close

2020+ Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6, Sedih…!!!

Contoh pidato perpisahan kali ini kami khususkan untuk siswa-siswi kelas 6 tahun 2020 yg dalam waktu dekat lulus, artinya mereka akan berpisah dgn guru, sobat, & adik kelas di sekolah. Perpisahan senantiasa menjadi momen paling sedih & mengharukan, bagaimana tak kebersamaan selama 6 tahun di sekolah harus selsai karena murid kelas 6 harus melangkah ke jenjang berikutnya. Di tengah kebahagiaan sesudah berhasil lulus melewati ujian nasional, mereka mesti mendapatkan realita bahwa waktu mereka di sekolah telah selesai. Selalu ada tangis di setiap momen seperti itu mengenang semua hal yg dilalui bareng . 
Bagi adik-adik kelas 6 yg sedang mencicipi momen ini, kalian harus berpengaruh untuk berpisah, kalian harus melanjutkan sekolah ke tingkat berikutnya supaya bisa meraih keinginan. Jangan larut dlm kesedihan lantaran akan berpisah dgn guru & adik kelas di sekolah. Buatlah program perpisahan itu menjadi momen yg paling di ingat oleh semua yg hadir. Salah satu caranya yakni dgn memberikan pidato perpisahan kelas 6 yg berkesan. 
Pada kesempatan kali ini, kami akan memandu kalian bagaimana cara membuat pidato perpisahan yg baik & berkesan bagi semua yg mendengarkan. 

Pidato Perpisahan

 Contoh pidato perpisahan kali ini kami khususkan untuk siswa 2020+ Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6, Sedih...!!!
Pidato Perpisahan

Untuk dimengerti, pidato dgn tema perpisahan kelas 6 biasanya berisi ucapan terima kasih pada guru, sobat, & adik kelas yg akan kalian lewati. Poin pentingnya yakni ananda sampaikan rasa terima kasih mendalam lantaran dididik dgn baik, diberi pengetahuan, hingga berhasil lulus. Sampaikan pada mereka bahwa semua yg sudah kalian dapatkan yakni bekal berharga untuk melanjutkan ke sekolah yg lebih tinggi. 

Pidato Terkait:

Pidato perpisahan biasanya disampaikan oleh seorang siswa kelas 6 yg dianggap mewakili semua sobat-sahabat seangkatannya. Umumnya, orang tersebut yaitu ketua kelas 6. Sebelum berpidato, ananda harus susun apalagi dulu pokok-pokok yg akan ananda sampaikan dlm pidato. Hal ini mampu disebut sebagai kerangka pidato. Setelah ananda tahu apa saja yg perlu disampaikan, barulah ananda susun naskah pidatonya. 

Pokok-pokok Pidato Perpisahan

Isi pokok dr pidato perpisahan kelas 6 biasanya memuat wacana:
  • Salam pembukaan
  • Ucapan terima kasih
  • Ucapan rasa senang
  • Tekad selanjutnya
  • Nasehat untuk adik kelas
  • Kata-kata perpisahan

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6

Berikut ini yaitu contoh pidato perpisahan kelas 6 terbaru tahun 2020 yg bisa ananda jadikan panduan dlm menyusun naskah pidato. Kamu mampu menggunakan pidato ini pada program perpisahan sekolah, atau mampu pula ananda tambahkan kata-katanya kalau masih kurang.

Pidato Perpisahan Kelas 6, Contoh 1

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Puji syukur kita panjatkan kedatangan Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmatNya pada kita sekalian. Pada hari ini kita berjumpa , berkumpul bersama di sekolah yg kita cintai ini untuk melakukan program perpisahan. 
Sebenarnya, saya & seluruh teman-sahabat kelas 6 berat untuk memberikan pidato ini, kami duka lantaran harus berpisah dgn bapak ibu guru, sobat, & adik-adik sekalian. Namun, waktu jualah yg menghalangi kebersamaan kita selama ini. 
Terkhusus pada bapak/ibu kepala sekolah, bapak & ibu guru, kami mengucapkan terima kasih yg tak terhingga dikarenakan telah mendidik kami dgn baik. Bekal wawasan yg kami peroleh sangat berharga untuk melangkah ke jenjang selanjutnya. Semua jasa bapak & ibu guru akan kami ingat sepanjang hayat.
Kami pula menyampaikan permohonan maaf sedalam-dalamnya pada bapak & ibu guru yg telah tabah menuntun kami selama ini. Kami sadar bahwa banyak kelakukan kami selama bersekolah di tempat ini yg mungkin menciptakan bapak & ibu guru jengkel. Sekali lagi, saya mewakili seluruh teman-sobat kelas 6 mengucapkan permohonan maaf.
Pada adik-adik kelas sekalian, teruslah bersekolah, belajarlah dgn baik. Jangan bandel, hormatilah bapak & ibu guru kita semua. 
Demikianlah saya akhiri pidato ini, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pidato Perpisahan Kelas 6, Contoh 2

