihargai & dituakan di lingkungan masyarakat, walaupun kadangkala masih kalah dgn kepemilikan atas kekayaan.

Contoh Achieved Status dlm Kualitas Pribadi

Misalnya saja adanya seorang Pemuda dr Aceh yg sukses menerima beasiswa kuliah di Harvard & lulusa selaku mahasiswa terbaik. Padahal ia dahulunya menjadi anak pedalaman yg untuk memenuhi arti keperluannya hidupnya mirip makan saja sulit, akan tetapi karena ada kualitas atas pribadinya tersebut karenanya ia tatkala pulang di Aceh memiliki kawasan tersendiri di penduduk .

  1. Assigned Status

Assigned status ialah jenis status sosial yg diberikan atau dipasrahkan dengan-cara sengaja dr penduduk pada orang-orang atau kalangan yg sudah berjasa memperjuangkan banyak sekali kepentingan & keperluan hiudp dlm masyarakat.

Contoh Achieved Status dlm Assigned Status

Terdapatnya status terkait adanya Pahlawan Nasional yg ada di Indonesia dr tahun ke tahun merupakan bentuk terciptanya status sosial yg berjenis assigned status yg mana seseorang memperolehnya karena berjasa bagi Kemerdekaan & Pengisi Kemerdekaan di Indonesia.

Nah, itulah tadi serangkain klarifikasi serta pengulasan dengan-cara lengkap yg bisa kami peroleh serta bagikan pada pembaca terkait dgn jenis-jenis status sosial scribed status, achieved status, & assigned status beserta dgn misalnya dlm kehidupan sehari-hari.

  7+ Unsur-Unsur Kebudayaan Dalam Penduduk Dan Klarifikasi [Lengkap]