1. Dengan menyingkir dari judi kita…..
a. Hanya bergantung pada pembagian, sedekah dan angan-angan kosong
b. Makan harta orang lain dengan cara yang batil
c. akan berani menjual agama, harga diri dan tanah airnya demi permainan judi
d. mampu menimbulkan permusuhan dan kontradiksi diantara pemain-pemain itu sendiri
e. Terhindar dari kehancuran ekonomi dan permusuhan
2. Yang bukan tergolong cara menyingkir dari perjudian…..
a. bergaul dengan orang saleh
b. Menolak seruan berjudi
c. Menambah ilmu agama
d. Memahami bahaya perjudian
e. Mencoba-coba perjudian
3. Yang dimaksud dengan “Narkoba” ialah…..
a. Sesuatu yang nikmat
b. Sesuatu yang mahal harganya
c. Sesuatu yang menyenangkan
d. Sesuatu yang mampu menutup logika
e. Sesuatu yang langka
4. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
- Kampanye anti penyalahgunaan Narkoba
- Mengkonsumsi ekstasi dan sabu-sabu
- Mengetahui seluk beluk Narkoba sehingga tidak tertarik untuk menggunakannya
- Menghisap ganja tubuh bisa terasa bugar
- Mengawasi dan menertibkan distribusi Narkoba
dari pernyataan-pernyataan tersebut yang tergolong penanggulangan sikap memakan Narkoba adalah…..
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (3), dan (4)
c. (1), (3), dan (5)
d. (3), (4), dan (5)
e. (2), (4), dan (5)
5. dengan menyingkir dari Narkoba kita…..
a. dapat melumpuhkan anggota badan insan dan menurunkan kesehatan
b. Terhindar dari kerusakan nalar, jasmani dan ekonomi
c. Mengambil keuntungan dari pemasaran narkotik
d. dapat menghabiskan duit dan merobohkan rumah tangga
e. dapat mengusik kemurnian jiwa dan menghancurkaan tabiat
6. Penyalahgunaan Narkoba dapat mengakibatkan berbagai macam kerugian antara lain…..
a. Mengubah kepribadian seseorang secara dratis
b. Memiliki impian tinggi sehingga kehidupan menjadi terarah
c. Menjadikan orang tekun dan bersemangat untuk terus berupaya
d. Menunaikan keharusan secara istiqomah
e. Menjalankan tanggung jawab yang diemban
7. Termasuk fungsi ilmu Kalam ialah ….., kecuali
a. Menolak iktikad sesat
b. Memperkuat keyakinan Islam
c. Melemahkan akidah Islam
d. Membela dogma Islam
e. Menjelaskan aqidah Islam
8. Menurut sumber yang popular di golongan mahir ilmu kalam bahwa hadirnya perdebatan ilmu kalam ialah berawal dari …..
a. Persoalan ibadah
b. Persoalan Politik
c. Persoalan memahami problem-masalah ayat mutasyabihat
d. Masalah pribadi antar sahabat yang saling berlawanan usulan
e. Persoalan persoalan tafsir al-Qur’an
9. dibawah ini ialah hal-hal yang biasa dibicarakan dan diperdebatkan dalam bahasan ilmu kalam, kecuali …..
a. Siapa yang berhak menjadi khalifah
b. apakah al-Qur’an itu Qodim atau Hadis
c. apakah siksa kubur itu ada dan betul-betul terjadi
d. apakah manusia mungkin menyaksikan Tuhan dengan indera mata
e. Siapakah yang dikategorikan selaku orang berdosa besar dan kafir
10. Tokoh pemikiran Qodariyah yaitu …..
a. ali bin abi Thalib dan Hasan bin ali
b. Ma’bad al-Jauhani dan Ghoilan al-dimasqi
c. debu bakar dan Utsman
d. bubuk Mansur al Maturidi dan Utsman
e. debu Hasan al asyari dan debu Hamid
11. Nama Murji’ah yang memiliki arti menunda atau memberi pengharapan, dan kalangan ini disebut Murji’ah sebab …..
a. Pendapat Murji’ah menunda soal pengampunan bagi orang Islam yang membuat pelanggaran
b. Pendapat Murji’ah menunda soal keputusan vonis yang dijalankan orang Islam bila sudah terang pelanggarannya
c. Pendapat Murji’ah menangguhkan soal dosa besar yang dijalankan orang Islam terhadap Tuhan di hari kiamat
d. Pendapat Murji’ah menangguhkan soal eksekusi yang dilaksanakan orang Islam
e. Pendapat Murji’ah menangguhkan soal konsekuensi bagi umat Islam yang terlibat dalam tahkim atau arbitrase sampai didapatkan bukti kesalahan