Bapak Kepala Sekolah, para guru & para orang renta murid yg kami hormati, & sahabat-temanku serta adik-adik kelas yg tersayang. Marilah pertama-tama kita panjatkan puji syukur pada Tuhan Yang Maha Esa lantaran atas berkat & derma-Nya pada pagi hari ini kita mampu berkumpul di kawasan ini untuk menyelenggarakan perpisahan. 
Kami bangkit disini untuk mewakili teman-teman kelas 6, untuk menyampaikan terima kasih atas kesediaan Bapak Kepala Sekolah, para guru, & orang bau tanah murid untuk hadir dlm acara perpisahan ini. 
Secara khusus, kami mengucapkan terima kasih pada Bapak Kepala Sekolah & para guru yg telah mendidik kami, kurang lebih selama enam tahun. Tentu saja para guru yg selama enam tahun sudah mendidik kami, serta menyebarkan potensi kami, sering mengalami ketidakpuasan oleh karena perilaku kami. Tetapi, para guru tetap tabah & tak mengenal lelah terus mendidik kami, maka sekali lagi saya mengucapkan terima kasih. 
Pada peluang ini pula, kami mohon maaf sekiranya dlm kurun waktu enam tahun ini banyak tindakan kami, atau tutur kata kami kurang berkenan di hati para guru, maka kami mohon kiranya hari ini berkenan membukakan pintu maaf yg selebar-lebarnya bagi kami. 
Kami pula berpesan pada adik-adik kelas kami, mudah-mudahan sepeninggal kami, kalian tetap tekun & tekun mencar ilmu. Contohlah yg baik dr kami, & buanglah jauh-jauh contoh yg kurang baik dr kami. 
Pada potensi ini pula, kami mohon pamit & mohon doa restu dr para guru, agar kami mampu melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama yg kami pilih. Kami berjanji di Sekolah Menengah Pertama nanti akan tekun mencar ilmu untuk menenteng nama baik asal sekolah kami ini. 
Akhirnya, cukup sekian yg kami sampaikan, & mohon maaf kalau ada kata-kata yg kami ucapkan, kurang berkenan di hati Bapak Kepala Sekolah, para guru, & hadirin seluruhnya. Terima kasih.

Pidato Perpisahan Kelas 6, Contoh 3

Assalamualaikum Warrahmattuloh Wabarakatuh
Yang kami hormati,
Bapak Kepala Sekolah Bapak (Sebut namanya)
Para guru (Sebut nama sekolah)
Bapak/Ibu wali murid sekalian
Teman & adik kelas kami

Puji & syukur ke hadirat Allah SWT yg telah melimpahkan rahmatNya bagi kita semua. Hari ini kita berkumpul bersama untuk merayakan suatu perpisahan. Pertama-tama kami ucapkan terima kasih untuk para guru yg sudah mendidik, membimbing, & mengajari kami ilmu wawasan selama 6 tahun ini. gampang-mudahan Allah senantiasa membalas semua jasa bapak & ibu.

Pada peluang ini pula kami memberikan permohonan maaf atas semua kesalahan yg telah kami perbuat selama ini, atas tingkah laris kami yg mungkin menciptakan Bapak/Ibu guru jengkel atau murka. Kami berharap Bapak/Ibu guru selalu memaafkan semua kesalahan kami.

Untuk adik-adik kami yg masih meneruskan pendidikan di (sebut nama sekolah), kami kakak-kakakmu hanya ingin berpesan belajarlah yg tekun, teruslah menuntut ilmu, & hormatilah senantiasa Bapak/Ibu guru kita di sekolah ini. patuhlah pada pesan yang tersirat-nasihat baik mereka.

