Latihan Mandiri Pengantar Ilmu Komunikasi
1. Komunikasi mampu dibilang selaku urat nadi kehidupan insan sebab ….
A. insan melaksanakan acara komunikasi semenjak lahir
|
|
B. komunikasi dilaksanakan oleh manusia secara terus menerus selama proses kehidupan
|
|
C. komunikasi menciptakan seseorang menjadi tidak terasing dengan lingkungannya
|
|
D. komunikasi menciptakan seseorang bisa mengetahui diri sendiri
|
2. Ada beberapa definisi wacana komunikasi, salahsatu definisi tersebut menjelaskan bahwa intinya komunikasi mempunyai lima komponen adalah sumber, pesan, media, khalayak dan efek. Definisi tersebut dikemukakan oleh ….
A. Barlnlund
|
|
B. Weaver
|
|
C. Shanon
|
|
D. Lasswell
|
3. Ciri yang menempel pada komunikasi yang bersifat transaksional adalah …
A. adanya penggunaan lambang-lambang dalam acara komunikasi
|
|
B. pelaku komunikasi tidak mesti hadir dalam satu ruangan
|
|
C. komunikasi yang dikerjakan sesuai dengan impian dan tujuan dari para pelaku komunikasi
|
|
D. kesuksesan komunikasi diputuskan oleh dua belah pihak yang berkomunikasi
|
4. Pada permulaan kedatangan ilmu publisistik, ilmu tersebut senantiasa dikaitkan dengan acara ………
A. penjualan
|
|
B. politik
|
|
C. bisnis
|
|
D. sosial
|
5. Perjalanan sejarah komunikasi insan ditandai dengan inovasi telepon oleh Alexander Graqham Bell, yag terjadi pada periode . . . .
A. Konsolidasi
|
|
B. Telekomunikasi
|
|
C. komunikasi interaktif
|
|
D. perkembangan pendidikan tinggi ilmu komunikasi
|
6. Wilbur Schramm merupakan salah satu tokoh pediri ilmu komunikasi. Dalam hal ini Wilbur Schramm dinilai sebagai institusionalizer, yang artinya . . .
A. penyusun buku-buku dasar yang membahas perihal pemahaman dan proses komunikasi
|
|
B. pencipta konsep-desain baku ihwal dasar-dasar proses komunikasi
|
|
C. perintis upaya pelembagaan pendidikan komunikasi selaku bidang kajian akademik
|
|
D. perintis landasan bagi pengembangan teori-teori komunikasi
|
7. Saluran komunikasi yang mampu digunakan dalam kegiatan komunikasi interpersonal anatara lain yaitu ….
A. surat kabar
|
|
B. televisi
|
|
C. radio
|
|
D. gelombang udara
|
8. Suatu acara komunikasi akan mampu berlangsung dengan baik kalau pihak-pihak yang terlibat dalam acara komunikasi memiliki minat dan kepentingan yang sama. Persamaan minat dan kepentingan ini mampu terjadi bila kedua belah pihak mempunyai persamaan dalam hal ………
|
A. overlaping of interest
|
B. decoding
|
|
C. encoding
|
|
D. frame of reference
|
9. Kegiatan komunikasi yang mampu dilaksanakan tanpa mengenal batasan geografis, terjadi pada tingkatan …..
A. komunikasi antar langsung
|
|
B. komunikasi kelompok
|
|
C. komunikasi organisasi
|
|
D. komunikasi massa
|
10. Upaya memberikan interpretasi atau penafsiran berita mengenai insiden-insiden yang terjadi merupakan perwujudan dari fungsi komunikasi yang berupa fungsi . . .
A. pengawasan
|
|
B. relasi
|
|
C. sosialisasi
|
|
D. menghibur
|
11. Adanya penayangan insiden bencana alam gempa bumi di Yogyakarata oleh aneka macam stasiun TV nasional, telah menciptakan hati penduduk Indonesia berduka. Ilustrasi ini menggambarkan adanya sebuah akhir yang ditimbulkan oleh insiden komunikasi. akibat tersebut terjadi pada tataran ….
A. kognisi
|
|
B. afeksi
|
|
C. prikomotorik
|
|
D. behavior
|
12. Model dasar komunikasi yang dibuat oleh Gerbner menggambarkan suatu proses komunikasi yang diawali dengan langkah-langkah ………….
