close

Menyingkap Makna Surat Maryam 1-11: Kisah Keajaiban Kelahiran Nabi Yahya Dan Nabi Isa

Tafsir Ibnu Katsir Surah Maryam Ayat -  alqur


  • Surat Maryam 1-11: Keajaiban dan Kekuatan Iman
  • Surat Maryam merupakan salah satu surat dalam Al-Qur’an yang penuh dengan keajaiban dan kekuatan iman. Surat ini terdiri dari 98 ayat dan mengisahkan kisah-kisah Nabi Zakariya, Nabi Yahya, Nabi Isa, dan ibunda Nabi Isa, Siti Maryam. Dalam ayat 1-11, terdapat beberapa peristiwa penting yang menunjukkan pemeliharaan Allah terhadap hamba-hamba-Nya yang beriman.

    Surat Maryam Ayat   PDF

    Keajaiban Kelahiran Nabi Yahya
    Ayat pertama Surat Maryam mengisahkan kelahiran Nabi Yahya kepada Nabi Zakariya dan istrinya yang sudah lanjut usia. Meskipun dalam keadaan yang mustahil, Allah menurunkan keajaiban dengan memberikan keturunan kepada mereka. Hal ini mengajarkan kita untuk selalu percaya pada kekuasaan Allah dalam membolak-balikkan segala sesuatu.

    Keajaiban Kelahiran Nabi Isa
    Ayat selanjutnya menceritakan kelahiran Nabi Isa kepada Siti Maryam yang masih perawan. Allah menciptakan Nabi Isa tanpa bantuan seorang ayah, sebagai tanda kebesaran-Nya. Ini adalah bukti nyata bahwa Allah mampu melakukan segala hal, termasuk menciptakan sesuatu tanpa sebab yang lazim.

    Surat Maryam Ayat - Tulisan Arab dan Latin serta Terjemahan

    Kekuatan Iman Nabi Zakariya
    Nabi Zakariya juga diceritakan dalam Surat Maryam sebagai sosok yang selalu berdoa kepada Allah meskipun dalam usia yang sudah lanjut dan tidak memiliki keturunan. Namun, dengan kekuatan imannya, Allah memberikan keajaiban dengan memberikannya seorang anak, Nabi Yahya. Ini mengajarkan kita untuk selalu bersabar dan terus berdoa dalam menghadapi cobaan hidup.

    Kekuatan Iman Siti Maryam
    Siti Maryam juga merupakan contoh kekuatan iman yang luar biasa. Meskipun dihadapkan pada cobaan yang berat dengan mengandung tanpa suami, beliau tetap tenang dan tawakal kepada Allah. Kelahiran Nabi Isa adalah bukti dari keajaiban yang Allah turunkan kepada hamba-Nya yang beriman.

      Inspirasi Fashion Muslimah: 10 Gambar Kartun Muslimah Bercadar Dan Berkacamata Yang Menawan

    Kesimpulan
    Surat Maryam 1-11 mengandung banyak pelajaran berharga tentang kekuatan iman dan keajaiban Allah. Kisah-kisah para nabi dan ibunda Nabi Isa menunjukkan bahwa Allah senantiasa bersama hamba-Nya yang bertawakal dan beriman. Kita pun diajarkan untuk selalu percaya pada kekuasaan-Nya dan bersabar dalam menghadapi cobaan hidup.

    Pertanyaan Umum

    1. Apa yang dapat kita pelajari dari kisah Nabi Zakariya dalam Surat Maryam?
    2. Mengapa kelahiran Nabi Isa dari Siti Maryam dianggap sebagai keajaiban?
    3. Bagaimana kekuatan iman Nabi Zakariya terbukti dalam kisahnya?
    4. Apa pesan moral yang dapat diambil dari kisah kelahiran Nabi Yahya?
    5. Mengapa Surat Maryam dianggap sebagai surat yang penuh dengan keajaiban dan keteguhan iman?

    https://wargamasyarakat.org/