Dan yg terakhir, teruntuk Orang Tua kami tersayang terima kasih banyak atas kasih sayangnya pada kami, terima kasih sudah bersedia menyekolahkan kami di (sebut nama sekolah) & terima kasih atas didikan kalian.
Kami akhiri pidato perpisahan ini, Wassalamualaikum Warrahmatuloh Wabarakatuh

Pidato Perpisahan Kelas 6, Contoh 4

Bismillahirrahmanirrahim, Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarkatuh
Bismillah, Alhamdulillah, Lakhaula Walaquwataillah Billah, Ama ba’dah.
Yang saya hormati (Sebut Pejabat yg Hadir)
Yang saya hormati Kepala Sekolah (Sebut nama sekolah)
Yang saya hormati Bapak Ibu Dewan Guru.
Yang saya hormati Bapak ibu tamu undangan.
Dan seluruh sahabat & adik kelas sekalian.
Puji syukur Alhamdulilah atas segala limpahan karunia-Nya. Shalawat & salam mudah-mudahan tetap tercurah pada junjungan kita Nabi besar Muhammad Saw.
Bapak ibu dewan guru yg saya hormati & sobat-sobat yg berbahagia, pada kesempatan kali ini, saya mewakili semua siswa kelas 6 untuk menyampaikan kata perpisahan & sekaligus mohon pamit, serta doa restu.
Bapak Ibu Guru yg saya hormati,
Yang pertama, Saya mengucapkan terima kasih yg tak terhingga pada Bapak Ibu guru yg sudah membimbing & mendidik kami, sehingga kami dapat menyelesaikan proses belajar di sekolah tersayang ini dgn hasil yg membuat puas. Tiada apapun yg mampu kami berikan sebagai imbalan perjuangan Bapak Ibu guru selama 6 tahun ini. Hanya doa yg dapat kami panjatkan, mudah-mudahan Allah SWT membalas segala jasa Bapak Ibu guru.
Bapak Ibu Guru yg saya hormati,
Yang kedua, Sangat banyak kesalahan kami pada Bapak Ibu Guru selama 6 tahun menimba ilmu di sekolah ini. Untuk itu, sudilah kiranya Bapak Ibu guru memafkan segala kesalahan kami.
Yang terakhir, Kami mohon doa restu pada Bapak Ibu Guru, gampang-mudahan kami dapat melanjutkan sekolah ke jenjang yg lebih tinggi sesuai harapan kami.
Bapak ibu guru yg saya hormati & sobat-teman yg berbahagia
Demikianlah yg dapat saya sampaikan, banyak kesalahan, mohon maaf yg sebesar-besarnya. Terima kasih atas segala perhatian, mohon maaf atas segala kelemahan.
Wabillahi taufiq wal hidayah, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pidato Perpisahan Kelas 6, Contoh 5

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah. Bapak & Ibu Guru yg saya hormati, serta teman-sahabat & adik kelas yg saya cintai.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT lantaran atas segala rahmatNya pada hari ini kita dapat berkumpul bareng guna menyelenggarakan program perpisahan sekolah.
Para pengunjung yg saya hormati, izinkan saya mewakili sobat-sahabat untuk memberikan sepatah dua patah kata dlm rangka perpisahan ini.
Selama bersekolah, kami sebagai siswa kelas 6 sangat besar hati & berterima kasih dgn semua guru yg sudah mengajar di sekolah ini, yg dgn sangat baik, tak pernah pilih kasih dlm mendidik, sungguh sabar & tak kenal letih dlm membimbing kami. Berkat jerih payah semua guru, kami pun dapat lulus dr sekolah ini
Mudah-mudahan semua guru yg bertugas mengajar di sekolah ini dapat diberikan kesehatan yg baik & diberi kebahagiaan senantiasa.
Juga untuk sahabat-sahabat semua. Sungguh berat rasanya berpisah dgn kalian semua, lantaran kita sudah bahu-membahu selama 6 tahun ini. Tapi tetap saya pula mendoakan sobat-sobat semua mampu melanjutkan ke pendidikan yg lebih tinggi.
Akhir kata, saya mau mengucapkan berhasil selalu buat sobat-sahabat, doa saya menyertai sahabat-teman semua. Amin.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Demikianlah Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 kali ini, silahkan dipergunakan. Bagikan contoh pidato ini pada temanmu yg membutuhkan. Terima kasih, mudah-mudahan bermanfaat.
  Meneladani Budpekerti Rasulullah