12. Iman menurut pemikiran Murji’ah adalah…..
a. Meyakini dalam hati, allah selaku Tuhan dan Nabi Muhammad sebagai rasul serta al-Qur’an selaku kitab suci
b. Keimanan tidak bisa dibatalkan oleh tindakan apapun baik itu perbuatan syirik kepada allah atau kufur kepada semua perintah allah
c. Keyakinan seseorang akan menjadi modal untuk pribadi masuk surga meskipun tanpa sholat dan ibadah yang lain
d. Keimanan seseorang tidak akan hilang walaupun beliau telah berganti-ganti agama
e. allah berkuasa mutlak sehingga Ia tidak butuh keimanan hambanya dan akan tetap memasukkan semua hambanya ke surga
13. Penyelesaian sengketa antara ali bin abi Thalib dengan Mu’awiyah bin abi Sufyan dengan jalan arbitrase/tahkim oleh kaum khawarij dipandang berlawanan dengan pemikiran Islam, terdapat dalam nash al-Qur’an yakni…..
a. QS. al-anfal : 17
b. QS. as-Shafat : 90
c. QS. al-Maidah : 44
d. QS. al-Kahfi : 29
e. QS. al-baqarah : 19
14. dalil naqli yang dipakai hujjah oleh fatwa Qodariyah dimana segala tindakan manusia tidak diintervensi oleh Tuhan, tiap-tiap orang adalah pencipta bagi segala perbuatannya, dia mampu berbuat sesuatu dengan kehendak sendiri yaitu …..
a. QS. al-Insan : 70
b. QS. al-Kahfi : 29
c. QS. al-an’am : 96
d. QS. al-anfal : 29
e. QS. al-baqarah : 96
15. Lahirnya aliran Qodariyah adalah akhir reaksi dari penguasa dikala itu yang semenamena dan menyampaikan bahwa apa yang dikerjakan adalah …..
a. Kehendak umat Islam
b. Perintah dari rasul lewat mimpi
c. Kehendak allah
d. Putusan bulat para sobat
e. Untuk kebahagiaan dunia dan akhirat
16. aurat pria yaitu…..
a. dari pusar ke bawah
b. dari pundak hingga pusar
c. antara pusar hingga betis
d. antara pusar sampai lutut
e. antara bahu sampai lutut
17. dalam Surah an-Nur (24):31, sudah dijelaskan ihwal larangan menampakkan pemanis, kecuali…..
a. Muka
b. dua telapak tangan
c. Rambut
d. bentuk badan
e. Muka dan dua telapak tangan
18. Pegangan utama yang perlu diperhatikan dalam berpakaian ialah…..
a. Keindahan
b. Harga busana
c. Sesuai dengan zaman
d. Tidak berlebih-lebihan
e. Sesuai selera pribadi
19. Jika akan menggunakan busana, dahulukanlah anggota badan…..
a. Tangan
b. Kaki
c. Sebelah kiri
d. Kepala
e. Sebelah kanan
20. Adab menerima tamu, hendaklah dengan…..
a. Semangat sekali
b. Gelak tawa
c. Jamuan mewah
d. Ikhlas
e. Malas
21. dalam akhlak bertamu, kita dibolehkan mengetuk pintu sebanyak…..
a. Satu kali
b. dua kali
c. Lima kali
d. Sampai tuan rumah keluar
e. Tiga kali
22. Termasuk budpekerti bertamu, kecuali…..
a. Mengucapkan salam
b. Mengambil hidangan yang bersahabat
c. Mengetuk pintu
d. Mengintai ke dalam bilik
e. Meminta izin
23. jikalau kita tidak mengharapkan tamu yang datang ke tempat tinggal, maka boleh kita menolaknya dengan cara…..
a. Mengusir
b. ditinggal pergi
c. Menutup pintu
d. Marah-murka
e. bijaksana
24. Mengiringi tamu yang hendak pulang hingga ke pintu pagar hukumnya…..
a. Wajib
b. Makruh
c. Haram
d. Sunah
e. Mubah
25. Salah satu pesan yang tersirat bertamu dan mendapatkan tamu yaitu…..
a. disenangi oleh siapa saja
b. Terbebas dari neraka dan masuk nirwana
c. Terpenuhi semua keinginan
d. Memperoleh kegembiraan batin
e. Yang menerima tamu mendapatkan ampunan dosa
26. Ruang lingkup ilmu kalam sangat luas sekali diantaranya…
a. berhubungan dengan sejarah perkembangan agama
b. Sejarah wacana kemajuan peradaban
c. berhubungan dengan perkembangan batin seorang muslim
d. berkaitan dengan ibadah furu’iyah
e. berkaitan dengan kehidupan yang mau tiba mirip hari kebangkitan dalam kubur,hisab dll.
