close

Poin Penting Yang Mesti Dikenali Calon Wirausaha!!

Hello… gimana kabar? supaya keadaan sahabat pada baik-baik semua yah ..

Ohiya sabtu, 19 oktober 2019 aku ngikut suatu seminar nih tittlenya sih ini “SEMINAR BISNIS DIGITAL”..
bagi sahabat yang ngak sempat hadir dalam pelatihan itu, ijinkan saya share apa sih yang aku dapatkan ketika ngikut seminar itu. 
Insya Allah, aku juga akan share nih poin-poin penting yang saya denger dari mentornya adalah Pak Didik Mulato. Semoga beliau selalu diberikan kesehatan dan makin tanpa hambatan rejekinya yah.. aamiin
Nah.. tanpa basa dan busuk lagi .. nyoook kita langsung icip apa saja sih isi dari seminar itu.

BAGAIMANA MENJADI WIRAUSAHA??
Menjadi seorang wirausaha ngak mudah loh sobat, mengapa? 
yah karena seorang wirausaha bukan cuma sekedar memasarkan produknya atau bisnisnya saja, tapi wirausaha dituntut untuk lebih memahami keperluan dalam penduduk mirip apa, dituntut untuk menciptakan sesuatu yang gres dan berjangka panjang.
suatu usaha yang mempunyai daya saing yang tinggi namun, tetap bangkit alias ada maka, itulah sebuah perjuangan yang sukses tak tergerus oleh zaman. Apalagi zaman now mirip ini yah ..
Di zaman now ini, berbagai pergeseran mulai dari dalam dunia jual beli. Banyak yang serba instan yah sebab memanfaatkan digital.
Contoh sederhananya aja nih : kini ngak perlu ke toko cuma mau beli baju atau apa, sobat sudah pada belanja online tanpa kemana mana kan?
GIMANA SIH AGAR USAHA TETAP ADA TANPA TERGERUS ZAMAN NOW ??
nah ini nih intinya gengs..
1) Belajar lebih baik (banyak)
Dalam dunia jual beli nih ngak cuma soal jual beli aja, banyak sistem alias taktik yang harus dimiliki seorang pedagang semoga dagangannya tetap digemari orang-orang.
Nah, denga berguru lebih baik atau banyak tentang tata cara jual beli maka insyaAllah akan lebih mudah untuk jeli menyaksikan peluang bisnis dengan memanfaatkan teknologi zaman now ini.
2) Buang Gengsi
Biasanya nih yang buat pedangan itu kadang bangkut alasannya adalah itu ego dan gengsi yang dimiliki. Ingat yah roda kehidupan terus berputar.
Buang gengsi untuk kalian yang baru mau jualan, intinya jangan minder duluan meski dagangkalian hanya gorengan atau apa jangan gengsi atau aib.
Menjadi seorang pedagang bukan pekerjaan yang mudah loh yah, maka pedagang itulah orang-orang pandai yang hendak meningkat . 
3) Lakukan yang Berbeda
Apa sih yang membuat seseorang bangkrut? 
entah karena faktor kompetisi yang kian hari makin banyak yang minat menjual terlebih nih barang yang ditawarkan sama semua.
Kita mampu ambil acuan sederhananya nih gengs, dimana harga ayam anjlok, kelapa sawit juga, perkebunan karet, warung-warung makan.
apa sih penyebabnya? yah alasannya adalah lebih banyak pedagang ketimbang pembeli, apalagi yang dijual yakni barang yang sama. 
So, tuk sahabat siapa pun lakukanlah hal yang berlainan , sesuatu yang unik supaya mampu menarik perhatian pembeli.

Lakukan hal yang berlainan juga ketika mempromosikan biar sukses yah..

4) Punya Prinsip Bisnis

Bukan hanya hidup yang harus punya prinsip. Bisnis juga harus punya prinsip.

Misalnya nih yah prinsip “memanusiakan manusia”. loh kok?

sahabat pernah dengar starbucks ngak ? berdasarkan sahabat nih apa yang membuat usaha itu maju trus, ramai trus? 

yuups mereka memakai prinsip itu tadi, mesen minum disana teman akan di tanyain nama teman, nah nama  sahabat akan ditulis dipesanan sahabat. kira-kira seneng ngak kalau nama sobat dihargai ?

atau pas pesenan teman dah tiba mereka akan mengatakan “Mas Angga, silahkan ini minumannya !” ininya wirausaha diharuskan untuk menghargai setiap pembelinya.

Misalnya lagi nih : menciptakan data base pembeli. Dimana database akan mengenali pembeli dengan baik, bertahap nih beli tidak beli sapa mereka dengan mengirimkan ucapan dihari Istimewa, mirip hari ultah, hari raya, dan hari besar lainnya.

ohiya ini salah satu managemen pembisnis untuk berbagi usahanya dengan menspesialkan siapapun pembelinya. (Cara bisnis Pak  Didik Mulato).

5) Bersedekah Melancarkan Bisnis

Ada yang pernah coba ngak ? hari ini sedekah entar atau besok ee tiba-datang aja dapat sesuatu entah itu teman menerima barang atau duit.

Rejeki bukan cuma ihwal uang melulu yah, tapi keluarga yang sehat, salah satu rejekinya.

Dalam bisnis seseorang diharuskan berzakat untuk melancarkan bisnisnya. pernah dengar ngak cerita berzakat melancarkan bisnis?

coba search kisah sukses orang-orang yang awalnya gulung tikar tetapi dengan berinfak ada jalan keluar dari dilema kebangkrutan itu.

Sedekah yakni salah satu kunci jalan menjemput fasilitas rejeki. InsyaAllah.

Demikianlah ada 5 poin penting yang mesti diamati sobat, entah yang baru mau berwirausaha atau yang saat ini sedang melaksanakan bisnisnya.

  10 Anak Negeri Dengan Prestasi Internasional

Saya doakan, ato mari sama-sama kita mendoakan satu sama lainnya. Semoga Allah mempermudah dan melancarkan bisnis kita, serta meluaskan rejeki kita seluas-luasnya. Aamiin.

Sumber Poin: Seminar Bisnis Digital oleh Didik Mulato yang saya ikuti di Hotel Claro Kendari. Sabtu, 19 Oktober 2019 Jam. 08.30 -17.00 WITA .

Sumber gambar : jagad.id