close

Pengertian Resensi, Tujuan dan Unsurnya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Resensi, Tujuan dan Unsurnya (Pembahasan Lengkap) – Dalam pembahasan kali ini, seputarpengetahuan.com akan membicarakan wacana apa itu resensi? Apa saja tujuan dari meresensi dan apa saja unsur-unsur dalam resensi itu sendiri.

Pengertian Resensi, Tujuan dan Unsurnya (Pembahasan Lengkap)

Langsung saja yuk kita simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Resensi

Resensi berasal dari bahasa Latin yakni revidere atau recensie yang artinya menimbang, menyaksikan kembali atau menilai. Dalam KBBI disebutkan bahwa resensi ialah ulasan dari suatu buku. Kaprikornus resensi adalah ulasan singkat mengenai isi suatu buku, majalah, novel, drama atau film yang umumnya disiarkan lewat media-media umum. Adapun tindakan meresensi adalah memperlihatkan sebuah evaluasi, membahas, mengkritik atau mengungkapkan kembali isi didalamnya.

Tujuan Meresensi

Adapun tujuan resensi buku diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Untuk menunjukkan suatu pemahaman & isu secara komprehensif terhadap masyarakat atau pembaca wacana isi buku yang diresensi.
  • Mengajak pembaca untuk mendiskusikan dan mempertimbangkan lebih jauh perihal masalah yang diangkat  yang ada dalam buku tersebut.
  • Untuk memberikan pertimbangan terhadap pembaca tentang layak atau tidaknya buku itu untuk dibaca atau diterbitkan.
  • Untuk menunjukkan tanggapan mengenai pertanyaan-pertanyaan dari pembaca ketika buku baru diterbitkan.

Unsur-Unsur Resensi

Menurut Daniel Samad, bagian-bagian resensi diantaranya:

Membuat judul resensi

Judul resensi dibuat sebagus mungkin dan betul-betul mampu menjiwai seluruh inti dari goresan pena. Dan judul juga mampu dibuat seusai resensi yang dibentuk tamat. Judul resensi mesti selaras dengan isi resensi.

Menyusun data buku

Cara menyusun data buku diantaranya: Judul buku, nama pengarang (siapa saja yang terlibat dalam penulisan buku yang diresensi), penerbit buku, tahun terbit, cetakan ke berapa, dan ketebalan buku.

Membuat pembukaan 

Yang dimulai dari perkenalan (siapa nama pengarangnya, karya-karyanya, dan prestasinya); membandingkan dengan buku yang serupa, baik yang sudah ditulis oleh pengarang sendiri ataupun oleh pengarang lain; memaparkan tentang sosok si pengarang; mengulas sedikit tentang keunikan buku; merumuskan tema buku; memperlihatkan kesan buku; mengenalkan penerbit; menciptakan pertanyaan dan membuka dialog atau diskusi.

Isi atau tubuh

Isi berupa pernyataan resensi dari suatu buku dan biasanya berisikan: sinopsis; ulasan singkat tentang point utama dari isi buku; kelebihan dan kekurangan buku.

Pengertian Resensi, Tujuan & Unsur-Unsurnya Secara Lengkap

Membuat epilog resensi buku

Biasanya penutup memakai bahasa pemfokusan ihwal pentingnya buku itu biar dimiliki olah siapa dan mengapa harus mempunyai atau membaca buku itu.

Adapun pembuat resensi disebut dengan resensator. Sebelum meresensi, resensator haruslah membaca apalagi dulu tentang buku yang akan diresensi.

Demikianlah ulasan singkat kita kali ini tentang Pengertian Resensi, Tujuan dan Unsurnya (Pembahasan Lengkap), agar berfaedah dan mampu memperbesar pengetahuan kita semua. Sekian terimakasih 🙂

  Teks Pidato Persuasif: Pola Teks Jawaban Wacana Lingkungan Sekolah