A. memberi reaksi kepada pesan yang diterima
|
|
B. mempersepsikan pesan yang diterima
|
|
C. membentuk sebuah pesan
|
|
D. mengantarpesan pada khalayak sasaran
|
13. Prinsip dasar dari model spiral keheningan yakni ….
A. media massa tidak cuma bisa mengajarkan tingkah laris namun juga membangkitkan tingkah laris yang sudah dipelajari dari sumber lain
|
|
B. media massa diibaratka sebagai jarum suntik yang disuntikkan ke pada khalayak
|
|
C. kian sering media massa mengemukakan pendapat mayoritas di masyarakat, makin melemah usulan masyarakat yang menentang pendapat mayoritas
|
|
D. info yang disampaikan media massa pada khalayak tidak terjadi secara eksklusif tetapi lewat perantara
|
14. desain informasi lahir alasannya adalah adanya situasi yang tidak pasti atau tidak terencana, yang lebih dikenal dengan perumpamaan ………..
A. noise
|
|
B. entropy
|
|
C. biner
|
|
D. redudance
|
15. Djalaluddin Rakhmat mendefinisikan; bahasa melalui beberapa cara, salah satunya melalui definisi fungsional. Menurut definisi fungsional, bahasa diartikan selaku ……….
A. alat yang dimilik bareng untuk mengungkapkan gagasan
|
|
B. semua kalimat yang terbayangkan yang dibentuk menurut auran tata bahasa
|
|
C. melazimkan suatu bunyi dengan objek tertentu
|
|
D. sebuah kalimat yang mempunyai makna
|
16. teori yang mengatakan bahwa belum dewasa menemukan pengetahuan bahasa lewat proses perkumpulan, imitasi dan pengetahuan adalah teori ……….
A. nativisme
|
|
B. mencar ilmu
|
|
C. segitiga makna
|
|
D. gosip
|
17. Amir dan Iwan makan buah mangga yang habis dipetik dari pohon. Amir menyampaikan bahwa mangga tersebut rasanya manis, sedangkan Iwan mengatakan bahwa mangga tersebut rasanya asam. Dalam hal ini Amir memakai bahasa dengan …….
A. menggunakan abstrak kaku
|
|
B. memperlihatkan kenali yang tidak pantas
|
|
C. menawarkan evaluasi lewat dua nilai
|
|
D. mengacaukan kata dengan rujukan
|
18.Pada suasana tertentu, mengangguk mampu diartikan sebagai tanda oke. Tetapi pada situasi lain, mengangguk dapat diartikan selaku tanda boleh. Kenyataan tersebut memperlihatkan bahwa komunikasi nonverbal ………
A. saling terintegrasi
|
|
B. sungguh terpercaya
|
|
C. berada dalam konteks
|
|
D. metakomunikasi
|
19. Budi orang Jawa marah cemberut tanpa berkata apapun sehingga Jhoni pada Jhoni yang berasal dari batak. Ketika mereka bertemu, Budi menunjukkan paras cemberut dan tak maumenegur Jhoni, sehingga Jhoni tahu bila Budi sedang marah padanya. Ilustrasi tersebut menggambarkan bahwa komunikasi non lisan mempunyai ciri …..
A. terikat oleh budaya
|
|
B. senantiasa ada
|
|
C. memodikfikasi pesan ekspresi
|
|
D. mengungkapkan perilaku
|
20. Imam menunjukkan diri untuk mngantarkan Tuti ke sekolah, tetapi Tuti menggelengkan kepala selaku tanda dia tidak mau. Tindakan Tuti tersebut memberikan bahwa komunikai nonverbal berfungsi ……………………
A. repetisi
|
|
B. pertentangan
|
|
C. substitusi
|
|
D. suplemen
|
21. Dalam acara komunikasi antarpribadi lazimnya komunikasi yang berlangsung bersifat sirkuler, artinya ….
A. relasi yang terjadi di antar pengantardan penerima inforipribadi
|
|
B. berita yang dipertukarkan yakni info yang bersifat langsung
|
|
C. setiap orang yang terlibat dalam komunikasi mengirim dan menerima pesan
|
|
D. pihak-pihak yang terlibat komunikasi berada di sebuah daerah
|
22. Ani berceritera mengenai kesedihan hatinya pada Ida. Ida ikut bersedih mendengar dongeng Ani tersebut, sehingga keduanya menangis gotong royong. Menurut perspektif humanist, tindakan Ida menggambarkan sikfat komunikasi antarpribadi yang berupa ………………..
A. keterbukaan
|
|
B. sikap
|
|
C. tenggang rasa
|
|
D. kesamaan
|
23. Definisi komunikasi massa yang dikemukakan oleh Defleur dan Dennis memperlihatkan aksentuasi pada ……
A. bagaimana sumber info mengemas dan menyuguhkan isi pesan
|
|
B. apa yang menjadi komponen-komponen komunikasi massa
|
|
C. apa yang menjadi tujuan dari komunikasi massa
|
|
D. siapa khalayak yang dituju
|
24. Setiap media massa mempunyai tim redaksi di dalamnya. Tim redaksi tersebut berfungsi sebagai …….
A. decoder
|
|
B. interpreteter
|
|
C. encoder
|
|
D. gatekeeper
|
25. Menunda ialah salahsatu cara yang dilakukan media massa dengan tujuan untuk memuat info-isu yang mempunyai karakteristik…………….