27.
ayat diatas menerangkan wacana…
a. Penciptaan langit
b. Penciptaan bumi
c. Penciptaan makhluk mistik
d. Penciptaan alam raya
e. Penciptaan makhluk hidup
28. sumber yang terkenal dikalangan jago ilmu kalam bahwa munculnya perdebatan ilmu kalam yaitu berawal dari..
a. Persoalan problem tafsir al-Qur’an
b. Masalah eksklusif antar sobat yang saling berlainan usulan
c. Persoalan mengerti duduk perkara-duduk perkara ayat mutasyabihat
d. Persoalan ibadah
e. Persoalan politik
29. Fakta sejarah memperlihatkan bahwa fatwa ilmu kalam yang pertama kali timbul
ialah…
a. ajaran Khawarij
b. pemikiran Qodariyah
c. ajaran ahlu sunnah
d. anutan Mu’tazillah
e. pemikiran Syi’ah
30. Kaum yang ciri khasnya ialah mengedepankan logika dan filsafat dalam memahami dilema-persoalan aqidah yakni…
a. asy’ariyah
b. Syi’ah
c. Mu’tazillah
d. Maturudiyah
e. Jabariyah
31. Salah satu faktor yang mendorong umat Islam menggunakan filsafat dalam mengerti ilmu kalam ialah alasannya obyek dakwah…
a. Praktis menerima dengan pendekatan ϐilsafat
b. mampu lebih tenang
c. Kaum awam yang banyak memakai perasaan hati dalam memahami agama
d. Sulit ditaklukkan karena efek adab yang sangat kuat
e. Telah mengenal filsafat dan biasa menggunakan ϐilsafat dalam mengetahui aliran agama yang dianut sebelumnya
32. mengatakan dilema ilmu kalam yaitu sungguh dinamis dan salah satu usulan menyebutkan bahwa ilmu kalam yaitu perpaduan antara…
a. Islam dan Hindu buktinya ditemui ada rancangan Hulul mirip dengan rancangan Nirwana dalam hindu
b. Islam dan Katolik dan keduanya sangat kuat pengaruhnya
c. Islam dengan Filsafat tetapi nilai Islam lebih besar lengan berkuasa dan menonjol
d. Islam dengan Tasawuf lebih menonjol
e. Islam dan Yahudi hanya nilai Islam lebih mendominasi
33. di bawah ini yaitu hal-hal yang umum dibicarakan dan diperdebatkan dalam bahasan ilmu kalam, kecuali…
a. Siapakah yang dikategorikan sebagai orang berdosa besar dan kaϐir
b. apakah siksa kubur ada dan sungguh-sungguh terjadi
c. apakah manusia mungkin menyaksikan Tuhan dengan indra mata
d. apakah al-Qur’an itu Qodim atau Hadis
e. Siapakah yang berhak menjadi khalifah
34. Identitas mu’tazilah ialah julukan yang diberikan orang lain kepada kalompok Washil bin atha’ namun para pengikut mu’tazilah sendiri menamakan diri mereka selaku …
a. ahlu “immah
b. ahlu bait
c. ahlu Hadis
d. ahlu tauhid
e. ahlu sunnah
35. Aliran mu’tazillah pernah menjadi fatwa resmi Negara pada periode daulah bani abbasiyah adalah zaman khalifah…
a. al ma’mun
b. debu abbas assafah
c. Harun al-Rasyid
d. al-mutawakkil
e. al-amin
36. Munculnya anutan khawarij yaitu pada kala…
a. Khalifah ali bin bubuk Thalib
b. Khalifah Umar
c. Khalifah Utsman
d. Khalifah bubuk bakar
e. Rasullullah
37. Tahkim (arbitrase) antara Muawiyah dengan ali bin abi Thalib, pihak Muawiyah diwakili oleh…
a. abu Musa asy’ari
b. amr bin ash
c. Zubair
d. Thalhah
e. abu Hurairah
38. ali bin abi Thalib mempercayakan utusannya untuk menghadiri negosiasi dengan Muawiyah adalah…
a. amr bin ash
b. debu Musa asy’ari
c. Zubair
d. Thalhah
e. abu Hurairah
39. Munculnya golongan Murji’ah yaitu reaksi dari lahirnya kelompok…
a. ahlu sunnah wal jama’ah
b. Khawarij
c. Syi’ah
d. Thoriqoh Nashabandiyah
e. Thoriqoh Qodiriyah
40. Tokoh anutan Mur’jiah adalah sebagai berikut kecuali…
a. Imam Syaukani
b. Yunus al-Samiri
c. Muqotil bin Sulaiman
d. debu Hasan al Shalih
e. Jaham bin Shafwan
41. Tokoh ajaran Qodariyah yakni …
a. Ma’bad al Jauhani dan Ghoilan aldimasqi
b. ali bin abi Thalib dan Hasan bin ali
