close

2022+ Bahasa Arab Hati Hati di Jalan (Lengkap)

Kamu yg sedang membaca postingan ini pasti sedang mencari bahasa Arab dr hati-hati di jalan. Sebenarnya, kalau kita mengetikkan kata tersebut di google, maka akan langsung muncul terjemahan Arab dr “hati-hati di jalan”, lengkap dgn goresan pena Arab & latinnya. Tatkala kami menjajal cara tersebut, hasil yg keluar ialah “kun hadhiraan fi altariq (كن حذرا في الطريق)”.

Bahasa Arab

 Kamu yg sedang membaca artikel ini pasti sedang mencari  2022+ Bahasa Arab Hati Hati di Jalan (Lengkap)

Apakah hasil yg dikeluarkan google itu sudah tepat? Bagi google, mungkin terjemahan tersebut sudah sempurna, alasannya adalah cara kerja tata cara penerjemahnya ialah mengartikan kata per kata. Tetapi, dlm praktik percakapan sehari-hari, bahasa Arab dr hati-hati di jalan tidaklah seperti yg diterjemahkan oleh google.

Silahkan ananda tanya pada orang yg sering berbahasa Arab, pasti mereka akan menawarkan terjemahan Arab dr “hati-hati di jalan” yg berlawanan dgn hasil google di atas. Bagaimanapun juga, google hanyalah suatu mesin yg mempunyai keterbatasan dlm hal memberi makna & arti dr kata-kata atau bahasa.

Oleh sebab itu, pada potensi kali ini kami akan menginformasikan bahasa Arab yg benar dr “hati-hati di jalan”. Terjemahan yg kami sodorkan di bawah sesuai dgn yg digunakan selama ini dlm percakapan bahasa Arab. Kaprikornus, ananda bisa menggunakannya dlm praktik bahasa Arab sehari-hari.

Baca Juga:

Yuk, berikut ini uraiannya….

Bahasa Arab Hati Hati di Jalan

Bahasa Arab dr hati-hati di jalan yakni “intabih alaa thoriq” (Arab: اِنْتَبِهْ عَلَى الطَّرِيْقِ). Ucapan ini dipakai sebagai pesan pada seseorang supaya berhati-hati di jalan. Sebenarnya, kata pertama dr ucapan ini “intabih (اِنْتَبِهْ)” tidaklah berarti “hati-hati”, melainkan “awas”. “alaa (عَلَى)” artinya “di atau di atas”, & “thoriq (الطَّرِيْقِ)” artinya “jalan”. Maksud “awas” dlm ucapan ini diartikan dgn “hati-hati”.

  Arti La Tahzan Innallaha Ma'ana: Makna, Penjelasan (Arab)

Selain itu, hati-hati di jalan dlm bahasa Arab mampu pula menggunakan ucapan “Fii Amanillah”. Orang Arab yg secara umum dikuasai umat muslim lebih banyak mengucapkan “fii amanillah” dikala melepas kepergian seseorang di perjalanan. Fii amanillah sendiri mempunyai arti “semoga kau-sekalian ada dlm lindungan Allah”.

Ucapan Fii Amanillah bisa berfungsi ganda, selain tawaran untuk hati-hati di jalan, ucapan ini pula berfungsi selaku doa permintaan pada Allah Swt semoga orang yg akan melakukan perjalanan senantiasa berada dlm lindungan Allah & selamat hingga ke tujuan.

Uraian lebih lanjut ihwal Fii Amanillah, bisa Anda baca di sini: Fii Amanillah.

Kosakata Bahasa Arab

Selain hati-hati di jalan, berikut ini ialah kumpulan kosakata dasar bahasa Arab yg sering digunakan dlm percakapan sehari-hari:

Tabel Kata Bahasa Arab & Artinya

Kata Arab Artinya
Syukron (شكرًا) Terima kasih
‘Afwan (عفواً) Sama-sama
Aseef (asif) (آسف) Saya minta maaf
Hasananaan (حسناً) Baiklah
Rubbamaa ( ربّما ) Mungkin
Intabih (انتبِه) Awas (perayaan)
Ihzar (احذر) Berhati-hatilah
Laa tansa’ (لا تنسىٰ) Jangan lupa
Samiin (سمين) Gemuk
Nahiifun (نحيف) Kurus
Tawiilun (طويل) Panjang
Qasirun ( قصير ) Pendek
Khofiidhun ( خفيض ) Rendah
Yaum ( يوم ) Hari
Usbu’ ( أسبوع ) Minggu
Syahr ( شهر ) Bulan
Sanah ( سنة ) Tahun
Masaaul khair ( مساءالخير ) Selamat sore
Lailatu sa’idah ( ليلة سعيدة ) Selamat malam
Sobaahul khair ( صباح الخير ) Selamat pagi

Demikianlah klarifikasi perihal Bahasa Arab Hati Hati di Jalan. Bagikan materi ini semoga orang lain pula bisa membacanya. Terima kasih, mudah-mudahan bermanfaat.