A. popular
|
|
B. novelty
|
|
C. conflic
|
|
D. human interest
|
26. Pak Amir setiap pagi selalu meluangkan diri membaca kabar, dan pada malam hari tidak pernah ketinggalan menyaksikan berbagai program TV.Apa yang dijalankan pak Amir tersebut menunjukkan bahwa surat kabar dan TV sebagai media massa memiliki fungsi selaku ………
A. sarana pelarian dari ketegangan dan keterasingan
|
|
B. bagian dari kehidupan berkala atau ritualitas
|
|
C. pengembang rancangan diri
|
|
D. menolong melegakan emosi
|
27. menurut Koentjoroningrat, wujud kebudayaan yang sifatnya kongkrit yakni ……
A. nilai budaya
|
|
B. tidak yakin
|
|
C. norma
|
|
D. aturan
|
28. prinsip heterofili di dalam ilmu komunikasi merujuk pada adanya………..
A. persamaan budaya antara komunikator dan komunikan
|
|
B. perbedaan budaya di anatar komunikator dan komunikan
|
|
C. kebudayaan secara umum dikuasai di kalangan masyarakat
|
|
D. kebudayaan subordinat di dalam golongan penduduk
|
29.Komunikasi yang berjalan anatar orang batak dan orang jawa merupakan bentuk komunikasi anatar budaya dalam tingkatan ….
A. negara
|
|
B. nasional
|
|
C. golongan sosial
|
|
D. etnis
|
30. komunikasi antar budaya mempunyai peran dalam proses difusi penemuan. Dalam hal ini, untuk memperlancar proses difusi penemuan, semestinya pihak komunikator menggunakan prinsip …..
A. heterofili
|
|
B. homofili
|
|
C. lebih banyak didominasi
|
|
D. negosiasi
|
31. Penyampaian pesan dengan mengemukakan keunggulan serta kelemahan dari pesan yang disampaikan merupakan bentuk penyusunan pesan berdasarkan …
A. order of presentation
|
|
B. conclution drawing
|
|
C. piramidal order
|
|
D.message sidedness
|
32. penyampaian pesan yang bersifat dua segi dapat mengembangkan efektivitas pesan jikalau dalam penyampaiannya dipadukan dengan teknik penyajian pesan …..
A. climax versus anti climax
|
|
B. regency and primacy
|
|
C. fear and emotional appeals
|
|
D. drawing a conclusion
|
33. Pak Joko ingin menyampaikan suatu pesan komunikasi pada penduduk desa X yang memiliki latar belakang pendidikan rendah. Agar pesan yang disampaikan pak Joko mampu diterima oleh penduduk desa X, maka pak Joko harus menyampaikan pesannya secara …………..
A. one side
|
|
B. two side
|
|
C. climax order
|
|
D. implisit
|
34. Instruksi atau klarifikasi perihal cara menyingkir dari ancaman lebih efektif disampaikan dengan memakai teknik penyampaian pesan ………
A. ratonal appeals
|
|
B. emotional appeals
|
|
C. humor appeals
|
|
D. fear appeals
|
35.Salah satu karakteristik dari khalayak adalah khalayak selaku mediator. Kharakteristik tersebut menunjukkan bahwa ………
A. proses pengolahan isu yang terjadi pada khalayak bersifat pilih-pilih
|
|
B. masing-masing khalayak memiliki selera yang berlainan
|
|
C. penyebaran info tidak hanya berhenti pada kahalayak target pribadi tetapi melalui berbagai tahap
|
|
D. khalayak sebagai ikndividu terikat oleh nilai-nilai golongan yang diikutinya
|
36. Menurut model Hierarki Efek, upaya komunikan untuk meyakinkan diri sendiri bahwa keputusan yang diambil untuk menolak atau mendapatkan suatu pesan, ialah wujud dari pengaruh komunikasi pada tahap . . .
A. kognitif
|
|
B. afektif
|
|
C. konatif
|
|
D. psikomotorik
|
37. Menurut Harold D. Lasswell, ada beberapa fungsi dari komunikasi yang salah satunya adalah fungsi kekerabatan, berupa . .