c. Umar )bnu Khotob dan anaknya abdullah
d. bubuk bakar dan Utsman
e. abu bakar dan ali
42. Semua jenis selendang atau kerudung atau kain lain yang menutupi kepala (kecuali paras ), leher, punggung dan dada wanita dalam terminologi Indonesia disebut…
a. Jilbab
b. Kerudungeba
c. Selendang
d. Rukuh
e. Kebaya
43. Pakaian dalam persepsi Islam tidak saja mempunyai fungsi sebagai komplemen tetapi fungsi pokok dari busana adalah …
a. Pemakainya menjadi seksi
b. Menjadikan pemakainya mudah dikenali
c. Tameng dan sumbangan dari pemerkosaan
d. Melindungi dari penyakit gatal
e. Penutup aurot
44. ditegaskan dalam firman allah: ” janganlah kamu berhias dan bertingkah laris seperti orang-orang jahiliyah yang dulu” (al-ahzab:33) menurut ayat tersebut, Islam memberi aturan dan cara berhias yang benar yaitu…
a. akhlak performa dan berhias seindah mungkin
b. budpekerti berhias dan berperilaku laku benar
c. budpekerti berpakaian dan berbuat yang lurus
d. adab bergaul dan berteman dengan orang sholeh
e. budbahasa bersahaja dan berkenalan dengan sesama muslim
45. Mengapa seorang yang bertamu tidak boleh mendesakkan keinginannya untuk bertamu sehabis ketukan atau salam yang ketiga, karena…
a. desakan impian akan menyenangkan tuan rumah
b. desakan keinginan akan mengganggu tuan rumah
c. desakan keinginan akan membebaskan tuan rumah
d. desakan harapan akan menyibukkan tuan rumah
e. desakan harapan akan menyudutkan tuan rumah
46. Termasuk fungsi ilmu Kalam ialah ….., kecuali
a. Menolak doktrin sesat
b. Memperkuat iman Islam
c. Melemahkan iktikad Islam
d. Membela iman Islam
e. Menjelaskan kepercayaan Islam
47. Nama Murji’ah yang memiliki arti menunda atau memberi pengharapan, dan kelompok ini disebut Murji’ah sebab …..
a. Pendapat Murji’ah menangguhkan soal pengampunan bagi orang Islam yang menciptakan pelanggaran
b. Pendapat Murji’ah menunda soal keputusan vonis yang dilaksanakan orang Islam bila telah terperinci pelanggarannya
c. Pendapat Murji’ah menunda soal dosa besar yang dilaksanakan orang Islam kepada Tuhan di hari kiamat
d. Pendapat Murji’ah menangguhkan soal eksekusi yang dilakukan orang Islam
e. Pendapat Murji’ah menunda soal konsekuensi bagi umat Islam yang terlibat dalam tahkim atau arbitrase hingga didapatkan bukti kesalahan
48. Lahirnya pedoman Qodariyah yaitu akhir reaksi dari penguasa saat itu yang semenamena dan menyampaikan bahwa apa yang dilakukan yaitu …..
a. Kehendak umat Islam
b. Perintah dari rasul melalui mimpi
c. Kehendak allah
d. Putusan bundar para sobat
e. Untuk kebahagiaan dunia dan darul baka
49. Dibawah ini adalah hal-hal yang biasa dibicarakan dan diperdebatkan dalam bahasan ilmu kalam, kecuali …..
a. Siapa yang berhak menjadi khalifah
b. apakah al-Qur’an itu Qodim atau Hadis
c. apakah siksa kubur itu ada dan sungguh-sungguh terjadi
d. apakah insan mungkin menyaksikan Tuhan dengan indera mata
e. Siapakah yang dikategorikan selaku orang berdosa besar dan kafir
50. Iman menurut pedoman Murji’ah adalah…..
a. Meyakini dalam hati, allah sebagai Tuhan dan Nabi Muhammad selaku rasul serta al-Qur’an sebagai kitab suci
b. Keimanan tidak mampu dibatalkan oleh perbuatan apapun baik itu perbuatan syirik kepada allah atau kufur kepada semua perintah allah
c. Keyakinan seseorang akan menjadi modal untuk pribadi masuk nirwana meskipun tanpa sholat dan ibadah lainnya
d. Keimanan seseorang tidak akan hilang walaupun beliau sudah berubah-ganti agama
e. allah berkuasa mutlak sehingga Ia tidak perlu keimanan hambanya dan akan tetap memasukkan semua hambanya ke surga