A. pengumpulan, pembuatan, produksi dan penyebarluasan isu perihal banyak sekali peristiwa
|
|
B. sumbangan interpretasi atau penafsiran isu mengenai peristiwa-kejadian yang terjadi
|
|
C. upaya pendidikan dan pewarisan nilai-nilai dari satu generasi ke generasi lainnya
|
|
D. menunjukkan hiburan kepada khalayak yang dituju
|
38. Dalam aktivitas komunikasi dua arah, masing-masing pihak yang terlibat dalam kegiatan komunikasi melaksanakan proses encoding, yang artinya . . . .
A. menerima pesan
|
|
B. membentuk isyarat-isyarat pesan
|
|
C. memecahkan isyarat-isyarat pesan
|
|
D. menginterpretasikan isyarat-kode pesan
|
39. Charles S Pierce merupakan spesialis yang mendapatkan teori makna yang disebut dengan triangel meaning theaory. Teori tersebut memiliki bagian-bagian selaku berikut…………………
1. simbol
|
|
2. objek
|
|
|
|
3. referensi
|
|
|
D.Bagus, balasan yang Anda pilih sudah benar
40. Pesan non lisan dapat didefinisikan selaku sebuah pesan yang ….
1. diekspresikan secara sengaja maupun tidak sengaja
|
|
|
|
2. disampaikan melalui suara yang berbeda dari penggunaan kata dalam bahasa
|
|
|
|
3. disampaikan melalui gerakan tubuh
|
|
|
D.Bagus, jawaban yang Anda pilih telah benar
41. ciri-ciri yang ada pada komunikasi verbal yakni ……………
1. memiliki sifat yang eksplisit
|
|
|
|
2. berkakitan dengan rasa atau emosi
|
|
|
|
3. berkaitan dengan keadaan yang spesifik
|
|
|
C.Bagus, tanggapan yang Anda pilih telah benar
42. Ada berbagai macam komunikasi non lisan, antara lain komunikasi …….
1. tubuh
|
|
|
|
2. ruang
|
|
|
|
3. temporal
|
|
|
D.Bagus, jawaban yang Anda pilih sudah benar
43. Komponen-komponen dalam komunikasi antarpribadi saling tergantung, hal ini ditunjukkan dengan …………..
1. tidak akan ada pengirim tanpa penerima
|
|
|
|
2. tidak akan ada pesan tanpa pengirim
|
|
|
|
3. tidak akan ada umpan balik tanpa peserta
|
|
|
D.Bagus, tanggapan yang Anda pilih telah benar
44. Karakteristik dari komunikasi massa antara lain mempunyai khalayak yang bersifat
1. anonim
|
|
|
|
2. tersebar
|
|
|
|
3. homogen
|
|
|
A. Bagus, tanggapan yang Anda pilih sudah benar
45. Ciri-ciri dari media telematic anatara lain ialah …………
1. pengadaan informasi tidak sepenuhnya berada di tangan sumber info
|
|
|
|
2. kemampuan yang tinggi dalam pengiriman pesan
|
|
|
|
3. proses komunikkasi berlangsung secara dua arah
|
|
|
D. Bagus, tanggapan yang Anda pilih telah benar
46. Dampak media massa bisa hingga ke tahap konatif bila ditunjang oleh ………..
1. exposure
|
|
|
|
2. situasi krisis
|
|
|
|
3. adanya pemberian komunikasi anatarpribadi
|
|
|
D. Bagus, balasan yang Anda pilih sudah benar
47. Arti kebudayaan secara umum meliputi ………
1. anggapan
|
|
|
|
2. karya
|
|
|
|
3. hasil karya
|
|
|
D. Bagus, balasan yang Anda pilih telah benar
48. Saluran komunikasi antarpribadi memiliki keunggulan dibandingkan terusan komunikasi massa, alasannya lewat komunikasi antarpribadi ….
1. pesan dapat disampaikan pada khalayak secara sungguh rinci
|
|
|
|
2. pesan mampu disebar terhadap khalayak yang tersebar luas di banyak sekali wilayah
|
|
|
|
3. pihak komunikator dapat secepatnya memberi penjelasan kalau ada kesalahan pandangan dari khalayak
|
|
|
A. Bagus, jawaban yang Anda pilih telah benar
49. Majalah merupakan media massa yang memiliki karakteristik anatara lain ……..
1. memiliki segmentasi khusus
|
|
|
|
2. kecepatan penetrasi
|
|
|
|
3. isi pesan tetap diingat oleh khalayak
|
|
|
B. Bagus, tanggapan yang Anda pilih telah benar
50. Pada zaman Yunani antik, kahalayak didefinisikan selaku kalangan orang yang ………………
1. berkumpul pada waktu yang serempak
|
|
|
|
2. berada pada satu daerah tertentu
|
|
|
|
3. berkumpul alasannya adalah adanya suatu aba-aba
|
|
|
A. Bagus, balasan yang Anda pilih telah benar